Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Dalam Air Disebabkan Oleh

KlikBelajar.com – Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Dalam Air Disebabkan Oleh

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan “Sebuah drum besi dapat
mengapung
di dalam air disebabkan oleh?” Kalian pasti sering melihat fenomena ini, sebuah di drum yang berada di dalam air bisa mengambang atau terapung. Padahal, drum itu terbuat dari besi, yang mana kita tahu bahwa besi itu pasti tenggelam di dalam air.

Lantas, mengapa drum tersebut tidak tenggelam? Kamu tidak usah heran, semua ada penjelasannya penyebab sehingga drum dapat mengapung. Ada kok benda yang lebih besar dari drum dan terbuat dari besi tetapi dapat mengapung di air, benda itu adalah kapal laut. Hampir seluruh badan kapal laut terbuat dari besi dengan massa puluhan ribu ton, tetapi ia dapat mengapung.

Beda halnya ketika kita melembar sendok ke dalam air, pasti sendok tersebut akan tenggelam. Lantas, mengapa sendok tenggelam sedangkan drum tidak? Padahal, keduanya terbuat dari besi? Penting diketahui, meskipun keduanya sama-sama terbuat dari besi, tetapi ada perbedaan yang sangat mendasar di antara keduanya.

Nah, berikut ini akan kami berikan alasan yang menyebabkan sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air. Semoga setelah membaca uraian ini, kalian tidak bingung lagi dengan fenomena tersebut.


Baca Juga:

  • Prinsip pada Bioteknologi adalah

Yuk, berikut ini pembahasannya…

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air. Menurut hukum Archimedes, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi pada sebuah benda yang berada di dalam air, yaitu sebagai berikut:

  • Benda akan terapung apabila massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air.
  • Benda akan melayang apabila massa jenis benda sama dengan massa jenis air
  • Benda akan tenggelam apabila massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air

Pada kasus drum besi yang berada di dalam air, ada tiga massa jenis yang terlibat, antara lain:

  • Massa jenis besi sebesar 7850 kg/m3
  • Massa jenis air 1000 kg/m3
  • Massa jenis udara 1,2 kg/m3
Baca :   Berikut Ini Yang Merupakan Besaran Skalar Adalah

Meskipun, drum terbuat dari besi yang memiliki massa jenis lebih besar daripada air, tetapi massa jenis besi berubah menjadi lebih kecil daripada air karena telah bergabung dengan massa jenis udara. Ruang di dalam drum telah terisi udara yang menyebabkan seluruh massa jenis drum lebih kecil daripada air.

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh A. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air B. Massa jenis seluruh drum lebih besar daripada massa jenis air C. Massa jenis bahan pembuat drum lebih kecil daripada massa jenis air D. Massa jenis bahan pembuat drum lebih besar daripada massa jenis air Jawaban: A. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air

Demikianlah jawaban dari pertanyaan
Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh. Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


[Jawaban] Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh?

2020-02-09T08:04:00-08:00 Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Author Ilmusiana

sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh gaya Archimedes. Dengan adanya udara di dalam drum menyebabkan massa jenis seluruh drum lebih kecil dibanding massa jenis air.

Contoh benda yang biasanya terbuat dari drum besi kosong yang disusun dan diikat dengan kuat adalah jembatan ponton. Jembatan ponton ini biasanya digunakan sebagai jembatan penyebrangan.

Bunyi hukum archimedes yaitu: “Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya”.

Berdasarkan hukum archimedes, apabila benda dicelupkan dalam zat cair yang terjadi adalah sebagai berikut:

Mengapung terjadi jika massa jenis benda lebih kecil dibanding massa jenis zat cair. Pada saat terjadi keseimbangan, gaya angkat mempunyai nilai sama dengan berat benda.

Baca :   Pasangan Senyawa Dibawah Ini Yang Keduanya Merupakan Senyawa Ion Adalah

Melayang terjadi karena nilai massa jenis benda sama dengan massa jenis zat. Gaya angkat zat cair sama atau hampir sama dengan berat bendanya.

Tenggelam terjadi karena massa jenis benda lebih besar dibanding massa jenis zat cair. Gaya apung yang diberikan zat cair lebih kecil dibanding berat benda.

Adapun penerapan Hukum Archimedes yang lain yaitu sebagai berikut:

Hidrometer adalah alat untuk mengukur massa jenis zat cair. Alat ini berbentuk tabung yang berisi pemberat dan ruang udara sehingga akan terapung tegak dan stabil seketika.

Drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh adanya dalam kapal selam terdapat tangki yang jika terisi udara ia dapat mengapung di permukaan air. Ketika kapal dimasukkan ke dalam air, tangki akan terisi air sehingga kapal dapat menyelam.

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh?

  1. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air
  2. Massa jenis seluruh drum lebih besar daripada massa jenis air
  3. Massa jenis bahan pembuat drum lebih kecil dari pada massa jenis udara
  4. Massa jenis bahan pembuat drum lebh besar daripada massa jenis air
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Teknologi yang tidak menggunakan prinsip Archimedes adalah?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Adik-adik, materi kita kali ini akan membahas tentang fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari, yaitu terapungnya drum besi ketika berada di dalam air.

Fenomena ini tentu saja membuat orang penasaran sebab sebagaimana yang diketahui besi sangat mudah tenggelam dalam air.

Coba saja kalian lemparkan sendok ke dalam air dan lihat apa yang terjadi? Pasti sendok tersebut akan langsung tenggelam ke dasar air.

Baca :   Bentuk Molekul Gas Metana Ch4 Adalah

Namun, kenapa hal itu tidak terjadi pada drum besi? Apalagi, drum itu memiliki berat yang jauh lebih besar daripada sendok?

Nah, ternyata fisika memiliki penjelasan khusus terkait fenomena tersebut. Setelah membaca penjelasan ini, kalian pasti tidak akan heran lagi.

Baiklah, kakak mulai saja uraiannya…

Untuk diketahui, sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air.

Kecilnya massa jenis drum itu terjadi karena sebagian besar rongganya terisi oleh udara, akibatnya volume udara menjadi lebih dominan.

Dominasi udara itulah yang akhirnya membuat drum terapung di dalam air karena massa jenis udara (1,225 kg/m3) jauh lebih kecil daripada massa jenis air (997 kg/m3).

Beda halnya dengan contoh sendok di awal, keseluruhan tubuh sendok didominasi oleh besi sehingga tenggelam di dalam air karena massa jenis besi (7850 kg/m3) jauh lebih besar daripada air.

Berdasarkan teori Archimedes, massa jenis menjadi faktor penentu apakah suatu benda terapung, melayang, atau tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Berikut ini ketentuannya:

  • Terapung, jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air.
  • Melayang, jika massa jenis benda mendekati atau sama dengan massa jenis air.
  • Tenggelam, jika massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air.

Jadi, sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air.

Gimana adik-adik, udah tahu kan penyebab mengapa sehingga drum dapat mengapung di dalam air meskipun terbuat dari besi? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


Penyebab Sebuah Drum Besi dapat Mengapung di Dalam Air

2021-04-06T21:43:00-07:00 Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Afdan Fisika

Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Dalam Air Disebabkan Oleh

Sumber: https://memperoleh.com/sebuah-drum-besi-mengapung-di-dalam-air-disebabkan-oleh

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …