Sifat Air Yang Dimanfaatkan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah

KlikBelajar.com – Sifat Air Yang Dimanfaatkan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah

Air adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi kehidupan. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Tanpa air, makhluk hidup akan mati. Sifat-sifat air antara lain sebagai berikut:
a. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
b. Permukaan yang tenang dan selalu mendatar.
c. Bentuknya sesuai dengan tempatnya dan mempunyai berat.
d. Memberikan tekanan ke semua arah.
e. Dapat meresap melalui celah-celah kecil.
f. Dapat berubah wujud jika dipanaskan atau didinginkan.
g. Air dapat melarutkan zat-zat tertentu.

Air yang didinginkan terus-menerus dapat membeku. Air yang kita rebus lama-kelamaan akan habis karena menguap. Sifat permukaan air yang selalu mendatar dimanfaatkan oleh tukang batu untuk memasang ubin bata. Alat yang digunakan itu disebut sebagai waterpas.

Peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil disebut kapilaritas. Celah-celah kecil atau halus yang diresapi oleh benda cair itu disebut sebagai lubang pembuluh kapiler.

Tekanan air pada berbagai kedalaman, berbeda-beda. Besarnya tekanan zat cair terhadap benda yang dimasukkan kedalamnya, tergantung pada jarak benda dari permukaan zat cair. Semakin dalam semakin besar pula tekanan airnya.

Tekanan yang diberikan kepada zat cair yang berada dalam sebuah ruangan tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dan sama rata.

Di daerah Kalimantan, air tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, tetapi juga dimanfaatkan sebagai sarana lalu lintas. Sungai-sungai di daerah kalimantan sering digunakan untuk menghanyutkan balok-balok kayu dari hulu ke hilir. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya transportasi.

Air yang mengalir dapat menimbulkan tenaga. Makin besar aliran air itu, makin besar pula tenaga yang dapat dibangkitkannya. Tenaga air dapat pula dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Aliran air yang deras seperti pada air terjun dapat dimanfaatkan menjadi tenaga untuk menggerakkan turbin. Turbin adalah sebuah alat berbentuk roda yang terbuat dari besi dan akan berputar apabila terdorong oleh arus listrik. Cepat atau lambatnya turbin ditentukan oleh besarnya arus air yang ditimbulkan. Semakin besar arus air, semakin cepat pula turbin itu berputar. Berputarnya roda turbin akan memberikan putaran pada generator pembangkit tenaga listrik. Besarnya arus listrik yang dihasilkan oleh generator bergantung kepada cepat atau lambatnya putaran turbin. Sumber energi listrik yang berasal dari tenaga air disebut sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Baca :   Isomer Fungsi Dari Senyawa 2 Metil 2 Propanol Adalah

Air dapat melarutkan zat-zat tertentu, misalnya garam dan gula. Ada zat-zat tertentu yang tidak larut dalam air, seperti lilin, minyak, dan aspal.

Jika kita memasukkan benda ke dalam air, maka benda-benda itu kemungkinan dapat tenggelam, terapung, atau melayang.
a. Tenggelam, bila berat jenis benda lebih besar daripada berat jenis air, atau bila berat jenis benda lebih besar daripada air yang didesak oleh benda sehingga benda tersebut akan sampai ke dasar.
b. Terapung, bila berat jenis benda lebih kecil daripada berat jenis air, atau bila berat jenis benda lebih kecil daripada air yang didesak oleh benda sehingga benda tersebut berada di permukaan air.
c. Melayang, bila berat jenis benda sama dengan berat jenis air yang didesak oleh benda sehingga benda tersebut berada di antara permukaan dan dasar.

Pada musim kemarau, kita berharap agar hujan segera turun. Suhu yang panas memang memungkinkan sekali untuk terjadinya hujan. Siklus terjadinya hujan adalah sebagai berikut: karena terkena sinar matahari, maka air di laut menguap dan menghasilkan uap air – uap air naik ke atas membentuk awan – awan bergerombol membentuk mendung – terjadi hujan – airnya meresap ke dalam tanah – membentuk mata air – mengalir lagi ke sungai besar – sampai di muara – terus ke laut – begitu seterusnya.

Air membeku pada suhu 0 derajat celcius dan mendidih pada suhu 100 derajat celcius. Bila air pada suhu 0 derajat celcius dipisahkan sampai suhu 4 derajat celsius, volumenya bukan bertambah, melainkan menyusut. Peristiwa itu disebut sebagai anomali air. Air mempunyai volume terkecil pada suhu 4 derajat celcius. Pada suhu 4 derajat celcius, 1 kg air mempunyai volume 1 liter (1000 cm3).

Baca :   Faktor Persekutuan Dari 20 Dan 24 Adalah

Sifat Air Yang Dimanfaatkan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah

Sumber: http://belajarbersamaofficial.blogspot.com/2012/08/pengetahuan-air-dan-sifat-sifatnya.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …