Plastik Yang Digosokkan Pada Kain Wol Akan Bermuatan Negatif Karena

KlikBelajar.com – Plastik Yang Digosokkan Pada Kain Wol Akan Bermuatan Negatif Karena

Jawaban A. negatif, muatan negatif dari kain wol berpindah ke plastik

Pembahasan: Listrik statis adalah fenomena kelistrikan dimana listrik tidak bergerak membentuk arus listrik. Fenomena ini terjadi akibat sentuhan, gesekan atau kontak suatu benda dengan benda lain. Ini terjadi akibat perpindahan elektron (muatan negatif) dari atau ke benda tersebut.   Bila elektron berpindah dari benda, benda akan menjadi bermuatan positif karena kekurangan elektron, sebaliknya, bila elektron berpindah ke benda, benda akan menjadi bermuatan negatif karena kelebihan elektron. Fenomena listrik statis dapat terlihat saat plastik seperti penggaris digosok dengan kain. Kain dari bahan serat hewani seperti kain wol memiliki sifat atau berkecenderungan untuk melepaskan elektron ketika bersentuhan dengan bahan yang terbuat dari plastik. Saat kita menggosok kain wool dengan penggaris plastik, di mana penggaris plastik akan menjadi bermuatan negatif, sementara kain wol akan bermuatan positif, akibat dari perpindahan elektron menuju penggaris ini. Sifat listrik statis yang bermuatan negatif di penggaris ini akan menarik benda yang bermuatan lebih positif, seperti potongan kertas. Namun saat kondisi lembab, akan ada uap air di udara yang mengumpul pada permukaan benda, dan ini dapat menghambat terbentuknya muatan listrik. Sehingga, muatan listrik yang saling tarik menarik tidak ada.

sukses salalu dek, Jangan lupa bintang 5 dek terima kasih 🙂


Daftar Isi:

Baca :   Contoh Soal Fungsi Komposisi Dan Invers

Page 2

Qanda teacher – RahmatNCRE

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sebuah penggaris plastik yang digosokkan pada kain wol akan bermuatan… karena negatif, muatan negatif dari kain wol berpindah ke plastik.
Mengapa sisir plastik yang di gosokkan dengan kain wol menjadi bermuatan negatif Karena saat sisir plastik digosokan di wol, elektron yang berada di wol pindah ke sisir plastik yang menyebabkan elektron pada sisir plastik lebih banyak dari proton dan neutron sehingga bermuatan negatif. perpindahan elektron wol ke batang plastik dan kaca ke kain sutera    Penggaris plastik yang digosokkan pada rambut menjadi bermuatan listrik karena elektron dari rambut berpindah ke penggaris plastik, sehingga

Mengapa penggaris plastik digosok kain wol?

Ketika penggaris plastik digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron.

Mengapa sebuah penggaris plastik yang digosokan pada kain wol akan bermuatan negatif?

Sebuah penggaris plastik yang digosokan pada kain wol akan bermuatan “ negatif ” karena “ elektron yang bermuatan negatif akan berpindah dari kain wol ke penggaris plastik. Kelebihan elektron ini menjadikan penggaris bermuatan negatif ”

Mengapa penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas kecil?

Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas-kertas kecil. Serpihan kertas kecil dapat ditarik penggaris plastik yang telah bermuatan listrik negatif, karena kertas kecil yang netral itu terinduksi oleh muatan negatif dari mistar plastik.

Mengapa kain sutra digunakan untuk menggosok penggaris plastik?

Kain sutra yang digosokkan pada batang kaca. Karena elektron dari batang kaca akan pindah ke kain sutera sehingga batang kaca akan mempunyai muatan yang positif dan mempunyai muatan negatif juga. Maka akan terjadi reaksi tarik menarik antara kedua benda tersebut. Kain wol dapat bermuatan positif jika digunakan untuk menggosok penggaris plastik.

Baca :   Tabel Berikut Menunjukkan Kecepatan Empat Merek Printer

Mengapa penggaris plastik digosok kain wol akan bermuatan negatif brainly?

Ketika mistar plastik digosok dengan kain wol maka plastik akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif, karena elektron dari kain wol berpindah ke mistar plastik.

Mengapa penggaris plastik menjadi bermuatan negatif?

Penggaris plastik yang digosokkan pada rambut menjadi bermuatan listrik karena elektron dari rambut berpindah ke penggaris plastik, sehingga penggaris plastik kelebihan elektron. Akhirnya penggaris plastik tersebut menjadi bermuatan negatif.

Mengapa penggaris plastik digosok dengan kain wol menjadi bermuatan listrik negatif sedangkan batang kaca digosok dengan kain sutera menjadi bermuatan listrik positif?

karena elektron dr wol berpindah ke plastik

Apakah kain wol bermuatan negatif?

Ini dapat diamati saat kita menggosok kain wool dengan mistar plastik, dimana mistar plastik akan menjadi bermuatan negatif, sementara kain wol akan bermuatan positif, akibat dari perpindahan elektron menuju penggaris ini.

Jika penggaris plastik digosokkan dengan kain wol elektron akan berpindah dari ke dan plastik akan bermuatan apa?

Ini terjadi akibat perpindahan elektron (muatan negatif) dari atau ke benda tersebut. Saat kita menggosok kain wool dengan penggaris plastik, di mana penggaris plastik akan menjadi bermuatan negatif, sementara kain wol akan bermuatan positif, akibat dari perpindahan elektron menuju penggaris ini.

Apakah penggaris bermuatan negatif?

Benda yang memiliki jumlah muatan positif dan negatif yang sama ini disebut benda yang netral, teman-teman. Nah, awalnya, sisir plastik atau penggaris plastik juga merupakan benda yang bermuatan listrik netral.

Apa yang dimaksud dengan benda bermuatan negatif?

2. Benda Bermuatan – Bermuatan listrik negatif apabila mempunyai jumlah elektron yang lebih banyak dari pada jumlah proton (pada benda terjadi kekurangan kekurangan elektron) – Bermuatan listrik positif apabila mempunyai jumah proton yang lebih banyak daripada jumlah elektronnya (pada benda terjadi kelebihan eektron).

Baca :   Gambar Sudut 30 135 Dan 270

Apakah kain wol penggosokan juga bermuatan listrik?

Salah satu cara untuk memberi muatan listrik pada benda adalah dengan cara digosok. Sisir plastik digosok dengan kain wol, maka elektron dari kain wol berpindah ke sisir plastik, sehingga sisir plastrik menjadi bermuatan negatif, dan kain wol menjadi bermuatan positif.

Apa perbedaan antara benda bermuatan positif dan benda bermuatan negatif?

Jika proton dan elektron dalam jumlah yang sama, maka benda dikatakan bermuatan netral. Benda dikatakan bermuatan negatif jika jumlah elektron lebih besar dibandingkan proton. Sedangkan benda dikatakan bermuatan positif jika jumlah proton lebih besar dibandingkan elektron.

Mengapa penggaris plastik digosok kain wol?

Ketika penggaris plastik digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron.

Mengapa penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas kecil?

Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas-kertas kecil. Serpihan kertas kecil dapat ditarik penggaris plastik yang telah bermuatan listrik negatif, karena kertas kecil yang netral itu terinduksi oleh muatan negatif dari mistar plastik.

Mengapa kain wol bermuatan negatif?

Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron. Pindahnya elektron pada kain wol mengakibatkan kain wol kekurangan elektron sehingga kain wol bermuatan positif.

Plastik Yang Digosokkan Pada Kain Wol Akan Bermuatan Negatif Karena

Sumber: https://lovelyristin.com/apa-yang-terjadi-pada-sebuah-penggaris-plastik-yang-digosokkan-pada-kain-wol

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …