Sosiologi Info
– Apa saja kira kira Dampak Positif dan Negatif IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) di Bidang Pendidikan yang ada di kehidupan masyarakat sehari-harinya ?

Mau tahu, jawaban dan penjelasannya, simak yuk ulasan dengan pembahasan singkatnya agar kamu dapat memahami topik materi tersebut.


Sekilas Memahami Kemajuan Iptek

Era abad ke 20 an ini berbagai kemajuan yang pesat dapat kita lihat dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Misalnya seperti kemajuan perkembangan teknologi yang memberi kemudahan, kecepatan dan keakuratan dalam berbagai hal lainnya.

Ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek memang tidak akan bisa terpisah dari aktivitas masyarakat dalam banyak bidang kehidupan.

Seperti dalam bidang pendidikan, kita bisa melihat pada masa pandemi covid-19 pelajar, mahasiswa belajar secara daring dengan bantuan teknologi digital.

Berbagai aplikasi belajar online pun banyak menjadi pilihan, mulai dari zoom, google meet dan aplikasi belajar daring lainnya.

Dengan adanya bantuan teknologi inilah semua aktivitas belajat di sekolah, di kampus, tetap dapat terlaksana, seperti hari hari biasa.

Namun, memang yang menjadi pembeda hanya kita saja yang tidak bertatap muka langsung. Tidak seperti belajar offline yang bisa berinteraksi secara langsung.

Dalam belajar daring kita berinteraksi dan berkomunikasi di bantu melalui teknologi atau aplikasi digital yang ada.


Baca Juga :
Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI di Bidang Pendidikan

Pesatnya arus digitalisasi dewasa ini membawa dampah tersendiri. Dalam banyak bidang, sebut saja seperti di bidang politik, ekonomi, sosial budaya masyarakat.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan fokus pada dampak Iptek dalam memberikan pengaruh di bidang pendidikan.

Baca :   Kalsium Mempunyai Nomor Atom 20 Dan Nomor Massa 40

Kira kira apa saja dampak yang ditimbulkan dari adanya kemajuan serta perkembangan dunia digital dewasa ini di kehidupan masyarakat ?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sering kita jumpai, mari simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini agar mudah memahaminya.


Dampak Kemajuan dan Perkembangan dari IPTEK di Bidang Pendidikan

Memang dalam setiap perubahan atau kemajuan dari suatu peradaban di dunia termasuk di Indonesia. Akan membawa dampaknya tersendiri.

Baik itu dampak yang bersifat positif dan negatif. Semuanya akan memberikan dampak, dari setiap kemajuan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek.

Berikut dibawah ini beberapa contoh dari dampak yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan Iptek di kehidupan masyarakat dalam  bidang pendidikan, yaitu :


Dampak Positif

Beberapa dampak baik yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan perkembangan Iptek di kehidupan sehari hari dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Semua pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dimana pun ia berada, akan sangat mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan.

Dengan syarat asalkan dia punya smartphone, laptop, jaringan internet, serta infrastruktur penunjang lainnya.

2. Para peserta didik, pelajar, mahasiswa yang terlibat di dalam pendidikan akan banyak membuat, memunculkan, serta berinovasi hal hal baru.

Dimana inovasi dan kreatifitas baru itulah yang akan membawa peradaban serta membangun dunia pendidikan di masyarakat lebih baik, dapat bersaing, dan muncul berbagai prestasi.

3. Pelajar dan mahasiswa serta guru maupun dosen dalam mengajar di pendidikan akan terbantu dengan adanya kemajuan teknologi.

Mereka akan bisa mengkolaborasikan atau mengabungkan antara sains dan teknologi ke dalam satu kesatuan, yang terus berinovasi dan berkarya.

4. Dengan mudahnya sekarang pelajar, mahasiswa menerima informasi atau materi pembelajaran.

Baca :   Urutkan Bilangan Pecahan Berikut Dari Yang Terkecil

Karena adanya bantuan teknologi digital, internet dan alat alat teknologi yang memberikan akses cepat, kemudahan dan berbagai hal lainnya.

5. Selanjutnya, dengan adanya kemajuan Iptek inilah pelajar, mahasiswa yang terlibat dalam dunai pendidikan akan melakukan suatu pengembangan terhadap hasil temuan, riset, penelitian.

Dengan pengembangan teknologi dan sains yang memberikan hasil terhadap dalam membantu mengatasi berbagai masalah.

Sebut saja bantuan alat pendeteksi tsunami, gempa, gunung meletus, dan karya karya lainnya yang memberikan manfaat kepada pendudukan dunia.


Dampak Negatif

Beberapa dampak buruk atau negatif yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan perkembangan Iptek di kehidupan sehari hari dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Disinilah dampak dari kemajuan itu, pelajar, mahasiswa akan terbiasa dan menjadi kebiasaan atau habitus terhadap budaya yang instan.

Apalagi karena mudahnya semua akses didapat melalui bantuan teknologi digital, semua orang akan semakin dimanjakan dengan teknologi informasi.

2. Akan memunculkan berbagai aktivitas mencurigakan, kejahatan cyber di dunia maya dalam kemajuan teknologi.

Misalnya saja di bidang pendidikan, bisa saja seseorang akan memanipulasi hasl ujian yang dilakukan secara online, dan contoh lainnya.

3. Dengan kemudahan, dan dimanjanya peserta didik, akan membuat peserta didik lalai dalam mengerjakan tugas, pr, atau pekerjaan di sekolahnya.

Apalagi karena ia akan sibuk dengan smartphone bermain media sosial hingga tidak kenal waktu, sehingga melupakan kewajiban mengerjakan tugas.

4. Akan masuknya berbagai budaya baru di kehidupan pelajar, mahasiswa yang memberikan pengaruh akan hilangnya suatu budaya lokal.

Misalnya masuknya budaya barat yang bisa diakses melalui media sosial, internet, berita yang akan membuat seseorang mengikuti budaya barat yang negatif.

Sebut saja pacaran yang melebihi batas, bisa saja melakukan hubungan zinah diluar nikah, bahkan ada yang hamil duluan karena pengaruh budaya baru tersebut.

Baca :   Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Yang Memenuhi Grafik Berikut Adalah

5. Akan membuat kurangnya interaksi, komunikasi secara langsung di masyarakat, ini akibat kemudahan akses internet dan media sosial atau aplikasi untuk berkomunikasi.

Maka seseorang tidak perlu lagi bertatap muka untuk berinteraksi dan berkomunikasi, cukup dengan bantuan aplikasi sudah bisa.

Ini juga akan membawa dampak negatif akan keberlangsungan solidaritas, serta akan berkurangnya pelaksanaan nilai dan norma di masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan serta pembahasan mengenai topik artikel tentang
10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pendidikan
di masyarakat.