Yang Dimaksud Dengan Frekuensi Getaran Adalah

KlikBelajar.com – Yang Dimaksud Dengan Frekuensi Getaran Adalah

Kapanlagi Plus
– Frekuensi sebenarnya erat kaitannya dengan ilmu fisika. Nilai-nilai frekuensi biasanya terletak pada alat elektronik. Sudah sewajarnya bagi kalian yang tertarik dengan ilmu fisika mengetahui arti frekuensi.

Namun, istilah ini juga banyak digunakan dalam perbincangan sehari-hari di luar topik fisika. Entah itu di media sosial atau perbincangan secara langsung. Hal itu pun membuat arti frekuensi mengalami pergeseran sebagai bahasa gaul.



Oleh karena, alangkah lebih baik jika kalian mengetahui dua pemaknaan tersebut. Informasi yang berisi arti frekuensi ini akan bantu kalian dalam memahaminya.

1. Arti Frekuensi dalam Ilmu Fisika

Sebelum masuk ke penjelasan frekuensi dalam bahasa gaul, ada beberapa pengertian yang perlu kalian pahami. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada lima arti frekuensi, yaitu:

1. Kekerapan: — denyut jantungnya tidak normal.

2. Jumlah pemakaian suatu unsur bahasa dalam suatu teks atau rekaman.

3. Jumlah getaran gelombang suara per detik.

4. Jumlah getaran gelombang elektrik per detik pada gelombang elektromagnetik.

5. Jumlah siklus suatu peristiwa per detik.

Tidak semua pengertian di atas punya keterkaitan dengan fisika, tapi sama-sama merujuk pada jumlah atau kekerapan sesuatu. Salah satu pengertian yang bisa diambil adalah suatu jumlah getaran yang mampu menghasilkan dalam waktu setiap 1 detik. Sementara dalam ilmu elektronika, arti frekuensi adalah jumlah gelombang listrik yang dihasilkan tiap detik.

Frekuensi biasanya dilambangkan dengan huruf “f” dengan satuannya adalah Hertz atau disingkat dengan Hz. Sebagai ukuran, 1 Hertz adalah satu getaran atau satu gelombang listrik dalam satu detik (1 Hertz sama dengan 1 gelombang dalam waktu per-detik). Istilah Hertz sendiri diambil dari seorang fisikawan Jerman bernama Heinrich Rudolf Hertz, seseorang yang memiliki kontribusi dalam bidang elektromagnetisme.

Baca :   Pada Proses Fotosintesis Terjadi Perubahan Energi Cahaya Menjadi Energi

Selanjutnya, dalam penghitungan frekuensi ada beberapa hal yang perlu ditetapkan, antara lain, jarak waktu, jumlah kejadian peristiwa, dan pembagian hitungan ini dengan panjang jarak waku. Detik dalam penghitungan ini bisa dilambangkan dengan huruf T. Ada rumus atau cara penghitungan frekuensi sederhana yang bisa kalian praktikkan.

Rumus Frekuensi adalah f=1/T

Keterangan:

f = Frekuensi dalam satuan hertz (Hz)

T = Periode dalam satuan detik (sec)

Untuk menerapkan rumus di atas, kalian bisa melihat contoh soal berikut ini.

Contoh soal: Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu siklus gelombang listrik adalah 0,004 detik, berapa frekuensinya?

Jawaban: f = 1/T sehingga f = 1/0,004 adalah 250 Hz. Jadi frekuensinya adalah 250 Hz.

Sementara untuk menghitung periode dalam satuan detik (T) menggunakan rumus yang sama, yaitu: T = 1/f.

2. Arti Gelombang

Arti frekuensi erat kaitannya dengan gelombang. Oleh karena itu, kalian juga perlu mengetahui arti gelombang. Gelombang adalah getaran yang merambat. Selanjutnya, gelombang juga merupakan gejala rambatan pada suatu getaran. Gelombang itu sendiri terdapat pada medium karena perubahan bentuk yang menghasilkan gaya pegas. Gelombang dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen.

Perlu kalian ketahui pula bahwa gelombang memiliki beberapa jenis. Penjelasan mengenai jenis-jenis gelombang bisa kalian pahami pada informasi berikut ini.

– Gelombang mekanik adalah suatu gelombang yang dalam proses perambatannya membutuhkan medium atau zat perantara. Jika tidak ada medium, gelombang tidak akan terjadi.

– Gelombang elektromagnetik adalah suatu gelombang yang dalam proses perambatannya tidak membutuhkan medium atau zat perantara. Artinya, gelombang ini dapat merambat tanpa harus adanya medium.

Baca :   Tentukan Hasil Operasi Hitung Bilangan Pangkat Tiga Berikut

– Gelombang transversal adalah suatu gelombang yang arah getarannya tegak lurus searah dengan rambatannya.

– Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya.

Sementara itu, gelombang juga memiliki rumus untuk penghitungan. Cara penghitungan tersebut dinamakan rumus cepat rambat gelombang bunyi, yaitu:

v = ? x f

Keterangan:
v = Kecepatan (m/s)

? = panjang gelombang (m)

f = frekuensi (Hz)

3. Arti Satu Frekuensi dalam Bahasa Gaul

Setelah membahas arti frekuensi sesuai dengan makna sebenarnya dalam ilmu fisika, kini saatnya masuk pada bahasan frekuensi dalam bahasa gaul. Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui bahwa istilah ini sudah banyak digunakan dalam frasa “satu frekuensi”. Frasa tersebut merujuk pada beberapa kesamaan dalam suatu hubungan.

Namun, hal itu tidak hanya merujuk pada misalnya, usia yang sepantaran, penghasilan yang sepadan, fisik yang seimbang. Satu frekuensi memiliki makna lebih dari itu. Pemaknaan yang lebih luas tersebut bisa kalian pahami dalam informasi berikut ini.

1. Memiliki nilai tujuan hidup yang sama. Tujuan hidup masing-masing orang tentu berbeda. Oleh karena itu, kalian perlu mempertimbangkan hal ini saat akan menjalin sebuah hubungan.

2. Sama-sama tahu kapan saatnya memberi dan saatnya menerima. Artinya, kalian bisa menemukan orang yang memiliki tingkat pemahaman yang sama pada hidup. Memahami bahwa hubungan merupakan komunikasi dua arah sehingga kalian sama-sama mampu mengisi dan menempatkan diri.

3. Pemahaman pada level yang sama tentang makna komitmen. Setiap hubungan tentu punya perjuangan masing-masing untuk mendapatkan akhir bahagia. Salah satu nilai penting dalam perjuangan tersebut terletak pada komitmen.

4. Sama-sama memiliki lingkungan yang positif dan mendukung. Kualitas lingkungan menjadi poin penting dalam pertumbuhan seseorang. Oleh karena itu, penting juga bagi kalian untuk memilih atau membangun lingkungan yang positif dalam suatu hubungan.

Baca :   Gambar Benda Berbentuk Limas Segi Empat

5. Berada pada level yang setara tentang cara mencintai. Sama seperti tujuan hidup, setiap orang juga punya cara masing-masing dalam mencintai. Oleh karena itu, penting untuk menemukan orang yang punya pandangan sama mengenai hal ini.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti frekuensi dalam ilmu fisika maupun penggunaannya dalam bahasa gaul pada topik perbincangan sehari-hari.

Yang Dimaksud Dengan Frekuensi Getaran Adalah

Sumber: https://plus.kapanlagi.com/arti-frekuensi-sebagai-getaran-gelombang-dan-penggunaan-dalam-bahasa-gaul-7b5760.html

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …