Sebuah Perencanaan Pameran Yang Dibuat Secara Tertulis Disebut

Sebuah Perencanaan Pameran Yang Dibuat Secara Tertulis Disebut.

Setelah kegiatan pembelajaran ane ini, siswa diharapkan dapat :

  1. Memahami kerangka penulisan proposal kegiatan pameran
  2. Menyusun dan membuat proposal yang baik sehingga dapat tercapainya tujuan untuk menyelenggarakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi.

B. Uraian Materi

Perencanaan Pameran


Perencanaan pameran tidak bisa dilepaskan dengan sumber daya manusia dalam hal ini kepanitiaan. Penyusunan struktur organisasi kepanitiaan pameran disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, situasi, dan kondisi sekolah. Pantia yang terbentuk membuat proposal kegiatan pameran dan merapatkan hal-hal yang perlu dieprsiapkan, pelaksanaan pameran, hingga evaluasi pasca pameran. Dalam kepanitiaan ini diharapkan dapat terjalin kebersamaan dan rasa tanggungjawab.


Penentuan keanggotaan kepanitiaan berdasarkan jumlah dan susunannya ditentukan oleh besar kecilnya book pekerjaan pembagian tugas kepanitiaan dalam pameran seni rupa meliputi ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara, dan seksi-seksi. Seksi-seksi dibentuk sebagai penunjang pelaksanaan pameran, diantaranya seksi kesekretariatan, seksi usaha, seksi publikasi, dan dokumentasi, seksi dekorasi dan penataan ruang, seksi stand, seksi pengumpulan dan seleksi karya. Seksi perlengkapan, seksi keamanan, serta seksi konsumsi. Seksi lain yang diperlukan dapat ditambahkan pada struktur panitia pameran sesuai kebutuhan. Untuk menjalankan tugas-tugas kepanitiaan, administrasi, rapat, dan kegiatan lainnya diperlukan ruangan khusus sebagai kantor atau ruang kerja pameran.

$ads={1}

Proposal Pameran

Proposal merupakan rencana kerja / kegiatan tertulis untuk mendapatkan izin atau persetujuan.

Proposal kegiatan pameran sangat penting . Berikut adalah fungsi Proposal dalam pameran :

  1. sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pameran.
  2. untuk mencari dana dari berbagai pihak [sponsorship] untuk membantu kelancaran penyelenggaraan pameran.
  3. Proposal dibuat untuk kepentingan mendapatkan izin kegiatan dari pihak sekolah atau keamanan,
  4. Untuk pencarian sponsor,
  5. Sebagai informasi bagi orangtua siswa, informasi bagi pers, dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra kerja penyelenggaraan pameran.
Baca :   Ciri Ciri Musik Keroncong

Karena kepentingan di atas maka kualitas penulisan dan tampilan proposal pameran diusahakan seoptimal mungkin, untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai kalangan.

Sistematika isi proposal secara umum meliputi :

  1. latar belakang,
  2. tema,
  3. nama kegiatan,
  4. landasan atau dasar penyelenggaraan,
  5. tujuan kegiatan,
  6. susunan panitia,
  7. anggaran biaya,
  8. jadwal kegiatan,
  9. ketentuan sponsorship, dan lain-lain.

Contoh Proposal Pameran

C. Rangkuman

Salah satu tahapan dalam perencanaan pameran adalah membuat proposal. Proposal pameran merupakan rencana kerja untuk mendapatkan persetujuan tentang kegiatan sebuah pameran karya seni. Proposal ini dapat digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pameran. Secara umum, sistematika isi proposal mencakup : latar belakang, tema, tujuan, dasar pemikiran, susunan kepanitiaan, peserta, jenis karya, jadwal kegiatan, anggaran biaya, ketentuan sponsorship dan lain-lain. Penulisan dan tampilan proposal pameran sebaiknya dibuat sebaik mungkin untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai kalangan.

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa mampu menganalisis tentang perencanaan pameran seperti pembentukkan kepanitian dan pembuatan proposal pameran seni rupa. Menumbuhkan rasa menghargai terhadap karya orang lain dan menumbuhkan sikap bekerjasama.

$ads={1}

B. Uraian Materi

Pengertian Pameran


Pada dasarnya pameran merupakan suatu kegiataan penampilan dalam rangka memperkenalkan barang, jasa, atau prestasi kepada publik. Penyelenggaraan pameran selain sebagai media informasi dan komunikasi, juga dapat membangkitkan motivasi pengunjung untuk mengambil hal-hal yang bermanfaat. Terkait dengan karya seni, secara umum pengertian pameran adalah wujud akhir dari hasil olah seni yang disuguhkan kepada masyarakat umum.


Gambar Suasana pameran seni rupa


Penyelenggaraan pameran melibatkan banyak orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam satu koordinasi. Untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan perencanaan yang matang dari aspek teknis maupun non teknis, serta program kerja yang cermat, teliti dan terarah sesuai tujuan dan tema pameran.


Gambar brandish pameran seni rupa

Kepanitian Pameran


Sebelum menyelenggarakan pameran seni rupa di sekolah, kita perlu membuat perencanaan terlebih dahulu. Pertama harus membentuk panitia pameran dengan menerapkan sikap profesional. Sebagai contoh siswa yang mempunyai bakat seni rupa dapat dijadikan penyeleksi karya, sepeti lukisan, desain, patung dan seni kriya. Setiap siswa diharapkan menempati posisi sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya agar pameran seni rupa terkelola dan terlaksana dengan baik dan behasil.

Baca :   Contoh Asam Lemah Dan Basa Lemah


Begitu pula dengan posisi ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lainnya. Sebaiknya dibentuk tim kerja pembuatan proposal pameran, tema pameran, tujuan pameran, kurator pameran dan lain-lain. Struktur kepanitaan pameran seni rupa di sekolah, sebagai berikut.


Susunan Panitia Pameran Kelas

  1. Pembina

  2. Penanggung jawab

  3. Ketua Pelaksana

  4. Wakil Ketua

  5. Sekretaris

  6. Bendahara

  7. Seksi – Seksi

    • Seksi Acara

    • Seksi Publikasi dan Dokumentasi

    • Seksi Dekorasi dan Penata Ruang

    • Seksi Stand

    • Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya

    • Seksi Perlengkapan

    • Seksi Keamanan

    • Seksi Konsumsi

    • Keterangan :

      • Pembina : Kepala sekolah

      • Penanggung jawab : Guru bidang studi kesenian

      • Ketua : Bertugas sebagai koordinator dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pameran secara keseluruhan, bisa dipilih dari siswa yang memiliki pengaruh dan memiliki jiwa tangungjawab yang besar, ini karena harus berani melimpahkan sebagian kewenangannya sebagai perencana dan pengontrol segala kegiatan.

      • Wakil Ketua : Tugasnya mewakili tugas ketua bila berhalangan atau diadakan pembagian tugas dengan ketua. keduanya sama-sama memegang tanggungjawab.

      • Sekretaris : Membuat perencanaan, jadwal kegiatan dan pembagian waktu yang dikoordinasikan dengan seksi-seksi, membuat undangan, laporan, serta membuat arsip, dan mendokumentasikan segalakegiatan dalam bentuk tertulis dari awal sampai akhir kegiatan.

      • Bendahara : Bertugas membuat perencanaan keuangan, mencatat keuangan, membelanjakan uang, dan membuat laporan keuangan.

      • Seksi-seksi : Tugas seksi sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing, usahakan mencari seksi yang cakap, profesional dan memiliki tanggung jawab.


Gambar pengunjung pameran seni rupa

Proposal Pameran


Banyak format penulisan proposal yang dapat digunakan, namun pada hakekatnya inti dari proposal ialah latar belakang pameran, dasar acuan kegiatan pameran, tujuan pameran, hasil dan dampak pameran yang diharapkan, tema pameran, waku dan tempat, anggaran biaya, tata tertib dan lain-lain.


Gambar contoh sampul proposal pameran seni rupa


Umumnya proposal pameran di sekolah dibuat untuk mendapatkan izin kegiatan dari pihak sekolah, pencarian sponsor, informasi bagi orang tua siswa, informasi bagi pers dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra penyelenggaraan pameran. Kualitas penulisan dan tampilan suatu proposal pameran diusahakan seoptimal mungkin untuk mendapatkan simpati dan dukungan berbagai pihak.

Baca :   Daerah Yang Dibatasi Oleh Sisi Sisi Bangun Datar Disebut

C. Rangkuman


Kegiatan pameran seni rupa di sekolah merupakan proses pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berapresiasi, berorganisasi, dan memotivasi berkarya kreatif . Pameran seni rupa diselenggarakan sebagai bentuk akhir dari aktivitas berkreasi, untuk itu di perlukan kepanitian pameran. Pembuatan proposal pameran bertujuan untuk pengajuan perizinan dan pengajuan kepada sponsor. Dengan kegiatan pameran diharapkan siswa mampu menghargai keberagaman kaidah artistik dan nilai-nilai keindahan karya seni.

Video yang berhubungan

Sebuah perencanaan pameran yang dibuat secara tertulis di sebut....

Lihat Foto

Suasana pengunjung Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional yang bertajuk Lini Transisi di Galeri Nasional, Djakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pameran yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud itu akan berlangsung hingga 31 Agustus 2019.

KOMPAS.com
– Dalam membuat rencana sebuah pameran perlu dirancang secara sistematis dan logis. Tujuannya agar pada waktu pelaksanaan pameran berjalan lancar.

Tanpa perencanaan yang sistematis, sebuah pameran tidak dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Perencanaan pameran seni rupa

Rencana kegiatan panitia pameran dari awal sampai akhir tertuang dalam sebuah rumusan yang disebut proposal.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan Republik Republic of indonesia, berikut ini tahapan umum dalam perencanaan panyelenggaraan pameran seni rupa:

  1. Menentukan tujuan
  2. Menentukan tema pameran
  3. Menyusun kepanitiaan
  4. Menentukan waktu dan tempat
  5. Menyusun agenda kegiatan
  6. Menyusun proposal kegiatan

Baca juga: Pameran Seni Rupa Orak-arik di Solo

Berikut ini penjelasan masing-masing tahapan perencanaan pameran seni rupa:

Langkah awal yang harus diperhatikan dalam menyusun program pameran adalah menetapkan tujuan pameran terlebih dahulu.

Tujuan penyelenggaraan pameran bisa bermacam-macam, antara lain untuk tujuan komersial, sosial atau kemanusiaan.

Untuk penyelenggaraan pameran seni rupa di sekolah, siswa dapat mendiskusikan dengan guru dan teman mengenai tujuan kegiatan pameran yang akan diadakan.

Tema pameran ditentukan setelah tujuan pameran dirumuskan. Penentuan tema berfungsi untuk memperjelas tujuan yang akan dicapai.

Dengan adanya tema dapat memperjelas misi pameran yang akan dilaksanakan.

Baca juga: Pameran Seni Rupa: Perempuan di Borobudur

Sebuah Perencanaan Pameran Yang Dibuat Secara Tertulis Disebut

Source: https://toptenid.com/sebuah-perencanaan-pameran-yang-dibuat-secara-tertulis-di-sebut

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …