Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2

Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2


Rumus Kubus (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal
– Dalam Matematika pada umumnya terdapat jenis bangun ruang maupun bangun datar. Salah satu macam bangun ruang tersebut ialah kubus. Apakah anda tahu bagaimana rumus luas permukaan kubus itu? Bagaimana rumus volume kubus? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kubus? Pada umumnya rumus bangun ruang tersebut dapat mencakup rumus luas permukaan dan rumus volume. Untuk luas permukaan sendiri merupakan banyaknya luas setiap sisi bendanya. Untuk itulah jumlah tadi dinamakan dengan luas permukaan. Konsep inilah yang digunakan untuk menentukan luas permukaan pada bangun ruang kubus.

Cara menghitung luas permukaan dan volume kubus dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Rumus kubus ini terdiri dari rumus luas permukaan kubus dan rumus volume kubus. Dalam materi kubus tersebut juga terdapat cara menyelesaikan contoh soal kubus yang ada. Akan tetapi sebelumnya anda harus memahami terlebih dahulu mengenai sifat sifat kubus. Apa yang dimaksud kubus? Pengertian kubus ialah bangun ruang yang mempunyai enam sisi berbentuk tiga dimensi sebagai pembatasnya sehingga bentuknya seperti bujur sangkar dan kongruen. Penemuan kubus ini dapat terjadi ketika bentuk bidang enam beraturannya menyerupai prisma segi empat.

Ketika di bangku Sekolah Menengah Pertama tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi kubus ini. Akan tetapi pembahasan tersebut masih tergolong dasar. Kemudian materi ini mengalami perkembangan rumus ketika di bangku sekolah menengah atas. Untuk itulah materi kubus sering muncul dalam soal soal ujian sekolah ataupun Nasional. Sebenarnya rumus luas kubus dan rumus volume bangun kubus tersebut dapat digunakan untuk mencari nilai nilai di dalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus kubus beserta contoh soal kubus, baik rumus luas permukaan kubus maupun rumus volume kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Baca :   Senyawa Yang Dapat Menghantarkan Arus Listrik

Rumus Kubus (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal

Apabila membahas tentang bangun ruang tentunya akan berkaitan dengan adanya unsur panjang, lebar dan tinggi di dalamnya. Unsur unsur bangun ruang inilah yang dapat membedakannya dengan bangun datar. Bangun ruang secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah kubus. Kubus ini memiliki ciri khusus yakni semua sisinya sama panjang.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa kubus dapat diartikan sebagai bangun ruang yang mempunyai enam sisi berbentuk tiga dimensi sebagai pembatasnya sehingga bentuknya seperti bujur sangkar dan kongruen. Dari segi bentuk sendiri, kubus berbeda dengan bangun ruang lainnya. Untuk itulah rumus yang digunakan juga berbeda. Bagaimana cara menentukan luas permukaan kubus itu? Bagaimana cara menentukan volume kubus itu?

Bangun Ruang Kubus

Dalam materi kubus terdapat pembahasan mengenai rumus kubus dan contoh soal kubus, baik rumus luas permukaan kubus ataupun rumus volume kubus. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai rumus bangun kubus tersebut, alangkah baiknya jika anda memahami sifat sifat kubus terlebih dahulu. Kubus memiliki beberapa sifat di dalamnya seperti:

  • Sisi pada permukaan kubus semuanya berbentuk persegi.
  • Mempunyai 12 rusuk dengan panjang sama dan 8 titik sudut.
  • Mempunyai 4 diagonal ruang dengan panjang sama dan 12 diagonal sisi yang panjangnya sama.
  • Mempunyai permukaan dengan 6 bidang diagonal dan 6 bidang sisi yang bentuknya persegi panjang.

Rumus Kubus

Setelah menjelaskan tentang pengertian kubus dan sifat sifat kubus di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus luas permukaan kubus dan rumus volume kubus. Kubus memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu:


Luas = 6 x s²



Volume = s x s x s = s³

Keterangan:
s = sisi kubus

Contoh Soal Kubus

Selain pengertian kubus, sifat sifat kubus dan rumus kubus di atas. Adapula contoh soal bangun kubus terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Baca :   Harga Sepatu Skechers Air Cooled Memory Foam Wanita

1. Tentukan luas permukaan dan volume kubus jika sisinya memiliki panjang 25 cm?

Pembahasan.
Contoh soal tersebut dapat diselesaikan dengan rumus luas permukaan kubus seperti di bawah ini:
Luas = 6s²
        = 6(25²)
        = 3750 cm²

Kemudian menggunakan rumus volume kubus seperti berikut:
Volume = s³
            = 25³
            = 15625 cm³
Jadi luas permukaan dan volume kubus tersebut ialah 3750 cm² dan 15625 cm³.

2. Endang memiliki lemari baju yang bentuknya kubus, dimana sisi, lebar dan panjangnya 4 meter. Tentukan volume lemari tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal kubus ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus kubus yang digunakan yaitu:
Volume = s³
            = 4³
            = 64 m³
Jadi volume lemari tersebut ialah 64 m³.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus kubus beserta contoh soal kubus, baik rumus luas permukaan kubus maupun rumus volume kubus. Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki sifat sifat tersendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kubus di atas.


Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2

Sumber: https://rpp.co.id/contoh-soal-rumus-luas-permukaan-volume-kubus/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …