Tentukan Luas Permukaan Dan Volume Tiap Tiap Bangun

KlikBelajar.com – Tentukan Luas Permukaan Dan Volume Tiap Tiap Bangun

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Semoga makin semangat belajarnya ya. Di artikel ini, aku mau ajak kamu bahas rumus luas permukaan bangun ruang, cara menghitung hingga contoh soal dan pembahasannya nih. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Nah, sebelum lebih jauh, kamu juga boleh baca-baca lagi pembahasan rumus matematika di artikel Kumpulan Rumus Matematika Lengkap dengan Keterangannya ini ya.

Oke deh, nggak usah lama-lama lagi. Langsung aja kamu baca penjelasan berbagai rumus luas permukaan bangun ruang, cara menghitung hingga contoh soalnya di bawah ini!

Rumus luas permukaan bangun ruang termasuk dalam ragam pembahasan rumus matematika. Untuk mempelajari kumpulan rumus lainnya, klik link artikel berikut:
Kumpulan Rumus Matematika Lengkap dengan Keterangannya.




1. Rumus Luas Permukaan Kubus




Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk persegi. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Contoh benda berbentuk kubus yang udah gak asing di kehidupan sehari-hari adalah rubik dan dadu.

Rumus Luas Permukaan Kubus

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 218

Contoh Soal

Jika kubus memiliki sisi dengan panjang 10 cm. Berapa luas permukaannya?

Baca :   3x3 4x2 5x 6 Oleh X 2

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 219

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan kubus dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Kubus – Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal.




2.
Rumus Luas Permukaan



Balok




Rumus luas bangun ruang selanjutnya adalah luas permukaan balok. Balok adalah bangun ruang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Contoh benda berbentuk balok di kehidupan sehari-hari seperti penghapus, kasur, dan kotak susu.

Rumus Luas Permukaan Balok

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 220

Contoh Soal

Jika kubus memiliki panjang 12 cm, lebar 6 cm, dan tinggi 9 cm. Berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 220

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 222

Buat Sobat Zenius yang belum punya aplikasi Zenius. Yuk, download apps-nya dengan klik banner di bawah ini. Sesuaikan dengan jenis device yang kamu gunakan ya!

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan balok dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Balok – Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal.




3.
Rumus Luas Permukaan



Limas




Limas merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki alas berupa segibanyak (segitiga, segiempat dan seterusnya). Sisi-sisinya berbentuk segitiga dan memiliki puncak. Nama limas ditentukan berdasarkan alasnya. Contoh bangunan terkenal yang berbentuk limas adalah Piramida Giza di Mesir.

Rumus Luas Permukaan Limas

L = Luas Alas + luas jumlah luas sisi tegak (selubung)

Contoh Soal

Limas segiempat memiliki sisi alas 10 cm dan tinggi limas 12 cm. Berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 223

Untuk mencari tinggi selubung atau sisi tegak, bisa menggunakan rumus phytagoras karena tinggi limas, tinggi sisi tegak, dan setengah sisi alas berbentuk segitiga siku-siku

Baca :   Sebuah Pegas Yang Panjangnya 20 Cm Digantungkan Vertikal

Maka, tinggi sisi tegak adalah

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 224

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 225

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 226

Jumlah luas sisi tegak

4 x ½ alas x tinggi

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 227

Luas Permukaan Limas

L = Luas Alas  + jumlah luas sisi tegak (selubung)

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 228

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan limas dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Luas Permukaan Limas, Volume, dan Jenisnya.




4.
Rumus Luas Permukaan



Prisma




Prisma adalah bangun ruang yang memiliki alas identik dan penampang yang sama. Sisi prisma biasanya berupa jajar genjang atau persegi panjang, sedangkan alasnya berupa poligon (segibanyak).

Rumus Luas Permukaan Prisma

L = 2 x Luas Alas + keliling alas x t

Contoh Soal

Jika prisma segiempat mempunyai sisi 6 cm sama panjang dan tinggi 9 cm. Berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 229

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 230

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 231

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan prisma dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Prisma – Volume, Luas Permukaan, Sifat, Jaring-Jaring.






5.

Rumus Luas Permukaan





Tabung





Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tabung didefinisikan sebagai tempat sesuatu yang bentuknya seperti bumbung, atau silinder. Penerapan tabung yang cukup mudah kita temukan, seperti pipa, celengan, dan botol minum.

Rumus Luas Permukaan Tabung

L = 2 x Luas Alas + Luas Selimut Tabung

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 232

didistribusikan menjadi

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 233

Contoh Soal

Jika tabung memiliki jari-jari 14 cm dan tinggi 10 cm berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 234

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 235

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan tabung dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Tabung – Luas Permukaan, Volume, dan Contoh Soalnya.




6.
Rumus Luas Permukaan



Kerucut




Kerucut adalah sebuah limas istimewa beralas lingkaran dan meruncing pada suatu titik. Sisi tegak kerucut tidak berupa segitiga tapi berupa bidang miring yang disebut selimut kerucut, inilah kenapa kerucut disebut limas istimewa dan ini juga yang membedakan limas dengan kerucut.

Kerucut bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari, contohnya seperti corong, topi ulang tahun, traffic cone, dan lain-lain.

Baca :   Setarakan Persamaan Reaksi Naoh H2so4 Na2so4 H2o

Rumus Luas Permukaan Kerucut

L = Luas Alas (lingkaran) + Luas Selimut Kerucut

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 236

didistribusikan menjadi

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 237

Contoh Soal

Jika Kerucut memiliki jari-jari 21 cm dan sisi 15 cm. Berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 237

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 239

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 240

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan kerucut dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut.




7.
Rumus Luas Permukaan



Bola




Rumus luas permukaan bangun ruang yang terakhir adalah menghitung luas permukaan bola. Bola adalah bangun ruang yang di mana setiap titik pada permukaannya memiliki jarak yang sama terhadap satu titik yang disebut dengan titik pusat bola.

Rumus Luas Permukaan Bola

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 241

Contoh Soal

Jika Bola memiliki jari-jari 10 cm. Berapa luas permukaannya?

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 242

7 Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Pembahasan Soal 243

Penjelasan dan contoh soal lengkap tentang rumus luas permukaan bola dapat dibaca di artikel berikut:
Rumus Bola – Volume, Luas Permukaan, dan Contoh Soalnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai rumus luas permukaan bangun ruang, cara menghitung dan contoh soalnya. Bagaimana sudah makin paham kan?

Khusus buat kamu, Sobat Zenius yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus paham segala jenis materi belajar SMA kelas 10, 11, 12, kamu bisa berlangganan Aktiva Sekolah.

Di paket ini, kamu akan diberikan akses ke ribuan video pembelajaran premium, ikutan Try Out buat mengukur kemampuanmu jawab soal ujian, dibimbing langsung sama tutor di Live Class, sampai berbagai latihan soal yang bikin kamu makin ahli menjawab berbagai jenis soal ujian yang sulit lho.

Yuk, cek info lengkap Zenius Aktiva Sekolah dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

Tentukan Luas Permukaan Dan Volume Tiap Tiap Bangun

Sumber: https://www.duwus.com/16804/tentukan-luas-permukaan-dan-volume-tiap-tiap-bangun.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …