Unsur Unsur Berikut Yang Semuanya Merupakan Unsur Logam Adalah

Unsur Unsur Berikut Yang Semuanya Merupakan Unsur Logam Adalah

Soal yang Akan Dibahas

Diantara kelompok unsur berikut yang merupakan unsur logam adalah …. (1). besi, raksa, dan timbal (2). karbon, silikon, dan tembaga (3). litium, kalium, dan strontium

(4). sulfur, fosfor, dan emas

Petunjuk C dipergunakan untuk mengerjakan soal nomor 11 sampai dengan 15.

$\clubsuit $ Pembahasan *). Unsur logam akan cenderung berupa padatan mengkilap biasanya pada golongan IA, IIA, golongan B serta beberapa golongan IIIA dan IVA karena golongan IIIA hingga VIIIA dalam periodik unsur cenderung bersifat semilogam dan nonlogam. *). Sifat-sifat unsur logam : i). Menghantarkan Listrik ii). Menghantarkan Panas iii). Logam Mempunyai Titik Leleh Tinggi iv). Permukaannya Mengkilat *). Tabel periodik unsur

Berikut tabel periodik unsur logam dan nonlogam .

sumber : wanibesak.wordpress . Keterangan jenis-jenis unsur ada pada bagian paling bawah sesuai warnanya. *). Cek setiap unsur pada pilihan apakah termasuk logam atau non logam : (1). besi (Fe), raksa (Hg), dan timbal (Pb) Pernyataan (1) BENAR karena semuanya termasuk unsur logam. (2). karbon (C), silikon (Si), dan tembaga (Cu) Pernyataan (2) SALAH karena unsur logam hanya tembaga saja. (3). litium (Li), kalium (K), dan strontium (Sr) Pernyataan (3) BENAR karena semuanya termasuk unsur logam. (4). sulfur (S), fosfor (F), dan emas (Au) Pernyataan (4) SALAH karena unsur logam hanya emas saja. Yang benar adalah (1) dan (3), sehingga berdasarkan petunjuk C jawabannya B.

Jadi, jawabannya B $ . \, \heartsuit $


Page 2

Home Privacy Policy About Us Contact Us Les Privat Channel Youtube

tirto.id – Unsur adalah zat murni yang tidak dapat diuraikan ke dalam zat-zat yang lebih sederhana dengan menggunakan reaksi kimia biasa.

Dari segi bahasa, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), unsur merupakan bagian terkecil suatu benda; bagian benda yang tidak dapat dibagi-bagi lagi dengan proses kimia; bahan asal; atau zat asal.

Baca :   Tugas Seksi Pendaftaran Dalam Pameran

Sesuai istilahnya dalam ilmu kimia, pengertian unsur adalah penyusun materi dengan komposisi yang tetap dan memiliki sifat-sifat yang jelas. Selain itu, setiap unsur punya sifat-sifat tertentu.

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam karya Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati (2017:98), para ahli kimia sudah menemukan unsur kimia sejak abad ke-9. Pemahaman ke unsur materi itu secara bertahap terus berkembang sampai abad ke-20.

Apa Saja Unsur Logam dan Non Logam serta Semi Logam?

Unsur-unsur kimia dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan jenisnya, yaitu unsur logam, unsur non logam, dan unsur semi logam (metalloid).

Apa saja macam-macam unsur logam dan nonlogam serta semilogam? Berikut penjelasan contoh unsur logam, non logam, dan semi logam beserta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Unsur Logam

Unsur logam umumnya memiliki beberapa sifat meliputi berwarna putih mengkilap, adanya titik lebur rendah, bisa menghantarkan (dialiri) arus listrik, dapat ditempa, dan merupakan penghantar panas (kalor) yang baik.

Unsur logam biasanya berupa zat padat. Namun, unsur logam juga dapat berbentuk cair seperti air raksa.

Dikutip dari modul Pembelajaran Jarak Jauh: Ilmu Pengetahuan Alam oleh Lilik Mardiningsih dan Susi Daryanti (2020:14), beberapa macam unsur logam beserta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

a. Khrom (Cr)

Khrom biasanya digunakan untuk membuat bumper mobil dan bahan campuran baja untuk alat-alat stainless stel.

b. Besi (Fe)

Besi biasanya digunakan untuk campuran karbon dalam membuat baja

c. Nikel (Ni)

Nikel merupakan unsur logam yang amat tahan terhadap udara dan air dalam suhu sedang. Nikel biasanya digunakan sebagai lapisan pelindung.

d. Tembaga (Cu)

Tembaga selama ini sering digunakan untuk bahan pembuatan kabel listrik, perhiasan, dan uang logam.

Baca :   2 5 4 6 6 7 8 8

e. Seng (Zn)

Dalam kehidupan sehari-hari seng sering digunakan sebagai atap rumah.

f. Platina (Pt)

Platina biasanya sering digunakan untuk pembuatan knalpot mobil, kontak listrik, dan lain sebagainya.

g. Emas (Au)

Emas termasuk logam yang sangat tidak reaktif, dan kerap ditemukan dalam bentuk murni. Dalam kehidupan sehari-hari emas kerap digunakan untuk pembuatan perhiasan dan komponen listrik berkualitas tinggi.

Infografik SC Logam Nonlogam Semi Logam. tirto.id/Rangga

2. Unsur Non-Logam

Unsur non-logam umumnya memiliki beberapa sifat, seperti berwarna tidak mengkilap, sebagai penghantar listrik yang rendah (buruk), dan tidak dapat dikenai proses tempa.

Beberapa contoh unsur-unsur non-logam dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

a. Flour (F)

Flour adalah senyawa yang biasanya dicampur ke pasta gigi dan berfungsi untuk menguatkan gigi. Selain itu, Freon-12 (Flour) juga dapat dimanfaatkan sebagai pendingin kulkas dan AC.

b. Brom (Br)

Brom merupakan senyawa yang biasanya dipakai sebagai bahan baku obat penenang saraf. Selain itu, senyawa Brom juga dapat digunakan sebagai campuran zat dalam memadamkan kebakaran.

c. Yodium (I)

Yodium merupakan senyawa yang kerap digunakan sebagai bahan baku antiseptik luka. Selain itu, senyawa Yodium juga dapat dipakai untuk tambahan di garam dapur dan bahan tes amilum pada industri tepung.

d. Beberpa unsur non logam lainnya yang memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari adalah Oksigen, Hidrogen, Karbon, Belerang, Fosfor, dan Nitrogen.

3. Unsur Semi-Logam

Unsur semi-logam umumnya punya sifat di antara logam dan non logam. Unsur semi-logam dapat memiliki unsur logam maupun tidak (non-logam).

Beberapa contoh unsur semi-logam dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

-Silicon (Si)

Silicon merupakan unsur kedua paling banyak di alam. Unsur silicon biasanya digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat pemotong dan pengamplas. Selain itu, Silicon dapat digunakan sebagai pembuat bahan semikonduktor seperti gelas dan keramik.

Baca :   Suatu Balok Memiliki Luas Permukaan 516 Cm

-Germanium (Ge)

Germanium adalah unsur yang masuk dalam kategori langka di alam. Unsur Germanium biasanya digunakan ssebagai bahan semikonduktor, isolator, dan konduktor tergantung pada suhunya.

Baca juga artikel terkait LOGAM atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif

(tirto.id – sym/add)


Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Addi M Idhom
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif

Subscribe for updates Unsubscribe from updates


Berikut ini yang merupakan sifat larutan asam adalah … a.membirukan kertas lakmus merah b.memiliki ph > 7 c.menghasilkan ion h d.rasanya manis e.be …

rsifat licin


Apa hasil dari jika kertas lakmus merah dan biru menjadi merah dan indikator ph nya dibawah 7


sebutkan partikel penyusun atom adalah


4. dalam bejana bervolume 2 l dimasukkan 8 mol gas no, membentuk kesetimbangan berikut. 2no 2no og jika pada keadaan setimbang terbentuk gas o₂ sebany …

ak 2 mol, berapakah harga ke untuk kesetimbangan tersebut?


5. sebanyak 1,8 gram zat nonelektrolit dilarutkan ke dalam 200 gram air. jika penurunan titik beku larutan= 0,93°c (kfair= 1,86°c m’), massa molekul r …

elatif zat tersebut adalah…


6. diketahui persamaan ( p – 5 )x2 – 4px p – 2 = 0, tentukan nilai p jika kedua akarnya sama.


5. satu mol senyawa ab berada dalam 1 l air. jika pada larutan tersebut mengalami disosiasi sebesar 40% menurut reaksi ab a b, tentukan tetapan keseti …

mbangan reaksi tersebut.


Antara jus apel dan larutan garam manakah yang merupakan contoh campuran hetorogen


Apa berbedaan metode ilmiah dengan metode penelitian, jelaskan


larutan NaOH membunyai konsentrasi 2 m (molal). Maka fraksi air adalah… (ArO=16, H=1)

Unsur Unsur Berikut Yang Semuanya Merupakan Unsur Logam Adalah

Sumber: https://kafesentul.com/diantara-kelompok-unsur-berikut-yang-semuanya-termasuk-unsur-logam-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …