Titik O Merupakan Titik Pusat Lingkaran

Titik O Merupakan Titik Pusat Lingkaran

Jakarta

Setiap kali ke taman bermain, kamu mungkin pernah mencoba wahana kincir putar raksasa yang jika dicermati bentuknya adalah lingkaran. Nah, dalam matematika, lingkaran adalah salah satu bidang datar yang terbentuk dari sejumlah
unsur-unsur lingkaran.

Menurut
Modul Matematika Paket B Setara SMP/MTs Kelas VIII

yang disusun oleh Budiharjo (2018), lingkaran adalah himpunan titik-titik dimana jaraknya sama dengan titik tertentu pada suatu bidang.

Yang dimaksud dengan titik tertentu adalah titik pusat lingkaran, sementara jarak tertentu biasanya kita sebut dengan jari-jari. Untuk mengetahui lebih jelas, yuk simak unsur-unsur lingkaran dan gambarnya!


10 Unsur-Unsur Lingkaran

Mengutip dari sumber yang sama sebelumnya, modul terbitan Kemdikbud itu menjelaskan
unsur-unsur lingkaran

dan gambar unsur lingkaran yang perlu kamu ketahui. Berikut diantaranya:


1. Titik Pusat (P)

Titik pusat lingkaran adalah titik yang berada tepat di tengah lingkaran. Jarak titik pusat ke semua titik pada bangun lingkaran selalu sama. Umumnya titik pusat disimbolkan dengan huruf kapital seperti P, A, O, dan lainnya.


ii. Jari-jari (r)

Jari-jari lingkaran adalah ruas garis yang menghubungkan satu titik pada garis lingkaran ke titik pusat lingkaran. Pada gambar di atas, titik A dan ruas garis AB merupakan jari-jari lingkaran atau sering disebut variabel r.

Unsur-unsur lingkaran (jari-jari dan diameter) Foto: detikEdu


iii. Diameter (d)

Jika r adalah jari-jari, maka variabel d adalah diameter lingkaran. Bore adalah ruas garis yang menghubungkan satu titik ke titik lain pada lingkaran dan ruas garis tersebut melewati titik pusat. Pada gambar di atas, garis lurus berwarna biru adalah bore, maka dapat diketahui d = 2r.


4. Busur (⌒)

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang dibatasi dua titik pada lingkaran. Merujuk pada gambar di bawah, maka pada satu lingkaran terdapat dua busur yaitu busur kecil dan busur besar (⌒)KL.

Baca :   Lemak Merupakan Senyawa Organik Penyusun Protoplasma Yang Berfungsi Sebagai

5. Tali Busur

Sementara tali busur lingkaran adalah ruas garis yang menghubungkan satu titik ke titik lain dalam satu lingkaran. Masih merujuk pada gambar busur lingkaran, tali busur adalah ruas garis KL.

Unsur-unsur lingkaran (busur dan juring)Unsur-unsur lingkaran (busur dan juring) Foto: detikEdu


six. Juring

Juring pada lingkaran disebut juga sektor yaitu bangun yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur. Pada gambar, terdapat titik Yard dan N maka juring dalam lingkaran tersebut yaitu juring MNP kecil di area berwarna ungu dan juring MNP besar berwarna merah.

seven. Sudut Pusat

Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya ada di P sebagai pusat lingkaran dan kaki sudutnya merupakan jari-jari, pada gambar di atas yaitu ∠MPN. Sudut itu ada di depan busur MN (busur kecil).


8. Sudut Keliling

Pada unsur-unsur lingkaran juga terdapat sudut keliling yaitu sudut yang dibentuk oleh perpotongan antara dua tali busur pada satu titik di keliling lingkaran.


9. Tembereng

Unsur-unsur lingkaran

lainnya yaitu tembereng. Tembereng adalah bangunan atau ruang yang dibatasi tali busur dan busur. Pada gambar berikut ini, terlihat ada titik Y dan Z. Maka pada lingkaran ini terdapat tembereng YZ kecil dan tembereng YZ besar (daerah yang diarsir).

Unsur lingkaran (tembereng dan apotema)Unsur lingkaran (tembereng dan apotema) Foto: detikEdu

10. Apotema

Terakhir, apotema adalah garis dari pusat lingkaran tegak lurus ke titik di tali busur. Pada gambar berikut terdapat titik PC dan AB. Maka PT adalah apotema dan TC adalah anak panah lingkaran.


Itulah 10
unsur-unsur lingkaran

dan gambarnya yang perlu kamu ketahui. Sampai sini sudah paham ya detikers, komponen yang ada dalam suatu bidang lingkaran.

Baca :   Contoh Soal Tautologi

Simak Video “Heboh Tembakan Panah dari Barikade Polisi saat Demo Ricuh di Makassar

[Gambas:Video 20detik] (pal/pal)

Titik O Merupakan Titik Pusat Lingkaran

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/apakah-perpotongan-dua-diameter-selalu-di-titik-pusat/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …