Sebuah Rangkaian Tertutup Terdiri Dari Dua Resistor Dan Dua Baterai

Sebuah Rangkaian Tertutup Terdiri Dari Dua Resistor Dan Dua Baterai

Apa yang di maksud dengan Rangkaian listrik tertutup dan terbuka?

Apa yang dimaksud dengan rangkaian listrik terbuka dan tertutup

Perbedaan Rangkaian Tertutup dan Terbuka

Rangkaian Terbuka

Rangkaian terbuka merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut tidak terhubung (terbuka). Sehingga pada rangkaian tersebut tidak mengalirkan aliran listrik.

Pada rangkaian diatas merupakan contoh rangkaian terbuka. Terlihat bahwa pada rangkaian tsb tidak mengalirkan arus listrik sehingga lampu tidak bisa menyala.

Rangkaian Tertutup

Rangkaian tertutup merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut terhubung (tertutup). Sehingga pada rangkaian tersebut mengalirkan aliran listrik.



Pada rangkaian diatas merupakan contoh rangkaian tertutup. Terlihat bahwa pada rangkaian tsb mengalirkan arus listrik sehingga lampu bisa menyala.





Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini menjadi landasan dalam menciptakan berbagai macam peralatan elektronik seperti saklar dan relay.





Seperti merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mematikan dan menghidupkan lampu. Jadi saklar ini mempunyai dua posisi yaitu terbuka dan tertutup.

  • Kondisi Saklar Tertutup

Ketika saklar berada di posisi ini (tertutup) maka saklar akan mengalirkan arus listrik sehingga membuat beban (lampu) menyala.

  • Kondisi Saklar Terbuka

Ketika saklar berada pada posisi ini maka saklar tidak akan mengalirkan arus. Hal tersebut menyebabkan lampu tidak menyala.

Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini juga menjadi landasan cara kerja dari MCB. Jadi ketika pada rangkaian terjadi suatu gangguan entah itu korslet atau beban berlebih maka MCB akan memutuskan rangkaian listrik. Sehingga rangkaian yang terjadi adalah rangkaian terbuka. Hal tsb mengakibatkan tidak ada arus listrik yang mengalir ke peralatan listrik di rumah kita.

Baca :   Segi Banyak Merupakan Bangun Datar Yang Seluruh Sisinya Dibatasi Oleh

Pengertian Rangkaian Listrik Terbuka

Pengertian rangkaian listrik terbuka adalah rangkaian listrik yang dirangkai dengan sedemikian rupa, dimana salah satu bagian arusnya terbuka sehingga tidak terjadi aliran listrik di dalamnya. Rangkaian listrik yang terbuka ini disebut juga dengan rangkaian listrik yang terputus. Bisa saja Anda bayangkan, bagian saklar yang terputus atau terbuka tidak akan memungkinkan ada arus listrik yang bisa melewatinya. Oleh sebab itulah, rangkaian listrik ini harus bersifat tertutup agar aliran listrik bisa kembali berjalan.

Pengertian Rangkaian Listrik Tertutup



Agar bisa menyala, rangkaian listrik tentunya harus bersifat tertutup. Kondisi saklar yang tertutup inilah yang nantinya bisa mengalirkan arus listrik sehingga rangkaian listrik bisa menyala. Rangkaian listrik yang tertutup tersebut tidak memiliki pangkal dan juga tidak memiliki ujung. Rangkaian ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya adalah kawat penghantar, alat untuk mengukur listrik dan juga sumber penghasil daya listrik. Su

mber



penghasil daya listrik tersebut bisa berupa baterai.


RANGKAIAN LISTRIK

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat datang di IPA MTs

Coba kalian perhatikan lampu di rumah kalian. Jika kalian menekan salah satu saklar di ruang tamu , maka lampu di ruang tamu akan menyala tetapi lampu di ruang lainnya tidak menyala. Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Yups.. karena lampu di ruang tamu dialiri arus listrik saat saklar ditekan, sedangkan lampu di ruangan lainnya tidak ada arus listrik yang mengalir sebelum saklar ditekan. Arus listrik dapat mengalir bila komponen-komponen listrik dirangkai.

Apa rangkaian komponen listrik itu?. Rangkaian komponen listrik merupakan susunan komponen listrik seperti sumber tegangan, penghubung dan hambatan listrik yang dirangkai agar aliran arus listrik dapat diatur. Tujuan rangkaian komponen listrik untuk mengatur arus listrik yang mengalir dan tentunya akan menghemat penggunaan listrik di rumah.

Baca :   Garis M Dan Garis N Adalah Dua Garis Yang

Artikel kali ini akan membahas tentang rangkaian listrik. Pembahasannya meliputi rangkaian listrik terbuka dan tertutup, rangkaian elemen dan hambatan listrik. So, baca dengan tenang dan relaks serta sampai selesai, mudah-mudahan kalian mendapatkan pemahaman dari apa yang kalian baca. Artikel ini dapat diakses di www.ipamts.com

Pengertian Rangkaian Listrik

Pernahkan sobat memikirkan kira-kira yang dipakai pada lampu di jalan itu menggunakan rangkaian apa?

Rangkaian Listrik adalah sebuah jalur atau rangkaian sehingga elektron dapat mengalir dari sumber voltase atau arus listrik. Proses perpindahan elektron inilah yang kita kenal sebagai listrik.

Elektron dapat mengalir pada material penghantar arus listrik yakni konduktor. Oleh karena itu kabel yang dipakai pada rangkaian listrik karena kabel terbuat dari tembaga yang dapat menghantarkan arus listrik.

Lampu adalah beban listrik dan sumber listrik berasal dari baterai. Listrik mengalir melalui kabel dan saklar berfungsi untuk memutus atau menyambungkan aliran listrik. Simbol universal untuk beban listrik adalah hambatan (resistor).

Terdapat dua tipe rangkaian yaitu: rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel dapat dikombinasikan sehingga menjadi rangkaian campuran.

7 Perbedaan Rangkaian Terbuka dan Rangkaian Tertutup

administrator


xi Jan 2022

  • Apa Itu Rangkaian Terbuka?
  • Apa itu Rangkaian Tertutup?
  • Perbedaan Rangkaian Terbuka dan Rangkaian Tertutup

Dalam posting ini, kita akan belajar tentang perbedaan antara rangkaian terbuka dan tertutup.

Pertama, Kita mulai dari istilah dasar,

Sebuah Rangkaian Tertutup Terdiri Dari Dua Resistor Dan Dua Baterai

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/jelaskan-perbedaan-rangkaian-listrik-tertutup-dan-rangkaian-listrik-terbuka/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …