Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji Dengan Biuret

Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji Dengan Biuret

2021-10-30

Uji biuret ungu berarti makanan mengandung protein. uji lugol tidak berubah warna berarti makanan tidak mengandung amilum. uji benedict merah bata berarti makanan mengandung glukosa.

contoh makanan tersebut tertutama pada kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang kedelai.

ANDROID
TYPE:
Umum

2
(
6788
ratings )

Price: $

*Diuji dengan BIURET kemudian muncul warna ungu, dengan demikian makanan tersebut mengandung PROTEIN. *Diuji dengan BENEDICT kemudian muncul warna merah bata, dengan demikian maka makanan tersebut mengandung gula. *Diuji dengan LUGOL dan tidak ada perubahan warna, maka makanan tersebut tidak mengandung amilum, glikogen atau selulosa.

dek ini jawabansudah benar jangan ditolak ya. kasihan guru guru

Jawaban:

Bahan makanan diuji dengan biuret terjadi perubahan warna menjadi ungu berarti mengandung protein, dan diuji dengan Benedict terjadi perubahan warna menjadi merah bata berarti mengandung zat gula.

Contohnya : makanan yang mengandung protein dan glukosa dan tidak mengandung amilium adalan susu, tempe, dan santan.

Penjelasan:

Uji karbohidrat menggunakan lugol, dimana jika suatu makanan ditetesi lugol berubah warna menjadi biru kehitaman maka positif mengandung amilum. Uji protein menggunakan biuret, dimana
jika suatu makanan ditetesi biuret berubah warna menjadi ungu maka positif mengandung

protein.
Uji glukosa menggunakan benedict, dimana
jika suatu makanan ditetesi benedict berubah warna menjadi merah bata maka positif mengandung glukosa.

semoga membantu^^

Ilustrasi pembahasan Kunci Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 SMP Halaman 204 Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia /pixabay/


RINGTIMES BALI –

Halo adik-adik berikut pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 uji kompetensi Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia halaman 204, selengkapnya di artikel ini.

Pada pembahasan artikel kali ini, kakak akan paparkan kunci jawaban dari soal uji kompetensi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa kelas 8 SMP MTs pada Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia.

Baca :   Perbedaan Pipa Organa Terbuka Dan Tertutup

Soal pembahasan kunci jawaban ini dibuat bertujuan sebagai bahan koreksi adik-adik dalam mengerjakan tugas dari bapak/ibu guru pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 61, 62 Bab 2 Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi

Untuk lebih detailnya, ayo kita buka buku paket Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 di halaman 204 adik-adik, berikut kunci jawaban uji kompetensi IPA kelas 8, dikutip Rabu 1 September 2021:

A. Pilihan Ganda

>

1. Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan ….

A. vitamin dan airB. air dan mineralC. protein dan mineral

D. karbohidrat dan protein

Baca Juga: Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Halaman 28, 29, 30 Tema 2 Melakukan Pengamatan dan Wawancara

Jawaban : D. karbohidrat dan protein

Sumber: buku.kemdikbud.go.id

Uji kandungan makanan dapat dilakukan menggunakan reagen. Uji karbohidrat menggunakan lugol, dimana jika suatu makanan ditetesi lugol berubah warna menjadi biru kehitaman maka positif mengandung amilum. Uji protein menggunakan biuret, dimana
jika suatu makanan ditetesi biuret berubah warna menjadi ungu maka positif mengandung protein. Uji glukosa menggunakan benedict, dimana
jika suatu makanan ditetesi benedict berubah warna menjadi merah bata maka positif mengandung glukosa.

Dengan demikian, bahan makanan tersebut mengandung protein dan glukosa, contoh tempe

Dalam melakukan pengujian bahan makanan dapat dilakukan dengan berbagai reagen, misalnya lugol, biuret, dan benedict.

  • Lugol digunakan untuk menguji kandungan karbohidrat kompleks (amilum, glikogen, atau selulosa). Sampel makanan yang mengandung karbohidrat (glukosa) akan menghasilkan warna hitam/ gelap setelah ditetesi larutan lugol. Semakin gelap warnanya, maka semakin banyak kandungan karbohidrat dalam makanan tersebut.
  • Biuret digunakan untuk menguji kandungan protein. Sampel makanan yang mengandung protein akan menghasilkan warna ungu setelah ditetesi larutan biuret.
  • Benedict digunakan untuk menguji kandungan glukosa pada makanan. Sampel makanan yang mengandung glukosa akan menghasilkan warna merah bata ketika ditetesi larutan Benedict.
Baca :   Larutan Yang Memiliki Titik Didih Tertinggi Adalah

Dengan demikian, jika suatu makanan ditetesi reagen Biuret mengalami perubahan warna menjadi warna ungu, dengan benedict memunculkan warna merah bata, dan tidak terjadi perubahan warna pada uji lugol, maka makanan tersebut mengandung protein, glukosa, dan tidak mengandung amilum. Contoh bahan makanan dengan kandungan tersebut adalah buah-buahan yang telah matang.

Berikut jawaban untuk pertanyaanmu.

1. Bahan yang terkandung dalam makanan tersebut adalah gula dan dan protein.

2. Mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

Waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu, kandungan bahan makanan yang berbeda, ukuran setiap organ pencernaan berbeda, dan enzim yang dihasilkan pada tiap organ percernaan juga berbeda-beda.

3. Organ pencernaan yang dapat membunuh bakteri adalah organ lambung. Organ lambung dapat membunuh bakteri dengan mengeluarkan HCl (asam klorida).

4. Organ lambung dan usus halus.

5. Tidak ada pencernaan secara kimiawi yang dilakukan oleh enzim-enzim dari pankreas.

Penjelasan:

Berikut penjelasan untuk jawaban diatas.

1. –
Uji biuret

ditujukan untuk mengetes ada atau tidaknya kandungan protein. Kemunculan warna ungu pada uji biuret menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung protein.


Uji lugol
ditujukan untuk mengetes ada atau tidaknya kandungan amilum/ pati. Tidak ada perubahan warna pada uji lugol menunjukkan bahwa makanan tersebut tidak mengandung amilum.


Uji benedict
ditujukan untuk mengetes ada atau tidaknya kandungan gula (khususnya gula pereduksi seperti glukoksa, fruktosa, dan galaktosa). Kemunculan warna merah bata pada uji benedict menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung gula.

2. Durasi waktu yang diperlukan untuk mencerna makanan dalam organ pencernaan berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu:


Kandungan bahan makanan yang berbeda, semakin banyak kandungan yang terdapat dalam makanan maka semakin lama makanan tersebut dicerna, begitupun sebaliknya.

Baca :   Konfigurasi Elektron Unsur Q Yang Paling Sesuai Adalah


Ukuran setiap organ percernaan berbeda, organ pencernaan memiliki panjang yang berbeda. Semakin panjang organ pencernaan semakin banyak bahan makanan yang dapat masuk untuk diolah secara bersamaan.


Enzim yang dihasilkan, enzim merupakan katalisator yang berfungsi untuk mempercepat proses pencernaan. Semakin banyak dan bervariasi enzim yang dihasilkan pada organ pencernaan maka semakin cepat pula proses pencernaan berlangsung.

3. Lambung dapat mengeluarkan
asam klorida (HCl). Asam klorida merupakan asam kuat yang bersifat korosif sehingga dapat membunuh bakteri.

4. Bahan yang terkandung dalam daging ayam adalah protein. Proses pencernaan protein secara kimiawi yang utama terjadi di lambung. Lambung mengeluarkan
enzim pepsin
yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Selanjutnya memasuki usus halus, pepton tersebut diubah menjadi polipeptida (asam amino) yang dapat diserap tubuh dengan menggunakan
enzim tripsin
yang dihasilkan oleh pankreas dan di bawa ke usus halus.

5. Jika pankreas tidak dapat menghasilkan enzim-enzim untuk dibawa ke usus halus, maka tidak ada pencernaan secara kimiawi yang dilakukan oleh enzim-enzim dari pankreas. Pankreas menghasilkan berbagai enzim yang dibawa ke usus halus untuk membantu proses pencernaan makanan di usus halus. Beberapa enzim penting yang dihasilkan oleh pankreas untuk membantu proses pencernaan di usus halus ialah enzim amilase (mengubah amilum menjadi maltosa dan glukosa), enzim lipase (mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol), dan enzim tripsin (mengubah pepton menjadi polipeptida).

Semoga membantu.

Pelajari lebih lanjut

Organ-organ pencernaan manusia brainly.co.id/tugas/2585952

Organ pencernaan tambahan brainly.co.id/tugas/25393949

Gangguan pada sistem pencernaan brainly.co.id/tugas/6041068

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mata Pelajaran: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan

Kode Kategori: 11.4.6

#AyoBelajar

Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji Dengan Biuret

Sumber: https://belajardenganbaik.com/suatu-bahan-makanan-ketika-diuji-dengan-biuret-memunculkan-warna-ungu-ketika-diuji-dengan

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …