Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Tekanan Besar Adalah

Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Tekanan Besar Adalah

Meningkatkan gaya dan memperkecil luas permukaan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan tekanan yang besar. Sementara itu, terdapat tiga jenis zat dengan upaya yang berbeda-beda untuk memperbesar tekanannya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Upaya agar Mendapatkan Energi Tekanan yang Besar

Setiap zat memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan energi tekanan yang besar. Berikut adalah upaya untuk mendapatkan energi tekanan yang besar pada setiap jenis zat:

Pada Zat Padat

Mengutip Suryatin dalam buku Fisika untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas VIII, besarnya gaya yang bekerja dan luas bidang singgung antara gaya dengan bidangnya dapat menentukan tekanan. Berikut ini rumus untuk mendapatkan energi tekanan yang besar pada zat padat.




Rumus tekanan. Foto: Adelaida Wreta/detikcom.

(Sumber: FISIKA untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas VIII / Budi Suryatin)

Jika n dimasukkan ke dalam rumus P=F/A, yang bisa dilakukan untuk memperbesar tekanan pada zat padat adalah:

  • Meningkatkan besar gaya.
  • Mempersempit luas bidang.

Sebagai contoh adalah ketika melihat bekas telapak ayam dan itik di tanah yang becek. Bekas yang dihasilkan dari telapak kaki ayam lebih dalam daripada bekas yang dihasilkan dari telapak kaki itik.

Hal ini disebabkan luas bidang singgung kaki ayam yang lebih kecil daripada itik. Hasilnya tekanan yang dihasilkan telapak kaki ayam lebih besar daripada tekanan itik.

Pada Zat Cair

Tekanan hidrostatis sebanding dengan jarak dan permukaan zat cair dan berat jenis zat cair. Dengan kata lain, tekanan hidrostatis berbanding lurus dengan massa jenis zat cair, kedalaman zat cair, dan gravitasi yang dirumuskan seperti berikut ini:

(Sumber: FISIKA untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas VIII / Budi Suryatin)

Jika n dimasukkan ke dalam rumus P= s x h dan P= rho (simbol massa jenis) x g x h, yang bisa dilakukan untuk memperbesar tekanan pada zat padat adalah:

  • Meningkatkan jarak ke permukaan zat cair.
  • Memperbesar massa jenis dan berat jenis zat cair.

Tekanan pada zat cair dapat dibuktikan ketika berenang. Semakin menyelam ke dalam air, badan terasa semakin terdorong ke atas untuk mengambang.

Pada Zat Udara

Untuk mendapatkan tekanan yang besar pada zat udara, hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Memperbesar tekanan di ruang terbuka

Semakin tinggi tempatnya, maka semakin besar tekanannya.

  • Memperbesar tekanan di ruang tertutup

Volume dan tekanan berbanding lurus di ruang tertutup.

Macam-Macam Tekanan Zat

Zat dibagi menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan zat udara. Setiap zat memiliki karakteristik tekanan yang berbeda-beda dengan rumus yang berbeda pula. Berikut ini penjelasannya:

Tekanan Zat Padat

Mengutip detik.com, tekanan akan timbul ketika zat padat diberikan gaya dorongan dari atas. Semakin besar luas pada bidang tekan, maka semakin kecil juga tekanannya.

Tekanan Zat Cair

Tekanan zat cair atau yang disebut sebagai hidrostatis adalah air statis pada kondisi air yang diam. Kedalaman objek zat cair, gaya gravitasi bumi, dan massa zat cair menjadi faktor-faktor yang berpengaruh pada timbulnya suatu tekanan.

Selain itu, ada tiga hukum fisika yang menjelaskan karakter tekanan zat cair. Yaitu Hukum Pascal, bejana berhubungan, dan Hukum Archimedes.

Tekanan Zat Gas

Besar tekanan zat gas bisa dijelaskan dalam Hukum Boyle. Ketetapan ini berlaku saat gas berada di ruang tertutup. Hukum boyle menyatakan, besar tekanan dan volume gas tetap selama suhu gas masih sama.

Baca :   Mengapa Air Dan Minyak Tidak Bisa Menyatu

Itulah macam-macam tekanan zat dan upaya yang dapat dilakukan untuk memperbesar energi tekanan. Ada tekanan zat padat, zat cair, dan zat gas. Setiap zat memiliki faktor atau pengaruh yang berbeda-beda dalam memperbesar tekanannya.

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan

[Gambas:Video 20detik] (des/row)

Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Tekanan Besar Adalah

Sumber: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6230387/upaya-agar-mendapatkan-tekanan-yang-besar-adalah-gaya-dan-luas#:~:text=Upaya%20agar%20Mendapatkan%20Tekanan%20yang%20Besar%20Adalah%3A%20Gaya%20dan%20Luas,-Debora%20Danisa%20Kurniasih&text=Meningkatkan%20gaya%20dan%20memperkecil%20luas,Yuk%2C%20simak%20penjelasan%20berikut%20ini.

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …