Termometer Yang Memiliki Titik Beku Air 491 Derajat Adalah

Termometer Yang Memiliki Titik Beku Air 491 Derajat Adalah

Pada pokok bahasan ini kita akan mempelajari tentang suhu dan termometer. Coba kita minum air yang baru dimasak, apakah terasa hangat, dingin, atau panas? Jika dicoba biasanya maka akan terasa hangat. Rasa panas, hangat dan dingin itu yang disebut dengan suhu. Suhu merupakan keadaan derajat panas yang dialami kedua benda.

baca juga :Tips Membuat Mesin Waktu.

Di tubuh kita terdapat saraf pengatur rasa panas dan dingin sehingga kita bisa merasakan panas atau dingin tubuh kita maupun dari dalam tubuh kita. Suhu dapat di ukur dengan termometer. Termometer itu sendiri merupakan alat yang mengukur suhu suatu benda. Termometer juga memiliki cara kerja dalam mengukur suhu suatu benda. Lebih lengkapnya kita simak mengenai suhu dan termometer sebagai berikut :

A. Macam – macam skala suhu.

Termometer di dunia ini dibagi menjadi tiga berdasarkan skala nya sedangkan skala didunia ini di bagi menjadi beberapa yaitu, skala celcius, reamur, farenheat, dan skala kelvin dapat di jelaskan sebagai berikut :

termometer suhu dan cara kerjanya

  • Skala celcius merupakan skala suhu yang ada peda termometer celcius yang memiliki titik beku 0 derajat dan tititk didih 100 derajat.
  • Skala reamur merupakan skala suhu yang ada pada termometer reamor yang memiliki titik beku 0 derajat sedangkan titik didih 80 derajat.
  • Skala farenheit merupakan skala suhu yang ada pada termometer farenheit yang memiliki titik beku 32 derajat sedangkan titik didih 212 derajat.
  • Skala kelvin merupakan skala suhu nol mutlak atau nol absolut jika dibandingkan dengan skala celcius maka skala kelvin maka celcius = kelvin -273 derajat.
Baca :   Sebuah Drum Dapat Menampung 30 Liter Air

baca juga :

  • Istilah Yang Sering Muncul Dalam Internet.
  • Sejarah Konstanta pi (π).

B. Macam-macam termometer.

Termometer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda maupun lingkungan.
Termometer meiliki satuan derajat kelvin (K) yang disepakati oleh sistem internasional. Tetapi termometer satuan yang banyak digunakan diseluruh dunia adalah derajat celceus (C), derajat reamur (R), derajat farenheat (F), dan derajat kelvin (K).

Setiap satuan memiliki nilai yang berbeda beda dalam pengukurannya sehingga dibuat patokan derajat celceus dalam memberi patokan. Dilihat dari kegunaanya termometer dibagi menjadi beberapa macam.

  • Termometer ruang memiliki kegunaan untuk mengukur suhu ruangan. Bentuknya sedikit besar dan bisanya dilitekkan didinding.
  • Termommeter badan berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengukur suhu badan.
    Termometer.
  • Termometer digital meruapakan termometer yang memiliki sesnsor digital sebagai skalanya sehingga hasil pengukuran lebih akurat dan lain-lain.

C. Bagian-bagian termometer.

Termometer merupakan alat pengukur suhu yang memiliki bagian-bagian penting yang penting. Jika bagian-bagian tersebut rusak atau tidak ada. Maka termometer tidak bisa berfungsi secara maksimal bahkan tidak berfungsi sama sekali.

  • Air raksa.
    Air raksa merupakan bagian terpenting dari termometer. Air raksa dimanfaatkan karena sifat fisisnya yang mengalami pemuaian saat suhu naik. Sehingga air raksa pada termometer digunakan sebagai penunjuk skala pada termometer.
  • Tabung kaca pada termometer.
    Tabung kaca merupakan bagian dari termometer yang berfungsi sebagai tempat skala dan air raksa.
  • Skala penunjuk.
    Biasanya menempel pada salurang tempat air raksa memuai. Berfungsi sebagai penunjukkuk suhu pada suatu benda atau pada ruang tersebut.

D. Cara kerja termometer.

Termometer bekerja dengan memanfaatkan sifat fisis dari suatu benda. Perubahan sifat fisis dari benda dijadikan acuan untuk mengekur suhu dari suatu benda. Misalnya termometer dengan memanfaatkan air raksa atau alkohol. Pada suhu tinggi air raksa yang ada di dalam tabung termometer memuai sehingga mengalami perubahan bentuk.

Baca :   Skema Daur Hidup Paku

Perubahan pemuaian tersebut menunjukkan angka yang lebih tinggi/panas pada skala termometer tersebut. Sedangkan jika suhu mengalami perubahan menjadi lebih rendah/ dingin maka air raksa akan menyusut. Sehingga air raksa tersebut menunjukkan anka yang lebih kecil. Hal ini sama juga pada termometer yang menggunakan
alkohol.

E. Persamaan termometer.

Para ilmuan di dunia ini membuat tiga macam termometer, yaitu termometer celcius, termometer farenhead dan termometer reamor. Termometer-termometer ini dibuat karena perbedaan bahan yang pemuaiannya tidak sama. Seandainya bahan pembuatannya sama maka termometer ini juga akan sama dalam proses pengukurannya. Tetapi karena karena skala yang digunakan berbeda, maka
Termometer perlu menyesuaikan dengan sifat pemuaian masing-masing. Oleh karena itu maka dengan cara membandingkan sifat pemuaian agar bisa setara. Perbandinagn dari tiga jenis termometer tersebut dapat di tulis dengan persamaan dibawah ini :

Skala celcius ke reamur :

R = (4/5) C

Keterangan :

R = skala Reamur.
C= skala celcius

Celcius ke farenheit :

F = 9/5 c + 32

keterangan :

F = skala Farenheit.
C= skala celcius

Celcius ke kelvin :

K = C + 273

keterangan :

K = skala kelvin.
C= skala celcius

F. Contoh soal suhu dan termometer.

Termometer x digunakan untuk mengukur suhu air beku pada skala -20 derajat dan air mendidih pada skala 120 derajat jika pada termometer celcius menunjukkan skala 25 derajat. Tentukan nialai yang di tunjukkan oleh termometer x.

pembahasan :

Diketahui :

Titik beku air pada termometr celcius = 0 derajat, sedangkan titik beku air pada termometer x = -20 derajat.
Titik didih air pada termometer celcius = 100 derajat, sedangkan titik beku air pada termometer x = 120 derajat.

Ditanya :

Jika pada termometer celcius = 25 derajat maka pada termometer x = …?

Jawab :

Dengan menggunakan perbandingan skala maka didapat :

Baca :   Buatlah Masalah Perkalian Yang Diilustrasikan Oleh Gambar Berikut

termometer suhu dan cara kerjanya

Demikianlah penjelasan mengenai suhu dan termometer. Apabila ada kesalahan dalam penulis, saya selaku penulis mohon maaf.

penulis juga menerima kritik dan saran bisa di tulis di komentar.

Termometer Yang Memiliki Titik Beku Air 491 Derajat Adalah

Sumber: https://isanggar.com/suhu-termometer-dan-cara-kerjanya/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …