Setelah Penggaris Plastik Digosok Dengan Kain Wol

Setelah Penggaris Plastik Digosok Dengan Kain Wol

assalamu’alaikum ๐Ÿ™‚ .. kali ini saya sedikit membahas tentang percobaan mistar / penggaris plastik dan kain wol, posting ini saya angkat untuk percobaan si calon ade ipar saya.. hhe, yaa bisa dibilang begitu lahh :-D.. hehehe..

oke langsung saja ke masalahnya ya, sebelum masuk ke percobaan alangkah baiknya untuk mengigat sedikit tentang teori atom dulu ๐Ÿ™‚

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa benda tersusun oleh partikelpartikel zat. Partikel zat yang ukurannya paling kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi disebut atom.Atom berasal dari kataatomos, yang artinya tidak dapat dibagi-bagi lagi. Tetapi, dalam perkembangannya ternyata atom ini masih dapat diuraikan lagi.

Atom terdiri atas dua bagian, yaitu inti atom dan kulit atom. Inti atom bermuatan positif, sedangkan kulit atom terdiri atas partikel-partikel bermuatan negatif yang disebut elektron.

Inti atom tersusun dari dua macam partikel, yaitu proton yang bermuatan positif dan netron yang tidak bermuatan(netral).

Suatu atom dikatakan

netral

apabila di dalam intinya terdapat muatan positif(proton) yang jumlahnya sama dengan muatan negatif (elektron) pada kulitnya.

Suatu atom dikatakan bermuatan
positif
apabila jumlah muatan positif(proton) pada inti lebih banyak daripada muatan negatif(elektron) pada kulit atom yang mengelilinginya.

Suatu atom dikatakan bermuatan
negatif
apabila jumlah muatan positif(proton) pada inti lebih sedikit daripada jumlah muatan negatif(elektron) pada kulit atom.

Muatan Listrik

Menurut Benyamin Franklin, ada dua muatan lisrik :

1. Muatan listrik positif

2. Muatan listrik negatif

Sifat Muatan Lisrik

Dua muatan yang sejenis apabila didekatkan maka akan tolak menolak

Dua muatan yang tidak sejenis apabila didekatkan maka akan tarik menarik

Muatan listrik tidak dapat dilihat oleh mata tetapi efeknya dapat dirasakan dan diamati gejalanya. Besar muatan listrik proton dan elektron adalah sama, tetapi jenisnya yang berbeda. Muatan positif (proton) ditandai dengan โ€œ + โ€œ sedangkan muatan negatif (elektron) ditandai โ€œ โ€“ โ€œ.

Baca :   Zat Kimia Yang Terdapat Dalam Minuman Beralkohol Adalah

Kamu kan sudah mengetahui bahwa atom ada yang bermuatan listrik dan ada yang netral. Demikian pula dengan benda. Benda netral dapat dibuat menjadi bermuatan listrik dengan cara menggosok.


Mengapa hal itu dapat terjadi?

Jawabanya langsung saja pada praktikumnya…

Ketika penggaris plastik digosok dengan kain wool, maka elektron-elektron dari kain wol berpindah ke penggaris plastik, sehingga penggaris plastik tersebut bermuatan listrik negatif.

Penggaris plastik yang semula dalam keadaan netral (tidak bermuatan listrik), sehingga tidak mampu menarik serpihan kertas kecil. Ketika penggaris plastik digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron. Pindahnya elektron pada kain wol mengakibatkan kain wol kekurangan elektron sehingga kain wol bermuatan positif. Penggaris plastik yang telah bermuatan listrik dapat menarik serpihan kertas kecil.

mengapa serpihan kertas dapat menempel pada penggaris plastik?

Benda bermuatan positif maupun negatif dapat menarik benda netral. Benda yang bermuatan listrik berusaha memengaruhi muatan yang tidak sejenis pada benda netral dan berupaya menarik ke arahnya. Akibatnya pada benda netral tersebut terjadi pemisahan muatan. Peristiwa pemisahan muatan listrik pada benda netral akibat benda bermuatan listrik didekatkan disebut induksi listrik.

Induksi (pengaruh) listrik ini dapat digunakan untuk membuat benda netral menjadi bermuatan listrik. Benda bermuatan negatif jika didekatkan benda netral akan menarik semua muatan positif benda netral ke salah satu ujung, akibatnya ujung yang lain bermuatan negatif. Jika muatan negatif dihubungkan dengan bumi kemudian diputus, benda netral tadi akan berubah menjadi benda bermuatan positif.

Baca :   8 1 5 5 3 4

Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas-kertas kecil. Serpihan kertas kecil dapat ditarik penggaris plastik yang telah bermuatan listrik negatif, karena kertas kecil yang netral itu terinduksi oleh muatan negatif dari mistar plastik. Elektron pada ujung kertas yang dekat dengan mistar akan ditolak dan pindah ke bagian ujung lainnya. Adapun, muatan positif kertas kecil akan ditarik dan berkumpul mendekati bagian ujung kertas yang dekat dengan penggaris. Akibat perbedaan jenis muatan tersebut, terjadilah tarik-menarik antara kertas dengan penggaris. Karena penggaris memiliki jumlah muatan yang lebih banyak, maka penggaris dapat menarik kertas kecil.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

menurut opini saya, pada percobaan ini : saat penggaris di gosokan ke Wol maka terjadi perpindahan muatan.. maka pada penggaris ataupun pada wol kebanyakan memiliki satu muatan saja.. positif ya positif saja, negatif ya negatif saja.. nahh mengapa kertas dapat menempel??, nahh kan kertas itu muatannya masih netral karena tidak di gosok. penggaris mencari muatan lain untuk menetralkannya yaitu lewat kertas itu.. penggaris kan punya muatan negatif yang banyak, makanya penggaris minta muatan positif dari kertas untuk menetralkannya. terjadilah tarik menarik. seperti teorinya kan jika muatannya berbeda maka tarik menarik.. Opini ini tidak untuk sebagai patokan yaa.. ini hanya pendapat, patokan tetap pada teori.. trimakasih ๐Ÿ˜€

selain percobaan ini ada lagi percobaan yang prinsip kerjanya sama.

Sumber ini di dapat dari penelusuran dari mbah google, dan di bawah tadi dari opini saya.. hhe.

Setelah Penggaris Plastik Digosok Dengan Kain Wol

Sumber: https://sikasatmata.blogspot.com/2013/05/percobaan-mistarpenggaris-plastik-dan.html

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …