Sebutkan Produk Bahan Bakar Yang Dihasilkan Tanaman Energi

Sebutkan Produk Bahan Bakar Yang Dihasilkan Tanaman Energi

Mungkin beberapa dari kamu baru dengar sama yang namanya biomassa. Apa biomassa itu? Biomassa, dalam industri produksi energi, merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Umumnya biomassa merujuk pada materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagai biofuel, tapi dapat juga mencakup materi tumbuhan atau hewan yang digunakan untuk produksi serat, bahan kimia, atau panas.
Biomassa dapat pula meliputi limbah terbiodegradasi yang dapat dibakar sebagai bahan bakar. Biomassa tidak mencakup materi organik yang telah tertransformasi oleh proses geologis menjadi zat seperti batu bara atau minyak bumi. Nah, ada beberapa fakta yang tak kamu tahu tentang sumber energi ini. Apa saja?

1. Rumah kaca tanpa atap.


Kredit foto: A Greenhouse Without the Roof

Energi biomassa secara alami melepaskan karbon dioksida kembali ke atmosfer. Yang mungkin dianggap hal yang buruk karena kadar karbon dioksida yang tinggi dianggap penyebab utama dari pemanasan global yang terjadi. Namun dalam kenyataannya, penggunaan biomassa untuk energi adalah bersih. Tanaman yang digunakan untuk menciptakan energi biomassa telah menangkap karbon dioksida dan memproses itu. Dengan membakar biomassa, karbon dioksida yang ditangkap hanya dikembalikan kembali ke atmosfer sehingga tanaman lainnya dapat menggunakannya.

2. Limbah eliminator.

image

Kredit foto: youtube.com

Salah satu alasan mengapa biomassa merupakan sumber energi yang menarik karena ada begitu banyak di dunia saat ini. Banyak produk biomassa yang digunakan untuk membangun rumah, furnitur, dan barang-barang lain yang diperlukan. Sumber energi biomassa merupakan limbah eliminator. Limbah tersebut dapat dibakar untuk menciptakan energi, listrik, dan bentuk lain dari bahan bakar terbarukan.

Baca :   Persamaan Garis Yang Melalui Titik Lima

3. Minyak tak lagi dibutuhkan di masa depan.

image

Kredit foto: powergen.gepower.com

Pembangkit listrik biomassa terbesar di Amerika Serikat mampu membuat produk daya yang cukup untuk sekitar 60.000 rumah. Biomassa tersebut menggunakan tebu sebagai sumber listrik, tetapi juga menggunakan kayu sisa yang berasal dari lingkungan perkotaan sekitarnya. Sumber energi ini ini cukup besar untuk melayani kebutuhan kota dan menghasilkan 140 MW. Dalam istilah praktis, itu berarti bahwa tanaman yang satu ini mampu mengurangi kebutuhan Amerika untuk minyak impor sekitar 1 juta barel per tahun.

Di Indonesia sendiri, General Electric membuat suatu mesin yang dinamakan Jenbacher yang bisa menggunakan berbagai macam gas, selain natural gas yang merupakan energi tidak terbarukan. “Jenbacher tetap bisa menggunakan energi terbarukan untuk pengoperasiannya, yakni sintetis gas dari biomassa atau biogas dari berbagai sumber,” jelas Rudolf Aritonang, Country Sales Manager-Reciprocating Engines, Indonesia at GE Power & Water, Jumat (7/10).

Sintetis gas dari biomassa ini kandungan energinya ini rendah, hanya seperdelapan saja. Karena kalori dari biomass ini rendah, maka mesin akan ada penurunan tenaga. Contohnya, mesin Jenbacher 612, bila dengan natural gas dapat menghasilkan 2 MW per mesin, tapi bila dengan sintetis gas hanya menghasilkan 1,2 MW, yang berarti ada penurunan 40%.

Salah satu mesin Jenbacher ini ada di Kalimantan dan terinstal dengan kapasitas kecil, yakni 1-2 MW. “Total sudah ada 425 unit Jenbacher di Indonesia, yang mampu menghasilkan listri 900 MW,” imbuh dia.

4. Energi biomassa modern untuk kebutuhan rumah tangga.

image

Kredit foto: wikipedia.org

Untuk rumah yang menggunakan kompor kayu untuk kebutuhan pemanasan mereka, maka mereka juga bisa mengambil keuntungan dari produksi energi biomassa modern. Hal yang sama telah berlaku sepanjang sejarah dengan menggunakan perapian atau bahkan hanya api unggun di malam hari, yang merupakan bukti bahwa energi biomassa sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala hanya belum disadari.

Baca :   Dibawah Ini Yang Merupakan Contoh Unsur Adalah

5. Penciptaan biogas.

image

Kredit foto: biofuel-usa.com

Salah satu kegunaan biomassa adalah dalam penciptaan biogas. Jika kamu pernah mengunjungi peternakan sapi perah, maka ada dua hal yang akan kamu selalu melihat: sapi diperah dan sapi menciptakan pupuk kandang. Pupuk kandang yang sebenarnya sampah yang menghasilkan gas, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk membuat listrik.

Kunci untuk proses ini adalah metana yang dibuat dari produk limbah hewan. Kotoran dikumpulkan, metana dilepaskan dari penyimpanan, dan gas ini kemudian dibakar untuk air panas melalui generasi uap. Dan uap tersebutlah yang akan menghasilkan lsitrik nantinya.

6. Bahan bakar fosil akan habis dan tergantikan dengan biomassa.

image

Kredit foto: thisismoney.co.uk

120 tahun dari sekarang, para ilmuwan memperkirakan bahwa bahan bakar fosil akan habis suatu hari nanti. Ketika hari itu terjadi, dunia akan perlu bertransisi ke bentuk-bentuk baru dari produksi energi untuk mempertahankan gaya hidup modern. Di sinilah energi biomassa dapat menjadi penyelamat. Biomassa sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk mengganti sebagian besar bensin dan juga minyak.

7. Energi daur ulang.

image

Kredit foto: gasificationsolutions.com

Biomassa yang didaur ulang setiap hari sehingga dapat dikonversi menjadi listrik atau bentuk lain dari bahan bakar. Di Cedar Rapids, Iowa sebuah perusahaan daur ulang  menghasilkan 150 ton biomassa setiap hari dalam rangka menciptakan listrik yang cukup untuk kekuatan sekitar 4.000 rumah. Bahan yang digunakan di Iowa tersebut adalah sampah.

Sebutkan Produk Bahan Bakar Yang Dihasilkan Tanaman Energi

Sumber: https://www.ge.com/news/reports/7-fakta-mengagumkan-biomassa-sumber-energi-yang-berasal-dari-tanaman

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …