Plastik Yang Digosok Dengan Rambut Kering Bermuatan

KlikBelajar.com – Plastik Yang Digosok Dengan Rambut Kering Bermuatan


Jelaskan saklar mana yang harus diputus/disambung jika ada lampu yang tetap menyala/padam!​


Komponen pendukung kehidupan yang sangat penting adalah air, Air dibumi terdapat pada bagian ……​


Lapisan yang memiliki ketinggian 85-500 dan memiliki suhu yang sangat panas,serta berfungsi melindungi bumi dari radiasi ultraviolet adalah lapisan .. …

…..​


Lapisan bumi tempat berlangsungnya aktivitas manusia seperti bekerja bermain dan lainnya berada pada lapisan ………ngasal report​


Pelat aluminium berbentuk persegi memiliki Sisi 20 cm pads suhu 25 C. Koefisien muai panjang aluminium 1,2×10-5/C.Tentukan pertambahan lucas pelat alu …

munium saat dipanasi sampai suhu menjadi 125 C? Tolong Bantu jawab, terimakasih


1. Istilah lain dari panas adalah …. 2. Sebutkan 5 benda yang mengandung energi kimia. 3. Sebutkan 5 benda yang menghasilkan energi panas.


Menurutmu manakah tahapan dari siklus air yang melepas energi panas ? jelaskan!​


1 b menurutmu manakah tahapan dari siklus air yang menyerap energi panas? jelaskan!​


buah apa yang luar coklat namun dalamnya hijau dan terdapat biji kecil di tengahnya​


Tuliskan Massa /berat pada 3 benda wujud padat , cair gas​

Muatan listrik statis pada benda
– Sisir dan mistar plastik dapat menarik sobekan kertas kecil setelah kita gosokkan pada rambut kering. Fakta ini adalah satu contoh gejala listrik statis dalam kehidupan srhari-hari. Anda dapat mencari contoh-contoh lain dari

gejala listrik statis
.

Model atom (pixabay.com)

Sisir atau pun mistar plastik dapat menarik benda lain karena telah bermuatan listrik. Menggosok dengan benda lain adalah salah satu cara untuk memberi

muatan listrik

pada benda.

Setiap benda terdiri atas atom. Atom merupakan bagian terkecil penyusun benda. Atom penyusun benda terdiri dari inti atom yang bermuatan positif (+) dan dikelilingi oleh elektron atau muatan negatif (-).

A.Jenis muatan listrik

Jika kita simak pembahasan diatas maka

jenis muatan listrik

terbagi 2, yaitu bermuatan positif dan bermuatan negatif.

#Benda dikatakan bermuatan listrik positif apabila mengalami kekurangan muatan listrik negatif (elektron).

#Benda dikatakan bermuatan negatif apabila mengalami kelebihan elektron.

Kelebihan atau kekurangan elektron pada benda terjadi karena elektron dapat berpindah. Contohnya pada sisir plastik atau mistar plastik. Sisir plastik dapat menarik sobekan kertas kecil karena telah bermuatan listrik negatif.

Saat digosok dengan rambut kering, elektron pada rambut kering berpindah pada sisir atau mistar. Akibatnya sisir atau mistar kelebihan elektron, sedangkan rambut mengalami kekurangan elektron.

B.Interaksi muatan listrik

Interaksi muatan listrik terbagi 2, tarik-menarik dan tolak-menolak.

#tarik-menarik

Interaksi muatan listrik tarik-menarik akan terjadi apabila didekatkan dua benda bermuatan listrik berbeda. Benda yang bermuatan listrik positif didekatkan dengan benda yang bermuatan listrik negatif akan saling tarik menarik.

Contohnya, sisir plastik yang bermuatan listrik negatif setelah digosok dengan rambut kering, didekatkan dengan batang kaca yang bermuatan positif setelah digosok dengan kain sutera, akan terjadi interaksi tarik menarik.

Baca :   Sebuah Gelombang Transversal Memiliki Frekuensi Sebesar 0.25 Hz

#tolak-menolak

Interaksi muatan listrik tolak-menolak akan terjadi apabila didekatkan dua benda dengan muatan listrik yang sama, yaitu sama bermuatan positif atau sama bermuatan negatif.

C.Deret tribolistrik


Deret tribolistrik

adalah urutan deret benda yang akan bermuatan listrik negatif bila digosok dengan sembarang benda di atasnya dan akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan benda di bawahnya.

Deret tribolistrik berguna untuk mengetahui gejala listrik statis pada benda.

Ada 14 macam benda dalam Deret Tribolistrik, yaitu:

1.Bulu kelinci

2.Gelas (kaca)

3.Mika (plastik)

4.Wol

5.Bulu kucing

6.Sutera

7.Kapas

8.Kayu

9.Batu ambar

10.Damar

11.Logam (Cu, Ni, Ag)

12.Belerang

13.Logam (Pt, Au)

14.Selenoid.

Contoh: Mika plastik (nomor 3) digosok dengan Bulu kelinci (nomor 1) yang berada di atasnya, maka Mika plastik akan bermuatan listrik negatif, sedangkan bulu kelinci akan bermuatan listrik positif.

Nah, artikel selanjutnya akan dibahas

Hukum Coulomb

yang menyatakan gaya interaksi muatan listrik statis. Sampai jumpa.***

Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan




Pernahkah Anda menggosokkan sisir plastik pada rambut kering?




Apa yang akan terjadi jika penggaris tersebut didekatkan pada potongan kertas kecil-kecil?



Potongan kertas tersebut tentu akan tertarik oleh sisir plastik tadi.



Mengapa hal itu bisa terjadi?



Gejala kelistrikan seperti inilah yang disebut listrik statis atau listrik tidak mengalir., “Gejala listrik statis pertama kali ditemukan oleh orang Yunani, yaitu ketika mereka mengamati peristiwa batu yang dapat menarik benda kecil dan ringan.”




Listrik statis adalah fenomena fisika yang menunjukkan adanya interaksi antara benda bermuatan listrik.



Muatan listrik bisa negatif atau positif.



Dua benda yang saling digosokkan akan mengalirkan muatan listrik dari satu benda ke benda lainnya.



Benda yang kelebihan muatan listrik disebut dengan muatan positif, sedangkan benda yang kekurangan muatan listrik disebut dengan muatan negatif.




Seperti yang sudah diketahui atom tersusun atas inti atom, neutron dan proton.



Bagian tengah atom disebut inti atom yang tersusun dari proton dan neutron.



Di luar inti atom terdapat elektron yang mengelilingi inti atom pada jarak tertentu.



Muatan listrik hanya dimiliki oleh proton dan Netron.



Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan neutron tidak bermuatan (netral).



Proton bermuatan positif, sedangkan neutron tidak bermuatan maka inti atom bermuatan positif.



Atom netral adalah atom yang memiliki jumlah proton sama dengan jumlah elektron.


Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan

Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan



Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan


Gambar. Susunan atom



Elektron yang mengitari inti atom dapat bergerak meninggalkan atom atau bergabung dengan atom lain.

Atom yang kehilangan elektron akan bermuatan positif, sedangkan atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Elektron berperan penting dalam memberikan muatan listrik. Dua buah benda yang terbuat dari bahan berbeda saling digosokkan, sejumlah elektron akan berpindah dari benda satu ke benda lainnya. Perpindahan elektron tergantung pada jenis bahan yang digosokkan. Sisir plastik yang telah digosokkan pada rambut kering dapat menarik potongan kertas kecil-kecil karena penggaris tersebut bermuatan listrik. Muatan pada sisir plastik yang digosok rambut kering adalah negatif. Saat kita menggosok sisir dengan rambut kering, elektron dari rambut kering akan pindah ke sisir plastik. Sisir menjadi kelebihan elektron sehingga sisir bermuatan negatif sedangkan rambut kering akan bermuatan positif. Selain pada sisir ketapel yang digosok pada rambut kering, lgejala listrik statis juga terjadi pada bahan lain yang digosokkan seperti yang disajikan pada tabel berikut:

Baca :   Contoh Soal Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10

Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan


Dua benda bermuatan listrik jika didekatkan akan saling memberikan gaya. Gaya tersebut berupa gaya tarik menarik atau tolak menolak. Benda yang bermuatan sama akan tolak menolak dan benda yang berbeda muatan akan tarik menarik

Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan


Gambar. Gaya listrik



“Besar gaya elektrostatis antara dua muatan listrik berbanding lurus dengan muatan masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan,” pernyataan tersebut dikenal sebagai Hulum Coloumb.
Persamaan Hukum Coloumb dituliskan



Plastik yang digosok dengan rambut kering bermuatan




Dari persamaan di atas F adalah gaya elektrostatis (N), K adalah konstanta Gaya Coloumb (9×109), q1 adalah Muatan 1 (C), q2 adalah muatan 2 (C), dan r 2merupakan jarak kedua muatan (m2)

Saat hujan turun seringkali disertai dengan kilatan cahaya dan beberapa saat kemudian terdengar suara yang menggelegar. Ya benar sekali beberapa saat dsetelah muncul kilatan cahay adalah petir. Petir adalah gejala listrik statis yang terjadi di alam. Bagaimana petir bisa terjadi?

Telah diketahui bahwa elektron berpindah dari satu benda ke benda lain, dan ada juga elektron yang diam sementara menetap pada suatu benda tertentu. Elektron diam inilah yang disebut listrik statis, sedangkan elektron yang pindah akan menimbulkan pelepasan muatan. Pelepasan muatan kadang-kadang berlangsung perlahan dan tenang, tatapi kadang-kadang juga berlangsung cepat yang disertai dengan suara kejutan, suatu percikan cahaya (disebut kilat) atau suatu bunyi ledakan yang disebut petir. Bagaimana awan di ionosfer dapat menumpuk muatan listrik statis? sebelum hujan badai titik-titik air dan partikel-partikel es berisi muatan positif dan muatan negatif sama banyak. Begitu hujan badai terjadi, rincian airair dan es dalam awan bertabrakan sehingga muatannya dipaksa berpisah. Muatan negatif turun ke dasar awan, sementara muatan positif naik ke bagian atas awan.  Saat bagian dasar awan akumulasi muatan negatif melewati gedung tinggi, ia akan menginduksi bagian atas gedung hingga muatan positif ditarik ke puncak gedung, sedangkan muatan negatif ditolak ke bawah. Karena muatan tak sejenis tarik-menarik, segera saja elektron (muatan negatif) dari awan badai melompat ke bagian atas gedung tinggi, dan dapat dikatakan gedung tersambar petir. Saat elektron melompat melalui udara, mereka menghasilkan cahay sangat kuat dan panas. Panas ini menyebabkan udara menghasilkan suara keras yang disebut petir.



Petir adalah listrik statis yang sangat berbahaya. Bangunan yang

tersambar petir tidaklah aman karena dapat terbakar. Bahkan, pemadaman bisa terjadi karena kawat transmisi atau distribusi tenaga listrik tersambar petir. Saat ada petir sebaiknya jangan berlindung di bawah pohon besar karena petirakan memilih pohon tinggi sebagi jalur untuk mengantarkan muatan negatif sampai ke tanah. Jika berlindung di bawah pohon maka akan tersambar petir.  Saat badai petir sebaiknya jangan berada diluar rumah karena ditempat luas, tubuh manusia adalah jalur terbaik untuk mengantarkan muatan negatif ke tanah.
Saat badai petir masuklah ke dalam mobil agar aman dari sambaran petir.









Seperti yang telah diketahui mobil adalah konduktor berongga dimana muatan hanya terkumpul dibagian permukaan luar mobil.
mobil dapat melindungi karena muatan negatif akan melalui logam mobil untuk sampai ke tanah.
Meskipun, kondisi di sekitar mobil basah karena hujan, roda mobil yang mengandung logam akan mengalirkan muatan negatif ke tanah.


Selain pada petir, listrik statis juga muncul saat menyetrika baju.
Sambil menunggu setrika panas gosokkan setrika pada baju yang tipis. Maka akan timbul suara gemericik dan seakan-akan baju itu tertarik oleh setrika. Mengapa hal itu bisa terjadi? apa hubungannya denga fisika dan listrik statis? Untuk menjawab pertanyaan ini perlu diperhatikan beberapa konsep, yaitu menggosok, panas, dan baju tipis. Saat menggosok baju dengan setrika ada perpindahan energi gerak yang diberikan ke baju.
Setrika yang panas akan memudahkan perpindahan muatan, sedangkan sifat atau jenis baju sangat menentukan mudah tidaknya terjadi perpindahan muatan.

Baca :   Ph Dari Larutan 0 1 M Hci


Oleh karena itu, baju yang kering akibat disetrika, akan mudah menimbulkan sifat kelistrikan begitu juga pada rambut kering bila digosok dengan sisir, maka sisir itu akan bermuatan listrik.

Mengapa harus yang kering?

Tentu karena air memiliki sifat konduktor yang kurang baik dan energi yang ditimbulkan akibat gosokan antara rambut basah dan sisir plastik akan diserap oleh air tersebut, sehingga tidak muncul gejala kelistrikannya.


Mengapa panas dapat mempengaruhi mudah tidaknya benda memperoleh muatan listrik?

Panas dapat mempermudah benda memperoleh muatan lisrik karena listrik juga dapat mengeluarkan panas sehingga antara benda panas dan listrik memiliki suhu yang sama yang dapat mempermudah benda panas memperoleh muatan listrik


Page 2

Beranda Listrik Statis Teknik Tenaga Listrik ITB Alamat BLK & BKPM Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air ( Merk Radar ) Satu Lampu 2 Saklar Persoalan Pokok Pembangkit Tenaga Listrik Kabel Listrik sebagai penghantar Arus Listrik Programmable Logic Controller ( PLC) Fiber Optik Penangkal Petir Sistem Distribusi Tenaga Listrik Sistem 3 Fasa Pengertian Proyektor Pengertian UPS Pemilihan power bank Pengertian TV Tuner Automatic Voltage Regulator Bahaya Listrik Motor Listrik AC | Satu Fasa Generator DC Motor Listrik

Beranda AL FATIHAH Dzikir Pagi Hari Dzikir Sore Hari AN NAS AL FALAQ AL IKHLAS

Beranda Imam Malik Imam Hanafi Imam Syafi’i Imam Hanbali Imam Bukhari Imam Muslim Imam Tirmizi Imam Al Baihaqi Imam An-Nawawi Syeikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Beranda Permulaan Turunnya Wahyu Iman kepada Allah Keutamaan Shalat Keutamaan Shalat Jum’at Keutamaan Ilmu

Beranda Hadits tentang Thaharah Hadits tentang Shalat Hadits tentang Zakat Hadits tentang Puasa Hadits tentang Haji Hadits tentang Makanan

Plastik Yang Digosok Dengan Rambut Kering Bermuatan

Sumber: https://idkuu.com/plastik-yang-digosok-dengan-rambut-kering-bermuatan

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …