Sudut Yang Besarnya 90 Derajat Sama Dengan

KlikBelajar.com – Sudut Yang Besarnya 90 Derajat Sama Dengan

Random converter

Mengonversi sudut siku [90°] <—> derajat [°]

1 sudut siku [90°] = 90,0000000000001 derajat [°]

Lebih lanjut tentang Sudut

Ikhtisar

Tipe Sudut

Mengukur Sudut

Menggunakan Busur Derajat

Sudut dalam Seni Visual dan Arsitektur

Ikhtisar

Sudut adalah figur geometrik yang dibentuk oleh dua garis yang berpotongan dengan titik awal yang umum. Titik awal umum itu adalah puncak dari sudut, dan garis adalah sisinya. Sudut memiliki banyak sifat yang menarik. Misalnya, semua sudut pada jajaran genjang bila dijumlahkan akan berjumlah 360°, sementara bila sudut segitiga dijumlahkan akan berjumlah 180°.

Tipe Sudut

Sudut disebut
siku, jika besarnya 90°,
lancip
— jika kurang dari 90°, dan
tumpul
— jika sudut tersebut lebih besar dari 90°. Sudut yang besarnya 180° disebut
lurus, sudut yang besarnya 360° disebut
penuh, dan sudut yang lebih besar dari sudut lurus tapi lebih kecil dari sudut penuh adalah sudut
refleks. Jika dua sudut sama besarnya satu sama lain, maka keduanya disebut
kongruen.

Dua sudut, ketika digabungkan, membentuk sudut 90°, maka disebut
komplemen. Jika keduanya membentuk sudut 180°, maka disebut
suplemen, dan jika jumlahnya adalah 360°, maka keduanya disebut
sekawan
atau konjugat.

Dua sudut dibentuk oleh dua garis berpotongan dan berlawanan satu sama lain, bukan suplemen, disebut sudut
vertikal
atau
berlawanan. Keduanya kongruen.

Mengukur Sudut

Busur derajat konvensional dan digital

Sebuah sudut dapat diukur dengan busur derajat, atau besarnya dapat dihitung menggunakan rumus, dengan mengukur lingkar busur yang dibentuk oleh sisi sudut, dan salah satu sisi dari puncak ke titik perpotongan dengan busur. Secara umum sudut dinyatakan dalam derajat atau radian, meskipun unit lain juga ada.

Sudut dapat diukur antara garis lurus dan juga antara kurva. Dalam hal ini sudut tersebut diukur antara garis singgung ke masing-masing kurva pada titik perpotongan.


Menggunakan Busur Derajat

Busur derajat adalah alat khusus yang dirancang untuk mengukur sudut. Kebanyakan busur derajat berbentuk melingkar dalam bentuk yang merentang antara 360°, atau separuh lingkaran 180°. Beberapa sudut derajat memiliki lengan putar. Busur derajat tersebut biasanya dibuat dari bahan transparan untuk kenyamanan. Skala dalam derajat lebih umum, akan tetapi busur derajat radian juga digunakan. Busur derajat digunakan di sekolah, tetapi juga di arsitektur, teknik, dan pembuatan peralatan.

Baca :   Proses Yang Terjadi Pada Tekanan Sistol Pada Jantung Adalah

Sudut dalam Seni Visual dan Arsitektur

Kondominium dan Serambi Pure Spirit di Toronto, Ontario

Sudut telah digunakan oleh seniman, desainer, tukang, dan arsitek sejak zaman kuno untuk menciptakan penekanan, struktur, ilusi visual, dan dampak visual lain terhadap pemirsa. Rancangan geometrik dengan sudut lancip atau kombinasi antara sudut lancip dan tumpul seringkali digunakan pada desain mosaik dan kaca warna, misalnya arsitektur abad pertengahan atau pada seni mosaik Islam.

Museum Seni Turki dan Islam, Istanbul, Turki, Direproduksi seizin penulis.

Girih, bentuk seni Islam yang menggunakan mosaik, logam, kayu, kertas, atau kain merupakan contoh seni geometrik. Dalam variasi girih antar sudut membentuk bintang dan poligon yang simetris. Secara tradisional lima ubin poligon tertentu digunakan, dan sudut dalamnya didefinisikan secara ketat serta terdiri atas kombinasi empat sudut berikut: 72°, 108°, 144°, dan 216°. Sudut-sudut ini merupakan kelipatan dari 36°. Masing-masing ubin selanjutnya dibagi ke dalam pola simetris untuk menghasilkan kompleksitas dalam desain. Ubin tersebut dinamakan girih dan ini dijadikan nama untuk bentuk seni tersebut. Zellige adalah bentuk serupa dari karya ubin dari Maroko. Bentuk ubin tidak ditentukan secara ketat sebagaimana pada potongan girih dan zellige yang kerapkali lebih ornamental, dengan pola yang lebih sirkular, akan tetapi masing-masing seniman bergantung pada interaksi sudut yang serupa dengan girih.

Bintang Rub el Hizb dan Al-Qud

Seni dan arsitektur Islam sering menggunakan Rub el Hizb, sebuah figur mirip bintang geometris yang dibentuk dengan dua bujur sangkar yang ditumpukkan, sebagaimana ditampilkan dalam gambar. Bentuknya bisa padat, atau digambar dari garis-garis, yang dalam hal ini disebut bintang Al-Quds. Rub el Hizb terkadang dihiasi dengan lingkaran tambahan, digambar pada masing-masing persimpangan dua bujur sangkar. Rub el Hizb digunakan dalam sejumlah logo dan bendera, serta juga merupakan landasan untuk Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia — gedung kembar tertinggi di dunia pada saat penulisan ini (musim semi 2013).

Gedung Flatiron, New York

Sudut lancip seringkali digunakan dalam arsitektur untuk dekorasi. Sudut ini memberikan bangunan suatu dinamika dan keeleganan, meskipun terkadang tampilan yang nampak mengintimidasi, sementara sudut tumpul menghasilkan tampilan yang lebih nyaman. Misalnya, seseorang mungkin mengagumi kastil dan katedral gotik yang menakjubkan, tapi akan memilih rumah dengan atap bersudut tumpul untuk tinggal. Sudut juga digunakan dalam arsitektur untuk memperkuat struktur. Berdasarkan beban yang bekerja pada berbagai bagian bangunan, arsitek menghitung sudut di mana dinding, lengkungan, atap, dan elemen lain diposisikan satu sama lain. Dimungkinkan untuk membangun sebuah bentuk lengkung tanpa semen atau bahan penempel lain, secara sederhana berdasarkan sudut antar batu yang menyusunnya.

Baca :   Bagaimana Rentang Skala Ph Asam Basa Suatu Larutan

Umumnya bagian utama dari struktur bangunan didirikan dalam sudut 90° terhadap tanah, tapi ada beberapa pengecualian. Ada sejumlah bangunan di dunia yang condong ke tanah, baik secara sengaja maupun tidak. Misalnya, empat menara kecil yang mengelilingi Taj Mahal dibangun dengan sudut kecil, miring menjauhi struktur utama, sehingga bila ada gempa bumi, bangunan tersebut tidak akan runtuh ke arah dalam, serta mencegah kerusakan atas makam utama. Terkadang bangunan yang didirikan pada sudut mengarah ke tanah untuk tujuan arsitektur dan desain, seperti misalnya bangunan Gerbang Kota di Abu Dhabi, yang mana condong 18° ke barat. Komploeks Puzzling World di Wanaka, Selandia Baru adalah contoh lain konstruksi yang dibangun miring secara sengaja. Menara Miring Wanaka berdiri dengan kemiringan 53° terhadap tanah.

Dalam beberapa kasus kemiringan tersebut tidak disengaja, seperti halnya Menara Miring Pisa. Menara tersebut dibangun tegak lurus, dengan sudut siku terhadap tanah, akan tetapi karena kualitas lapisan tanah dan pondasi yang buruk, salah satu sisinya tidak sekokoh sisi yang lain, sehingga menara tersebut secara bertahap mulai miring ke satu sisi, dengan tingkat kemiringan yang bertambah hingga distabilkan dan sebagian diluruskan pada akhir abad keduapuluh. Kemiringan terbesarnya mencapai 5.5°, akan tetapi saat ini hanya sekitar 4°. Menara Miring Suurhusen adalah contoh lain dari gedung yang miring secara tak sengaja. Saat ini bangunan tersebut miring dengan sudut 5°. Diyakini bahwa kemiringan tersebut diakibatkan oleh kerusakan yang dilakukan terhadap pondasi kayu ketika tanah rawa yang mengelilinginya dikeringkan.

Referensi

Anda kesulitan menerjemahkan satuan pengukuran ke bahasa lainnya? Bantuan tersedia!
Posting pertanyaan Anda di TCTerms
dan Anda akan mendapatkan jawaban dari penerjemah teknis berpengalaman dalam hitungan menit.

Pengonversi Satuan Umum

Panjang, massa, volume, luas, suhu, tekanan, energi, daya, kecepatan dan pengonversi satuan pengukuran populer lainnya.

Konverter Sudut

Sudut
adalah angka yang dibentuk oleh dua garis, disebut sisi sudut, yang ujungnya menyatu, yang disebut titik sudut. Dalam fisika, sudut juga digunakan untuk menandakan ukuran sudut atau rotasi. Ukuran ini adalah rasio panjang busur melingkar dengan radiusnya. Terkait dengan sudut (wujud), busur berada di tengah di titik sudut dan dibatasi oleh sisi-sisi. Terkait dengan rotasi, busur berada di tengah di bagian tengah rotasi dan dibatasi oleh titik apa pun dan citra dari rotasi tersebut.

Baca :   Benda Yang Bergerak Jatuh Bebas Dari Ketinggian Tertentu Disebut

Derajat, juga derajat dari busur, derajat busur, biasanya dilambangkan dengan simbol derajat °, adalah pengukuran sudut bidang, yang menunjukkan 1⁄360 dari rotasi penuh; satu derajat sama dengan π/180 radian.

Radian
adalah rasio antara panjang busur dan radiusnya. Radian adalah satuan baku ukuran bersudut, yang digunakan di banyak bidang matematika. Maka, satu putaran sama dengan 2π radian.

Menggunakan Pengonversi Konverter Sudut

Pengonversi satuan online ini memungkinkan konversi yang cepat dan akurat antar banyak satuan pengukuran, dari satu sistem ke sistem lainnya. Laman Konversi Satuan menyediakan solusi bagi para insinyur, penerjemah, dan untuk siapa pun yang kegiatannya mengharuskan bekerja dengan kuantitas yang diukur dalam satuan berbeda.

Anda bisa menggunakan pengonversi online ini untuk mengonversi antar beberapa ratus satuan (termasuk metrik, Inggris dan Amerika) dalam 76 kategori, atau beberapa ribu pasang termasuk akselerasi, luas, listrik, energi, gaya, panjang, cahaya, massa, aliran massa, kepadatan, kapasitas massa, daya, tekanan, tegangan, suhu, waktu, torsi, kecepatan, kekentalan, volume dan kapasitas, aliran volume, dan masih banyak lagi.

Catatan:
Bilangan bulat (angka tanpa desimal atau eksponen) dianggap akurat hingga 15 digit dan jumlah digit maksimum setelah titik desimal adalah 10.

Dalam kalkulator ini, lambang E digunakan untuk mewakili angka yang terlalu kecil atau terlalu besar.
Lambang E
adalah format alternatif dari lambang ilmiah a • 10x. Misalnya: 1.103.000 = 1,103 • 106
= 1,103E+6. Di sini E (dari eksponen) mewakili “• 10^”, yaitu “kali sepuluh yang dinaikkan ke kekuatan
”. Lambang E umumnya digunakan dalam kalkulator dan oleh ilmuwan, matematikawan dan insinyur.

  • Pilih satuan untuk dikonversikan dalam kotak sebelah kiri yang berisi daftar satuan.
  • Pilih satuan untuk dikonversi dalam kotak sebelah kanan yang berisi daftar satuan.
  • Masukkan nilai (misalnya “15”) ke dalam kotak
    Dari
    di sebelah kiri.
  • Hasil akan muncul di kotak
    Hasil
    dan di kotak
    Ke.
  • Alternatifnya, Anda bisa masukkan nilai ke kotak
    Ke
    di sebelah kanan dan membaca hasil konversi di kotak
    Dari
    dan
    Hasil.

Saluran YouTube untuk Pengonversi Unit TranslatorsCafe.com

Sudut Yang Besarnya 90 Derajat Sama Dengan

Sumber: https://www.translatorscafe.com/unit-converter/id-ID/angle/13-1/sudut%20siku-derajat/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …