Senyawa Yang Merupakan Amina Tersier Adalah

Senyawa Yang Merupakan Amina Tersier Adalah

Amina primer Amina sekunder Amina tersier

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Amina
merupakan senyawa organik dan gugus fungsional yang isinya terdiri dari senyawa nitrogen atom dengan pasangan sendiri. Amino merupakan derivatif amoniak. Biasanya dipanggil amida dan memiliki berbagai kimia yang berbeda. Yang termasuk amino ialah asam amino, amino biogenik, trimetilamina, dan anilina.

Yang berbau dari amoniak, ialah ikan tua, air kencing, rotting daging, dan mani merupakan semua terdiri dari zat amino.

  • Biogenik amino

Artikel bertopik kimia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Amina&oldid=18670332”

Hai, Sobat Zenius! Gimana nih, pelajaran sekolahnya? Materi Kimia udah sampai bab apa nih? Btw, kali ini gue mau ngajak elo buat cari tahu materi tentang senyawa amina. Di sekolah elo udah mulai bahas ini belum?

Kalau udah, semoga nanti artikel ini bakal lebih membantu pemahaman elo ya, nah yang belum tentu aja materi ini juga bakalan membantu elo buat cari tahu dulu apa sih amina itu. Terus elo juga makin paham nih, gimana sih sifat fisik amina.

Oke deh, biar nggak makin penasaran, langsung aja ya simak artikel berikut!

Pengertian Amina

Biar nggak ngerasa asing sama si amina ini gue akan ngenalin dulu nih, apa sih amina itu? Amina merupakan senyawa organik yang mengandung nitrogen basa dengan pasangan elektron bebas.

Nah, amina ini merupakan turunan dari amonia, di mana satu atau lebih atom hidrogen digantikan oleh rantai karbon. Amina terdiri dari atom C, H, dan N. Beberapa amina memiliki aroma seperti ammonia, seperti etil amina. Amina rantai pendek sendiri memiliki metil amina.

Baca :   Diberikan S 1 2 3 10

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Amina merupakan penurunan dari ammonia (Arsip Zenius) 

Amina ini dibagi menjadi tiga klasifikasi, yaitu amina primer, amina sekunder, dan amina tersier. Penggolongan amina adalah  berdasarkan jumlah gugus alkil atau aril yang diikat, seperti yang bisa elo lihat pada gambar di bawah ini:

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Klasifikasi Amina (Arsip Zenius) 

Seperti yang udah gue singgung sedikit di atas, kalau amina ini memiliki bau yang mirip seperti ammonia, contohnya adalah metil amina (CH3NH2) dan etil amina (C2H5NH2). Semakin panjang rantai hidrokarbon (gugus alkil), maka baunya akan berbeda menjadi seperti bau busuk atau amis.

Elo tahu nggak sih, kalau bau amis yang mungkin sering elo cium itu disebabkan oleh adanya senyawa amina, lho. Bau amis yang ada pada ikan merupakan senyawa amina yang bernama trimetilamina.

Baca Juga: Reaksi Benzena dan Sifat Kimianya – Materi Kimia Kelas 12

Tata Nama Senyawa Amina

Nama: alkil amina atau alkana amina

Contoh:

  • CH3 – NH2: metilamina atau metanaamina
  • CH3CH2 – NH2: etilamina atau etanaamina
  • CH3 – NH – CH3: dimetilamina atau dimetanaamina

Jika jumlah gugus amina lebih dari satu, maka diberi imbuhan di, tri, dan seterusnya.

Contoh:

NH2 – CH2 – CH2 – CH2 – NH2 : 1,3-propanediamine

2. Tata Nama IUPAC

Gugus amina dianggap sebagai substituen atau cabang dan diberi nama amino.

Nama: amino alkana

Contoh:

  • CH3CH2CH2 – NH2 : aminopropane
  • CH3 – CH(NH2) – CH2 – CH3 : 2-aminobutane

Jika senyawanya merupakan amina sekunder atau tersier, maka gugus yang paling besar (rantai karbon paling panjang) dianggap sebagai induk, sementara gugus yang kecil dianggap sebagai cabang dan diberi nama “N-alkil”.

Contoh:

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Tata Nama IUPAC (Arsip Zenius) 

Baca :   Konfigurasi Elektron Atom Menurut Niels Bohr Adalah

Nama: N,N-dimetil-2-aminopropane

Jika terdapat gugus fungsi yang lebih prioritas daripada amino, maka gugus fungsi tersebut dijadikan sebagai rantai induk.

Contoh:

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Tata Nama IUPAC (Arsip Zenius) 

Nama: Asam 2-aminopropanoate

Sifat Fisik Amina

Sifat fisik senyawa kimia dipengaruhi oleh interaksi antar molekulnya. Senyawa amina primer dan amina sekunder memiliki ikatan hidrogen, sedangkan amina tersier tidak. Panjang rantai karbon juga mempengaruhi sifat fisiknya.

1. Wujud pada suhu ruang

Pada amina primer, semakin panjang gugus alkil maka kerapatannya semakin besar.

Contoh:

CH3NH2, C2H5NH2,     C3H7NH2, C4H9NH2, C5H11NH2

Wujud gas                  Wujud cair

(Wujud pada suhu ruang)

2. Titik didih

Dengan rumus molekul yang sama (besar Mr sama), urutan kenaikan titik didih senyawa amina adalah: amina tersier < amina sekunder < amina primer.

3. Kelarutan dalam air

R – NH2

Hidrofobik  Hidrofilik

Semakin panjang gugus alkil (R), maka akan semakin sulit larut dalam air.

Contoh: Kelarutan C4H9NH2 dalam air lebih besar daripada kelarutan C6H13NH2.

Urutan kelarutan senyawa amina: amina tersier < amina sekunder < amina primer.

Baca Juga: Gugus Fungsi Amina dan Amida – Materi Kimia Kelas 12

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke guys, supaya elo lebih paham lagi tentang materi ini, coba deh perhatiin contoh soal berikut:

  1. Senyawa amina merupakan turunan dari ….

Jawaban: ammonia.

Pembahasan: Amina adalah senyawa turunan amonia dengan rumus umum R-NH2. Sementara itu, alkohol, asam karboksilat, eter, dan nitril termasuk turunan senyawa alkana.

  1. Nama senyawa untuk struktur berikut adalah ….

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Jawaban: N-ethylpropan-2-amina

Pembahasan:

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

Oke deh Sobat Zenius, itu tadi materi yang bisa gue bagi ke elo kali ini, kalau elo masih pengen kepoin materi ini, elo bisa klik banner di bawah ini, ya!

Baca :   Aliran Elektron Elektron Melalui Suatu Kawat Penghantar Disebut

Berikut ini merupakan ciri Senyawa amina kecuali

See you!

Baca Juga: Mekanisme dan Contoh Reaksi Esterifikasi – Materi Kimia Kelas 12

Senyawa Yang Merupakan Amina Tersier Adalah

Sumber: https://berikutyang.com/berikut-ini-merupakan-ciri-senyawa-amina-kecuali

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …