Rumus massa jenis menyatakan perbandingan antara massa benda (m) dengan volume benda (v). Simbol massa jenis dinyatakan dalam ρ (dibaca: rho) dengan satuan gr/cm3
atau kgm3.

Adanya zat dengan massa jenis berbeda terlihat pada pencampuran air dan minyak, di mana kedua zat tersebut tidak dapat bercampur dengan posisi minyak di atas air. Kondisi tersebut terjadi karena minyak memiliki massa jenis lebih kecil dibanding massa jenis air. Diketahui bahwa massa jenis minyak sama dengan ρminyak = 0,8 gr/cm3, sedangkan massa jenis air sama dengan ρair = 1 gr/cm3.

Fenomena lainnya yang memanfaatkan pengetahuan tentang massa jenis adalah kapal layar yang dapat mengapung di air. Perhatikan sebuah kapal dengan berat lebih dari 1.000 kg dapat mengapung di air. Sedangkan batu dengan berat kurang dari 1 kg akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Mengapa hal ini bisa terjadi?
Penjelasannya dapat dijawab melalui adanya gaya ke atas yang bekerja pada benda dan massa jenis benda. Sistem pada kapal layar dapat mengapung di air karena dibuat sedemikian sehingga memiliki massa jenis yang lebih kecil dari massa jenis air laut. Sedangkan batu dengan massa lebih kecil dari kapal akan tenggelam di air karena memiliki nilai massa jenis yang lebih besar dari air.

Melalui halaman ini, sobat idschool akan mempelajari mempelajari materi massa jenis yang meliputi pengertian massa jenis, rumus massa jenis, dan contoh soal massa jenis beserta pembahasannya. Simak ulasan terkait massa jenis tersebut pada ulasan materi di bawah.

Table of Contents

  • Pengertian Massa Jenis Zat Cair
  • Rumus Massa Jenis, Massa, dan Volume
  • Contoh Soal Massa Jenis dan Pembahasan

    • Contoh 1: Soal Penggunaan Rumus Massa Jenis
    • Contoh 2: Soal Mencari Nilai Massa Jenis
Baca :   Alat Yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Pengertian Massa Jenis Zat Cair


Massa jenis

menunjukkan sebarapa kerapatan molekul dari suatu benda, di mana semakin rapat molekul suatu zat maka massa jenisnya semakin besar. Contohnya pada minyak dan air yang mana diketahui ρminyak < ρair. Alasannya dikarenakan interaksi antar molekul minyak lebih lemah, begitu juga dengan jarak antar molekul minyak yang relatif lebih jauh satu sama lain dibanding air. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa massa jenis benda menunjukkan tingkat kerapatan molekul benda tersebut.

Nilai massa jenis menunjukkan massa yang dimiliki benda setiap satu satuan volume. Nilai massa jenis suatu benda yang semakin tinggi menunjukkan nilai massa setiap volumenya juga semakin besar pula. Sebagai gambaran, perhatikan gambaran penjelasannya berikut.


Misalkan sebuah benda diketahui memiliki nilai volume 30 cm3
dan massa benda sama dengan 330 gram. Nilai massa jenis menyatakan massa benda untuk setiap 1 cm3. Untuk mendapat nilai massa jenis benda tersebut, sobat idschool dapat menghitungnya melalui rumus massa jenis.

Baca Juga: Konversi Satuan Volume

Rumus Massa Jenis, Massa, dan Volume

Rumus massa jenis menyatakan perbandingan antara massa dan volume suatu benda. Satuan yang digunakan untuk menyatakan satuan massa jenis adalah kg/m3
(sebagai satuan internasional yang disepakati) atau gr/cm3
(satuan cgs). Dengan satuan massa benda adalah kg (kilogram) atau gr (gram) dan satuan volume benda adalah m3
atau cm3.

Rumus massa jenis suatu benda diberikan seperti persamaan di bawah.

Rumus Massa Jenis

Baca Juga: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Contoh Soal Massa Jenis dan Pembahasan

Beberapa conoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan cara penggunaan rumus massa jenis. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhahsilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Baca :   Rumus Luas Permukaan 1 2 Bola

Contoh 1: Soal Penggunaan Rumus Massa Jenis

Sebuah gelas ukur kosong ditimbang dan bermasa 40 gram. Air raksa dimasukkan ke gelas ukur dan ditimbang sehingga diketahui memiliki massa sebesar 176 gram. Jika diketahui volume raksa adalah 10 ml maka massa jenis raksa tersebut adalah ….
A. 16,3 gram/cm3

B. 13,6 gram/cm3

C. 10,6 gram/cm3

D. 3,6 gram/cm3

Pembahasan:

Berdasarkan keterangan yang diberikan pada soal dapat diperoleh informasi-informasi seperti berikut.

  • massa gelas ukur: m1
    = 40 gram
  • massa gelas ukur + air raksa: m2
    = 176 gram
  • massa air raksa: mraksa
    = 176 ‒ 40 = 136 gram
  • volume air raksa: vraksa
    = 10 ml

Tanya: massa jenis raksa = ρ ?

Menghitung massa jenis raksa:
ρ =
m_raksa/v_raksa

ρ =
136/10
= 13,6 gram/cm3

Jadi, massa jenis raksa tersebut adalah 13,6 gram/cm3.

Jawaban: B

Baca Juga: Hukum Archimedes – Prinsip Kerja Balon Udara

Contoh 2: Soal Mencari Nilai Massa Jenis

Contoh Soal Mencari Nilai Massa Jenis Benda

Ketika batu dimasukkan ke dalam gelas berpancuran, air yang terdesak batu ke luar pipa dan ditampung pada gelas ukur. Apabila massa batu adalah 330 gram, maka massa jenisnya adalah ….
A. 3,0 gr/cm3

B. 4,1 gr/cm3

C. 6,6 gr/cm3

D. 11,0 gr/cm3

Pembahasan:

Berdasarkan keterangan yang diberikan pada soal dapat diperoleh informasi-informasi seperti berikut.

  • massa batu: m_batu = 330 gram
  • volume batu = air yang keluar dari gelas berpancuran
    v_batu = 30 ml = 30 cm3

Tanya: ρ?

Menghitung massa jenis batu:
ρbatu =
m_batu/v_batu

ρbatu =
330/30
= 11 gr/cm3

Jadi, maka massa jenis batu sama dengan ρbatu
= 11,0 gr/cm3.

Jawaban: D

Demikianlah tadi ulasan materi terkait rumus massa jenis zat suatu benda yang meliputi pengertian massa jenis benda serta rumus massa jenis, massa, dan volume dari suatu benda. Dilengkapi juga contoh soal massa jenis suatu benda beserta dengan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca :   Materi Digolongkan Menjadi Dua Golongan Yaitu

Baca Juga: Contoh Penerapan Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari – hari