Rumah kayu sebenarnya sudah memiliki warna asli yang cukup estetis dan natural. Namun, bagi sebagian orang yang bosan dengan warna ini bisa memodifikasinya dengan warna lain. Ada banyak pilihan
warna cat rumah kayu yang cantik
dan bisa dijadikan inspirasi untuk memperindah eksterior rumah.


Inspirasi Warna Cat Rumah Kayu yang Cantik

Apabila sudah terbiasa menggunakan rumah tembok, tentu akan merasa kebingungan dalam memilih cat yang tepat untuk melapisi warna kayu. Sebagai tolak ukurnya, Anda bisa menggunakan beberapa inspirasi warna berikut untuk melapisi rumah kayu agar tidak monoton dan lebih menarik:


1. Gunakan Warna Asli Kayu untuk Desain Natural


Inspirasi termudah dan banyak diterapkan di masyarakat adalah menggunakan warna asli kayu yakni coklat. Agar kayu tidak mudah keropos bisa dilapisi lagi menggunakan cat berwarna coklat khas kayu. Dengan menggunakan warna ini, maka tampilan rumah tetap terlihat natural.

Baca :   Denah Rumah 2 Kamar Tidur Minimalis

Jika bosan dengan warna kayu, bisa juga melapisinya dengan cat senada, namun memberikan kesan kilap saat diaplikasikan. Jadi, rumah kayu terlihat lebih mewah meskipun ukurannya tidak terlalu besar.


2. Penggunaan Warna Kalem untuk Memberi Kesan Lebih Sederhana


Warna yang kalem dan terkesan lebih redup tidak hanya bersifat netral, tapi juga memberikan kesan rumah yang nyaman dan sederhana seperti di vila. Adapun beberapa pilihan warna kalem yang bisa diaplikasikan pada rumah kayu adalah abu-abu, coklat, dan pastel.

Penggunaan warna kalem juga menarik kalau dikombinasikan dengan warna putih yang sifatnya netral untuk menegaskan kerangka eksterior bangunan rumah.


3. Warna Cerah yang Modern


Penggunaan warna cerah untuk melapisi rumah kayu mungkin masih jarang ditemukan. Orang enggan menggunakan warna ini karena dianggap terlalu berani dan menutupi warna asli kayu dengan sempurna. Padahal bila disesuaikan kerangka kayunya, pemilihan warna cerah akan terlihat elegan dan unik.

Untuk warna cerah sendiri lebih cocok diaplikasikan pada rumah kayu yang kerangkanya besar dan terlihat jelas. Misalnya kerangka berbentuk vertikal atau ukiran bisa dilapisi dengan warna cerah, seperti kuning, jingga, biru, dan merah.


4. Kombinasi Warna Tua dan Muda


Kombinasi warna tua dan muda memang selalu memberikan tampilan yang menarik. Tidak hanya pada lukisan, eksterior rumah kayu juga bisa dimodifikasi dengan dua warna cat ini. Kalau ingin terlihat natural, bisa memilih warna coklat tua dan coklat muda.

Sebaliknya untuk menampilkan desain yang lebih modern, boleh menggunakan kombinasi warna-warna yang berani seperti abu-abu tua dan muda, hijau tua dan muda, serta hitam dan abu-abu.



5. Kombinasi Warna Putih dan Coklat Klasik


Warna putih yang netral dan cerah bisa dijadikan kombinasi semua warna cat. Tapi untuk menciptakan
warna cat rumah kayu yang cantik
dan terlihat klasik, bisa mengkombinasikan warna coklat dengan putih.

Bisa memakai warna coklat asli kayu lalu bagian sisinya dihiasi warna putih. Perpaduan dua warna ini akan mengingatkan Anda pada bangunan rumah di daerah pedesaan Eropa yang masih asri dan sederhana.

Baca :   Hari Baik Pindah Rumah 2018 Menurut Islam


6. Warna-warna Metalik untuk Rumah Kayu Modern


Rumah kayu juga bisa didesain menjadi lebih modern dengan mengubah warnanya dengan perpaduan warna metalik seperti hitam. Pengaplikasian warna hitam secara menyeluruh bahkan bisa mengubah konsep dasar rumah kayu menjadi rumah metalik yang modern dan elegan.

Bila tidak ingin menutupi unsur kayu pada eksterior rumah, bisa membagi rumah menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk warna hitam dan yang lain tetap menggunakan warna asli kayu.


7. Rapi dengan Warna Abu-Abu


Bosan dengan desain rumah yang terlalu bebas dan santai, rumah kayu bisa juga di cat dengan warna abu-abu yang terlihat resmi dan membuat tampilannya lebih rapi. Untuk lebih mendukung kesan yang diberikan, halaman rumah kayu ini sebisa mungkin dihiasi dengan tanaman yang sudah tertata rapi.

Kesan resmi dari warna abu-abu juga bisa diseimbangkan dengan menggunakan dinding berbahan batuan sehingga sedikit terlihat agak natural.


8. Sederhana dan Anggun dengan Cat Hijau


Sekarang juga sudah berkembang cat kayu yang berwarna hijau muda untuk mendukung tampilan rumah yang lebih segar. Aplikasi warna hijau ini cocok pada rumah kayu yang tidak terlalu besar, sehingga terlihat anggun dan sederhana.


9. Warna Merah Khas Pedesaan Swedia


Rumah kayu yang dicat menggunakan warna merah akan membuat desainnya mirip dengan rumah-rumah sederhana di daerah pedesaan swedia. Agar eksteriornya lebih tegas dan jelas, aplikasikan cat putih hanya pada bagian kusen jendela, kayu, serta sudut-sudut area rumah.


Cara Mengaplikasikan Warna Cat Rumah Kayu Agar Menarik

Sebagian orang akan memilih mengaplikasikan cat kayu menggunakan pekerja yang sudah ahli dan berpengalaman. Tapi apabila  memiliki dana terbatas, proses pengecatan juga bisa dilakukan secara mandiri dengan tetap berhati-hati. Adapun langkah-langkahnya meliputi:


1. Memilih Warna Cat yang Sesuai Kondisi Rumah Serta Perangkatnya

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan warna cat yang dipilih sudah sesuai dengan kondisi rumah.  Kalau rumah memiliki ukuran minimalis, bisa memakai warna-warna sederhana yang tidak dikombinasikan dengan warna lainnya.

Selain memilih warna cat yang cocok, perangkat pendukung cat lainnya juga harus dibeli secara sepaket. Misalnya cat dasar, dempul, hingga warna dasar yang sekiranya tidak berlawanan dengan warna utama cat.

Baca :   Apa Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia


2. Mempersiapkan Alat Cat

Bagi yang sudah terbiasa mengecat tentu peralatan cat bisa diketahui dengan mudah. Adapun untuk pemula, peralatan cat yang wajib dipersiapkan di antaranya:

  • Kuas yang ukurannya sesuai dengan area rumah yang ingin di cat. Untuk kuas berukuran 4 inci bisa digunakan mengecat bidang utama pengecatan. Sementara untuk bagian siku-sikunya yang sempit bisa menggunakan kuas dengan ukuran 1,5 inci.
  • Roller yang sangat cocok dipakai pada bidang pengecatan yang sangat luas. Selain lebih praktis, roller juga bisa menjangkau area pengecatan yang terlalu tinggi.


3. Cat dari Area yang Termudah

Masuk ke tahap pengecatan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecatan pada area yang termudah terlebih dahulu. Area yang dimaksud berupa bidang pengecatan yang luas dan tidak dibatasi. Adapun teknik pengecatan pada area ini adalah:

  • Celupkan ujung kuas hingga memenuhi bagian rambut kuas. Lalu ketuk-ketukkan kuas untuk merontokkan cat yang menempel terlalu banyak di dalamnya.
  • Sapukan kuas pada kayu yang ingin di cat sebanyak 3 kali usapan hingga area kayu benar-benar tertutupi sepenuhnya.
  • Ratakan permukaan kayu yang sudah di cat dengan menyapukan kuas yang sudah bersih dari cat.
  • Jika menggunakan roller, bisa langsung mencelupkannya pada wadah cat yang besar dengan cara menggulungkannya.
  • Aplikasikan cat pada dinding kayu dengan arah yang sesuai dengan serat kayu.


4. Cat Area Sulit

Kalau area yang mudah dijangkau sudah dicat, barulah melapisi area yang sulit seperti di pojok atau dekat siku-siku. Untuk mengaplikasikan cat pada area yang sulit ini bisa menggunakan kuas kecil agar lebih rapi.


5. Keringkan dengan Cara yang Benar

Ketika semua bagian sudah dicat, biarkan cat hingga mengering. Hindari dari jangkauan anak-anak agar bagian yang di cat tidak sampai tersentuh dan menimbulkan bekas.Warna cat rumah kayu yang cantik
memang sangat dipengaruhi oleh kesesuaian warna dengan bentuk rumah. Selain itu, proses pengecatan yang benar dan pemilihan bahan cat yang berkualitas juga bisa menjadi faktor pendukungnya. Jika tertarik ingin beli cat rumah kayu tersebut, kunjungi
Tokban.com.