Pohon Yg Akarnya Tidak Merusak Bangunan

Pohon Yg Akarnya Tidak Merusak Bangunan

Halaman rumah yang asri dan ditanami pohon peneduh sangat membantu menciptakan suasana yang segar di dalam rumah dan sekitarnya. Udara yang berhembus juga terasa lebih sejuk karena hawa panas ditahan oleh pohon-pohon peneduh tersebut.

Sayangnya, terkadang akar pohon yang dijadikan sebagai peneduh justru merambat ke arah pondasi rumah dan merusaknya. Akibatnya, pohon tersebut harus ditebang sebelum semakin bertambah kerusakan yang disebabkan oleh pohon peneduh tersebut.

Jenis Pohon Peneduh Yang Akarnya Tidak Merusak Pondasi Rumah

Ada beberapa jenis pohon peneduh yang akarnya tidak merambat ke samping sehingga merusak pondasi rumah. Jika Anda penasaran ingin mengetahui pohon apakah itu? Yuk simak ulasannya.

1. Pohon Buah Mangga

Pohon Mangga (Source : twitter.com/kinosukina)

Pohon buah mangga termasuk salah satu pohon peneduh yang sudah familiar di mata masyarakat. Tidak sulit untuk menemukan rumah yang halamannya ditanami pohon mangga. Selain membantu menyejukkan suhu udara di sekitarnya, buah mangga juga enak dimakan.

Menanam pohon mangga sebagai pohon peneduh tidak akan merusak pondasi rumah. Pasalnya, akar dari pohon mangga lebih merambat ke bawah dibandingkan merambat ke samping.

Baca :   Perpaduan Warna Cat Rumah Bagian Luar

Cabang pohon buah ini cenderung melebar ke samping secara horizontal. Sehingga, cabang tersebut lebih melindungi area sekitarnya dan menjadikan udaranya terasa sejuk.

2. Pohon Beringin

Pohon Beringin
Pohon Beringin (Source : dekoruma.com)

Beringin atau waringin adalah tanaman asli dari Benua Asia dan Australia. Biasanya keberadaan pohon beringin di halaman dapat mengundang kedatangan burung yang menyukai buahnya. Buah pohon ini relatif kecil dan disukai oleh burung merpati.

Jika Anda memiliki halaman rumah yang luas, pohon beringin bisa menjadi pohon peneduh yang cocok untuk Anda tanam di halaman rumah Anda. Apalagi penempatan akarnya yang tidak biasa, yaitu akar gantung tidak akan merusak pondasi rumah Anda.

Akar yang menggantung di sekitar dahan berfungsi sebagai alat respirasi pohon. Keseluruhan dahan, akar gantung, dan daun pohon ini membentuk kubah memanjang yang akan menyejukkan area di sekitarnya.

3. Pohon Flamboyan

Pohon Flamboyan
Pohon Flamboyan (Source : greeners.co)

Pohon Flamboyan atau disebut juga dengan Pohon Semarak Api merupakan pohon pelindung yang besar dan cantik. Berbeda dengan Pohon Beringin yang terkesan suram, Pohon Flamboyan terlihat sangat cantik karena memiliki bunga berwarna merah atau orens cerah yang indah dengan mahkota berbentuk seperti cakar unggas.

Pohon Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti payung atau kanopi dan dapat mencapai ketinggian 9–15 m. Dengan bentuk pohon yang demikian dan ditambah dengan keindahan bunga-bunganya, tidak heran pohon ini dinamakan juga dengan Pohon Semarak Api.

Pohon peneduh ini cocok ditanam di halaman depan rumah Anda yang luas karena akan memberikan pemandangan yang indah sepanjang hari dan akarnya tidak merusak pondasi rumah.

4. Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya
Pohon Tabebuya (Source : rimbakita.com)

Pohon peneduh yang cantik lainnya adalah Pohon Tabebuya. Pohon ini pernah viral karena pernah memperindah sepanjang jalan di Surabaya. Pohon ini memiliki berbagai varietas yang dicirikan oleh warna bunga yang berbeda, yaitu merah, merah muda, putih, kuning, kuning jingga, magenta, dan plum.

Baca :   Cara Membuat Aquascape Air Tawar Sederhana

Di Indonesia sendiri, yang paling banyak ditemukan adalah Pohon Tabebuya dengan bunga berwarna kuning. Disebut juga dengan pohon bunga terompet.

Pohon yang digadang-gadang bisa menjadi saingan pohon sakura ini dapat tumbuh hingga mencapai 8 meter. Selain teduh, indah dan akarnya tidak merusak pondasi rumah, yang terpenting juga adalah daunnya tidak mudah rontok. Jadi, Anda tidak repot harus selalu menyapu halaman. Pohon Tabebuya cocok melengkapi koleksi taman di rumah Anda.

5. Pohon Bungur

Pohon Bungur
Pohon Bungur (Source : solopos.com)

Pohon Bungur adalah salah satu tanaman perdu yang cocok dijadikan sebagai pohon pelindung. Pohon yang banyak tumbuh secara liar di tepi sungai ini sering sengaja ditanam di pinggir jalan raya. Tidak hanya membuat suasana di sekitarnya menjadi sejuk, pohon ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari bunga berwarna merah muda yang ia hasilkan.

Pohon Bungur cocok ditanam sebagai peneduh di halaman rumah karena akarnya tidak merusak pondasi rumah. Perawatannya pun cenderung mudah dan murah.

6. Pohon Pucuk Merah


Pohon Pucuk Merah
Pohon Pucuk Merah (Source : https://www.greeners.co)

Pohon Pucuk Merah memiliki daun yang berwarna kemerahan dan akan menjadi hijau seiring dengan bertambahnya usia pohon. Pohon Pucuk Merah ini memiliki bunga dan tunas daun menyerupai Pohon Cengkeh. Umumnya pohon ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan kantor karena akarnya yang tidak merusak pondasi dan bisa berfungsi sebagai filter polusi udara.

Walaupun Pohon Pucuk Merah hanya bisa tumbuh dengan tinggi maksimal 10 meter, namun pohon ini tetap bisa menciptakan suasana teduh dan sejuk di sekitar rumah Anda karena dapat menyerap gas CO2 lebih banyak. Apalagi kalau rumah Anda berada tepat di pinggir jalan yang rentan terpapar polusi udara.

7. Pohon Mahoni

Pohon Mahoni
Pohon Mahoni (Source : http://mahoganyseed.com)

Pohon Mahoni termasuk pohon besar karena dapat memiliki diameter hingga 125 cm dan tinggi pohon berkisar antara 35–40 m. Pohon ini dapat memanjakan mata Anda dengan warna hijau daunnya yang lebat.

Baca :   Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat Dan Menghasilkan Uang

Selain dapat berfungsi sebagai pohon peneduh, Pohon Mahoni juga dapat menyerap CO2 maksimal 70% di udara. Akar pohon ini dapat mengikat air tanah sehingga cocok ditanam di daerah yang rentan kekurangan air dan tidak merusak pondasi rumah.

Itulah ulasan tentang beberapa pohon peneduh yang akarnya tidak merusak pondasi rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan akan menanam pohon apa di halaman rumah Anda.

Pohon Yg Akarnya Tidak Merusak Bangunan

Source: https://lacakharga.com/blog/pohon-peneduh-yang-akarnya-tidak-merusak-pondasi-rumah/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …