Zat Yang Partikelnya Berupa Molekul Adalah

KlikBelajar.com – Zat Yang Partikelnya Berupa Molekul Adalah


Materi ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Materi digolongkan menjadi zat tunggal dan campuran. Berikut ini uraian singkat tentang penggolongan materi.

Zat tunggal adalah suatu zat yang komposisinya terdiri atas zat-zat dengan sifat kimia yang sama. Zat tunggal (zat murni) terdiri dari sejenis materi. Sedangkan campuran ialah gabungan dari beberapa zat tunggal. Contohnya : karbon, belerang, oksigen, air, alkohol

Dilihat dari sifatnya, materi dapat digolongkan ke dalam sifat fisik dan sifat kimia. Sifat fisik adalah sifat yang menggambarkan keadaan fisik materi yang meliputi warna, bau, titik didih, titik leleh, titik beku dan lain-lain. Sementara sifat kimia adalah sifat zat yang berhubungan dengan perubahan kimia dan energi yang menyertainya. Contoh, kemudahan terbakar, kemudahan berkarat, kemudahan reaksi dan lain-lain.

Berdasarkan wujudnya materi terdiri dari wujud padat, cair dan gas. Materi yang berwujud padat memiliki bentuk dan volume tetap. Materi yang berwujud cair memiliki bentuk bergantung pada wadah yang ditempatinya, tetapi memiliki volume tetap. Materi yang berwujud gas memiliki bentuk dan volume yang tidak tetap. Selain itu materi yang berwujud gas memiliki jarak antar partikel yang sangat renggang

A. UNSUR

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi secara kimia menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Unsur merupakan zat tunggal yang paling sederhana dari materi.

Contohnya : H, C, N, P, Fe, Au, Mg

Lambang Unsur (Lambang Atom)

Menurut Jons Jakob Berzelius (Swedia) :

Setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf yaitu huruf awal dari nama Latin unsur yang bersangkutan dan ditulis dengan huruf besar / kapital. Misal lambang unsur hidrogen, oksigen dan nitrogen berturut-turut ialah H, O, N. Unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, lambangnya dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama Latin unsur tersebut; yang ditulis dengan huruf kecil seperti lambang unsur magnesium dan mangan berturut-turut ialah Mg dan Mn.

Baca :   Pernyataan Berikut Yang Benar Tentang Roda Berporos Adalah

B. SENYAWA

Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sifat suatu senyawa berbeda dengan sifat unsur penyusunnya.

Contohnya : senyawa H2O(l)
dan NaCl(s)

II. Campuran

Campuran adalah materi yang terdiri atas 2 (dua) atau lebih zat dan masih mempunyai sifat zat asalnya.

Contohnya : larutan garam, air lumpur, santan

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …