Senyawa Karbon Anorganik Umumnya Mempunyai Sifat Sifat

KlikBelajar.com – Senyawa Karbon Anorganik Umumnya Mempunyai Sifat Sifat

Karbon adalah unsur non logam anggota unsur golongan 4 A. Karbon memiliki dua buah alltrofi yaitu berlian dengan massa jenis 3,52 dan grafit dengan massa jenis ii,25.

Nomor atom : half-dozen
Nomor massa : 12
Titik lebur : 3359 degC
Titik didih : 4200 degC
Massa jenis : 2,25 (grafit karena jumlah paling banyak)

Ada dua buah isotop stabil dari karbon yaitu yang memiliki nomor massa 12 dan xiii sedangkan iv lainnya adalah unsur radioaktif yaitu karbon dengan nomor massa ten, 11, fourteen dan xv.

Isotop karbon 14 digunakan sebagai menentukan umur suatu benda misalnya fosil hewan. Secara kimia karbon adalah unsur yang unik karena selain stabil ia juga dapat membentuk rantai karbon baik dengan sesamanya maupun dengan unsur lain. Oleh karena itu jumlah senyawanya dialam sangatlah banyak.

Unsur karbon yang berikatan dengan hidrogen, nitogen dan oksigen membentuk senyawa yang sangat penting bagi kehidupan. Tubuh kita, makanan dan banyak kebutuhan lainnya adalah dibentuk oleh senyawa karbon. Sebagaimana yang kalian tahu bahwa senyawa karbon adalah pembentuk kehidupan. Tanpanya tidak akan ada kehidupan.

Penemuan

Tidak ada orang menemukan unsur karbon karena unsur ini sudah ada bahkan sebelum manusia ada di bumi ini. Karbon secara alami dialam ditemukan dalam bentuk arang dan berlian.

Sumber

1. Unsur karbon ada dalam semua benda hidup termasuk manusia, binatang dan tanaman.

2. Karbon juga adalah unsur yang dapat ditemukan dialam dalam bentuk arang, arang aktif dan berlian.

Sifat – sifat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa karbon memiliki dua buah alotropi yaitu grafit dan berlian dimana sifat keduanya sangat berbeda.

Baca :   Tetapan Pegas Rumus

Grafit
Karbon dalam grafit, berikatan satu sama lain melalui ikatan kovalen tetapi memereka membentuk ikatan yang berlapis lapis. Anatar lapis satu dengan yang lain hanya dihubungkan oleh gaya Van der Waals yang lemah. Hany ini memgakibatkan grafit sangat rapuh dan ikatanya mudah lepas.

Salah satu contohnya adalah grafit pada pensil. Dengan menorehkan nya ke buku, grafitnya akan tertinggal dibuku dengan sangat mudah.

Berlian/Intan
Karbon karbon pada berlian berikatan dengan cara kovalen satu sama lain tetapi memereka membentuk ikatan tetrahedral dimana satu atom C akan berikatan dengan 4 buah atom C lainnya. Hal ini membuat berlian sangat kuat. Makanya berlian banyak digunakan sebagai perhiasan dan juga mata bor tambang.

Senyawa senyawa penting dari karbon

Karbon adalah unsur inti dapam semua senyawa senyawa yang berhubungan dengan kehidupan. Bahkan untuk mempelajari senyawa senyawanya dalam kimia ada ilmu khusus yaitu kimia organik.

Senyawa organik adalah senyawa yang utamanya tersusun atas unsur karbon hidrogen dan oksigen dan sejumlah kecil unsur phosfor, belerang dan juga halogen.

Senyawa karbon yang bukan penyusun makhluk hidup akan dipelajari dalam bidang kimia anorganik yang hanya mempelajari senyawa senyawa ringan yang terbentuk oleh karbon dengan unsur lain dalam tabel periodik seperti CO2.

Ada dua jenis oksida karbon. Yang pertama yaitu karbondioksida (CO2) adalab senyawa penting dalam proses pembakaran bahan bakar dan juga sebagai sumber oksigen diudara. Yang kedua adalah karbon monoksida yaitu senyawa samping yang dihasilkan dari proses pembakaran dan gas ini sangat beracun. Orang mengenalnya dengan gas pembunuh paling berbahaya karena gas ini tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa tetapi mematikan.

Baca :   Teknik Out Line

Sumber artikel : http://www.ucc.ie/academic/chem/dolchem/html/elem/elem006.html that i translate to indonesian langguage base of operations on me.








Bantu Orang Untuk Temukan Artikel Ini Lewat Tombol Share Di Bawah Ini




Senyawa Karbon Anorganik Umumnya Mempunyai Sifat Sifat

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/senyawa-karbon-anorganik-umumnya-mempunyai-sifat-sifat/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …