Tips Agar Bunga Sedap Malam Tetap Segar

Tips Agar Bunga Sedap Malam Tetap Segar

Memberikan bunga kepada orang tersayang di suatu acara yang special banyak dilakukan. Banyak jenis bunga cantik dan bermakna yang bisa anda pilih sesuai dengan konsep acara. Tak harus merangkainya sendiri. Anda juga bisa menggunakan jasa florist di toko bunga terdekat. Berikut tips mudah untuk anda dalam menyimpan Karangan Bunga Makassar agar tetap segar.

9 Tips Mudah Agar Bunga Tetap Segar

1. Tempatkan bunga di wadah yang bersih

Bila anda ingin menyimpan karangan bunga yang anda dapatkan dari orang yang spesial, maka anda bisa menggunakan tips mudah berikut ini. Salah satu tips yang bisa anda gunakan untuk membuat bunga agar lebih lama segar adalah dengan menempatkan bunga di wadah yang bersih. Memastikan kebersihan wadah sebelum menggunakannya adalah wajib.

Wadah atau vas bunga yang anda gunakan harus dipastikan berseih dari kuman atau bahkan adanya mikroorganisme lainnya. Bila hal tersebut masih menempel dalam wadah bunga anda, maka akan menyebabkan bunga akan lebih mudah busuk. Anda juga bisa memilih wadah dengan leher yang longgar agar bunga tidak terlalu sesak.

2. Menggunakan air hangat

Tips lainnya agar bunga yang anda simpan menjadi lebih segar dalam waktu yang lama adalah dengan menggunakan air hangat. Cara mudah ini masih belum banyak orang yang tahu. Namun menggunakan air hangat ini akan membuat bunga anda lebih tahan lama kesegarannya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan air hangat dan wadah bersih.

Baca :   Download Logo Masjid Untuk Kop Surat

Air hangat tersebut kemudian anda masukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Sesuaikan volume air agar tidak berlebihan hingga membuat batang Karangan Bunga Makassar terendam. Tips menggunakan air hangat ini juga sering disebut dengan metode pengerasan yang akan membantu umur bunga bertahan lebih lama. Molekul air hangat akan membantu lebih efektif.

3. Simpan bunga pada suhu ruangan

Hal penting lainnya yang harus anda ketahui agar bunga bisa lebih awet dan berumur panjang adalah dengan menyimpan bunga pada suhu ruangan. Suhu yang dingin tidak selalu baik untuk tumbuhan seperti bunga. Sehingga cara untuk mengawetkan bunga bukan dengan menempatkannya di dalam kulkas.

Tidak banyak yang tahu, bahwa menyimpan bunga di dalam kulkas akan membuat bunga lebih cepat membusuk dan lebih mudah layu. Tak hanya itu, anda juga sebaiknya menghindari menempatkan bunga di dalam ruang ber AC yang akan mengeringkan udara. Cara mudah ini bisa anda gunakan untuk menyimpan bunga dirumah.

4. Buang bagian daunnya

Tips singkat lainnya yang akan membantu bunga kesayangan anda lebih bertahan hidup lebih lama adalah dengan membuang bagian daunnya. Dengan membuang bagian daun yang terendam air ini maka akan membantu mengurangi proses pembusukan bunga. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan memotong bagian tangkai daun.

Bagian tangkai daun Karangan Bunga Makassar ini bisa anda potong dengan menggunakan gunting atau alat bantu lainnya. Sehingga potongannya akan terlihat lebih rapi dan tidak meninggalkan bekas kecoklatan yang mengganggu. Cara ini juga banyak dilakukan oleh florist profesional untuk mempertahankan bunga segar agar kualitasnya tetap terjaga.

5. Potong miring bagian batang bunga

Tips lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan memotong bagian batang bunganya. Namun potongan yang disarankan adalah potongan miring pada batang bunga. Tujuan pemotongan bagian batang bunga ini adalah untuk membantu meluaskan penyerapan air. Dengan potongan miring akan membuat batang terbuka lebih luas.

Baca :   Kamar Mandi Minimalis Lantai Batu Alam

Hal ini lebih efektif daripada anda melakukan pemotongan batang lurus yang membuat ruang penyerapan air lebih sempit. Namun bila anda ingin memotong bagian batang bunga ini, maka sebaiknya menghindari memakai gunting. Hal ini karena hasil potongannya akan kurang rapi. Sehingga lebih baik menggunakan pisau tajam agar lebih rapi.

6. Hindari paparan sinar matahari langsung

Hal penting lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat bunga tetap terlihat segar adalah dengan menempatkannya di lokasi yang teduh di bagian rumah. Sebaiknya hindari menempatkan bunga di lokasi yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Mungkin bagi banyak orang beranggapan bahwa simar matahari bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Namun hal ini sebenarnya tidak berlaku untuk bunga. Bunga adalah tanaman yang cenderung lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sehingga bila anda tempatkan di dalam rumah atau di dekat jendela, maka akan lebih baik bila anda memperhatikan apakah Karangan Bunga Makassar tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung atau tidak.

7. Sering mengganti airnya

Tips mudah lainnya dalam merawat bunga agar tetap segar adalah dengan sering dan rutin mengganti air di dalam wadah atau vas bunga. Walaupun bunga tertata rapi namun kalau air di dalamnya tidak bersih dan kotor maka bunga tentu akan cepat layu. Bahkan anda perlu menggantu wadah vas bunga ini setiap hari.

Air kotor yang tergenang ini akan berpotensi membuat kuman dan bakteri lebih cepat berkembang biak. Selain mengganti air di dalam wadah vas bunga secara rutin, anda juga bisa menggunting tangkai bunga sekitar 1 cm setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan agar kesegaran bunga akan tetap terjaga dengan baik dan tahan lama.

Baca :   Jelaskan Cara Merawat Tanaman Yang Benar

8. Hindarkan bunga dari buah-buahan

Tips selanjutnya agar Karangan Bunga Makassar tetap terlihat segar dalam waktu yang lama adalah dengan menghindarkan bunga dari buah buahan. Mungkin hal ini terlihat sepele dan tidak banyak orang memperdulikan, namun ternayta bunga yang berada terlalu dekat dengan buah tidak terlalu memberikan efek yang bak.

Banyak orang menaruh bunga di meja makan untuk penghias meja namun dekat dengan buah buahan. Hal ini karena buah buahan akan mengeluarkan gas etilen yang bisa memicu percepatan proses pembusukan bunga. Sehingga sebaiknya letakkan wadah vas bunga anda dirumah dengan buah buahan.

9. Perhatikan bagian daun dan batang setiap hari

Hal lainnya yang bisa anda lakukan dirumah untuk tetap menjaga bunga lebih segar adalah dengan lebih memperhatikan bagian daun dan batangnya setiap hari. Bila sudah terdapat bagian daun atau batang yang sudah mulai kering, maka akan sebaiknya bila anda gunting atau potong agar bunga tetap terlihat cantik dan segar.

Bagian Karangan Bunga Makassar yang sudah layu namun tidak dipotong, malah akan membuat bagian bunga lainnya lebih cepat layu. Selain itu, jangan terlalu sering menyemprot air ke arah bunga. Hal ini juga akan membuat bunga lebih cepat membusuk. Tips tersebut bisa anda lakukan rutin setiap hari di rumah atau di toko bunga anda.

Itu dia sekilas informasi tentang bagaimana menyimpan bunga agar tetap terlihat segar dalam waktu yang lama. Menerima pemberian bunga dari orang yang special tentu akan membuat anda ingin lebih lama menikmatinya. Sehingga cara diatas bisa anda lakukan untuk membuat bunga anda lebih awet dan tahan lama dirumah.

Tips Agar Bunga Sedap Malam Tetap Segar

Source: https://www.mawarflorist.com/9-tips-agar-karangan-bunga-makassar-tetap-segar/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …