Perunggu Adalah Suatu Logam Paduan Antara

Perunggu Adalah Suatu Logam Paduan Antara

Perunggu adalah logam campuran antara tembaga (Cu) sebagai komponen utamanya dengan jenis logam lain seperti timah (Sn). Selain dengan timah, logam lain yang dapat dicampurkan pada perunggu adalah mangan (Mn), aluminium (Al), fosfor (P), atau silikon (Si). Pada umumnya, dalam perunggu terkandung tembaga sebesar 88%, sedangkan 12%-nya adalah timah. Titik lebur perunggu beragam, tergantung dari perbandingan komponen penyusunnya. Umumnya perunggu memiliki titik lebur 950 derajat Celcius. Perunggu tidak dapat ditarik magnet, kecuali jika dalam pembuatannya diberi unsur besi atau nikel. Perunggu lebih kuat dibandingkan tembaga dan digunakan secara luas dalam industri.  Perunggu juga tahan terhadap korosi akibat air laut. Sehingga banyak digunakan sebagai kincir kapal dan bagian lain kapal yang berhubungan dengan air laut. Selain itu perunggu juga banyak digunakan dalam pembuatan prasasti, gamelan, serta medali.

Cymbal drum dari kuningan

Kuningan adalah logam paduan antara tembaga (Cu) dan seng (Zn). Perbandingan antara tembaga dan seng beragam, tergantung pada karakteristik kuningan yang ingin dihasilkan. Namun, umumnya kadar tembaga dalam kuningan antara 60-90% dari massa total. Kuningan banyak dimanfaatkan sebagai bahan dekorasi rumah karena memiliki warna yang cerah seperti emas. Selain itu kuningan juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga dan alat musik seperti terompet dan cymbal drum.

Kandungan tembaga di dalam kuningan mampu membunuh bakteri-bakteri seperti Staphylococcus aureus, E. coli, dan Pseudomonas aeruginosa dalam hitungan menit hingga jam.

Tembaga dapat membunuh mikroorganisme dengan beberapa mekanisme, antara lain:

  • merusak struktur membran sel bakteri sehingga mematikan bakteri,
  • mengganggu keseimbangan ion dalam bakteri,
  • mengganggu tekanan osmosis dalam bakteri, dan
  • membentuk senyawa hidrogen peroksida (H2O2) pada membran bakteri.

Red:

Tembaga biasanya diperoleh dari bijih senyawa sulfida,  karena jarang terdapat dalam bentuk oksida maupun karbonat. Padahal jenis yang terakhir ini memerlukan pengolahan yang sederhana yaitu hanya butuh pemanasan dengan batubara, sementara sulfida (zajat) membutuhkan pembakaran, peleburan dngan bahan peledak khusus, dan oksidasi parsial.

Tetapi di Spanyol muncul penemuan menarik bahwa bijih-bijih sulfida yang mengalami kontak dengan gelembung udara yang terdapat dalam air dapat teroksidasi sehingga membentuk sulfat yang dapat larut. “Orang-orang Moor kemudian menemukan bahwa jika air yang mengandung tembaga sulfat dialirkan pada besi, maka akan diperoleh endapan tenaga murni dan besi akan larut,”  papar al -Hassan dan Hill.

Baca :   Rumus Percepatan Pada Katrol

Di Spanyo,l besi berlimpah ruah dan amat murah. Penemuan tembaga sulfat ini memberi metode yang efisien untuk mendapatkan tembaga dari bijih sulfida, sehingga penambangan tembaga secara langsung menjadi kurang diperlukan.

Logam Paduan Tembaga

Logam panduan tembaga pertama adalah perunggu (Safr Isfidruf ). Perunggu merupakan panduan dari tembaga dan timah. Perunggu digunakan untuk peralatan dapur, alat-alat masak, dan barang-barang kerajinan.

Logam kedua, kuningan ( shabah, birinj) , yakni paduan tembaga dan seng. Seng merupakan faktor tambahan untuk menghasilkan logam yang lebih kuat, lebih keras, dan lebih sukar ditempa ketimbang hanya tembaga murni. Al-Hassan dan Hill, mengatakan, berbagai jenis kuningan diperoleh dengan memvariasikan kandungan seng.

“Tembaga depan 20 persen seng menghasilkan kuningan yang warnanya hampir seperti emas. Sebelum seng dikenal sebagai logam, kuningan dibuat memanaskan tembaga dalam campuran bijih seng giling dan batubara. Hasilnya, sejumlah seng yang terbentuk di sekeliling tembaga melarut secara kimiawi, dikenal sebagai sementasi,” jelasnya.

Logam berikutnya adalah kuningan. Dalam kitab ‘ Ayn al-Akhbari (Sumber Informasi)  disebutkan terdapat tiga tingkat mutu kuningan menurut jumlah kandungan sengnya. Pertama, kuningan yang lunak pada keadaan dingin. Kedua, kuningan yang lunak (dapat dibentuk) ketika dipanaskan. Ketiga, kuningan yang sama sekali tidak dibentuk (tidak lentur), tetapi dapat dituang.

Sedangkan paduan logam yang lebih murah dapat dibuat dari tembaga dan tanah hitam adalah sejenis perunggu. Logam ini digunakan untuk membuat berbagai peralatan. Al-Biruni menyebutnya sebagai  bitruy , namun pengarang lain menamakannya ruy, dan ada pula yang menyebutnya  shabah mufragh .

Logam berikut adalah  Kharsini , yakni sejenis logam atau paduan yang lain, dan termasuk dalam daftar tujuh logam dalam alkemi di masa Islam dan diperkirakan berasal dari Cina. Semua penulis Muslim belakangan sepakat bahwa saat ini kharsini sebenarnya adalah seng, meski ada pula yang meyakini bahwa bahan ini merupakan paduan tembaga dengan nikel.

Satu lagi logam yang tak jelas  komposisinya,  Taliqun . Pada era al-Biruni pun sifat-sifat  Taliqun ini masih misteri, meski pendapat umum kini mengatakan  Taliqun merupakan sejenis paduan tembaga juga.  she

Baca :   Skema Daur Hidup Paku Heterospora

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika …

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan alat/benda di sekitar yang terbuat dari unsur logam. Bila diperhatikan mulai dari saklar listrik, kendaraan, perhiasan, perkakas rumah tangga, hingga konstruksi gedung bertingkat tidak luput dari penggunaan unsur ini. Lalu, apa itu logam dan apa saja jenisnya?

Logam merupakan mineral yang tidak tembus pandang, dapat menjadi penghantar panas dan arus listrik. Umumnya, logam juga dapat ditempa atau ditekan permanen hingga berubah bentuk tanpa patah atau retak dan juga fusible (bisa dilelehkan).

Ada beberapa jenis logam yang penting untuk kita ketahui dan menjadi bahan dasar bagi alat/barang yang diperlukan oleh manusia sehari-hari, antara lain :

Baja

Baja atau disebut besi hitam pada umumnya digunakan sebagai komponen utama pada mesin, rangka mobil, kapal, kereta, perkakas, senjata, rangka bangunan, dan lain sebagainya. Baja merupakan logam paduan (alloy) antara logam besi (Fe) sebagai bahan utama dengan karbon (C).

Selain itu campuran lainnya adalah mangan, fosfor, sulfur, silicon, oksigen, nitrogen, dan aluminium. Untuk meningkatkan kualitas pada logam jenis baja ini maka dapat ditambahkan unsur logam lainnya seperti nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium.

Karbon yang juga terkandung di dalam alloy berfungsi sebagai bahan pengeras dan juga dalam menjaga atau mencegah adanya pergeseran atom-atom dengan meningkatkan kekuatan tariknya. Hal ini disebabkan karena karbon dapat mengisi ruang kosong antar atom besi pada ikatan logam sehingga lebih rapat dank eras.

Baja Ringan (Galvanum)

Baja ringan atau yang disebut galvanum ialah jenis logam baja yang tipis dengan kandungan lapisan campuran logam dari aluminium (Al) sebanyak 55%, seng (Zn) sebanyak 43%, dan silicon (Si) sebanyak 1,6%. Jenis logam ini dikatakan sebagai ramah lingkungan yang mempunyai ketahanan yang sangat tinggi dan juga tentunya anti karat.

Baca juga: Unsur Logam, Nonlogam dan Semilogam, Apa yang Membedakan?

Perunggu

Perunggu adalah jenis logam campuran yang didalamnya mengandung tembaga sebagai bahan atau komponen dasar dengan jenis logam lainnya seperti timah (Sn). Pada umumnya, dalam perunggu terkandung tembaga sebesar 88% sedangkan 12% adalah timah.

Perunggu dapat dikatakan sebagai unsur yang lebih kuat jika dibandingkan dengan logam tembaga dan digunakan dalam keperluan industry. Penggunaan perunggu sendiri banyak ditemukan pada bagian kincir kapal dan bagian lainnya, pembuatan prasasti, alat musik gong dan alat gamelan, serta digunakan untuk membuat piala atau medali.

Baca :   Pewarna Yang Dapat Digunakan Untuk Melukis Jari Antara Lain

Kuningan

Kuningan merupakan perpaduan antara logam jenis tembaga (Cu) dengan seng (Zn). Keberagaman perbandingan mengakibatkan keberagaman pada karakteristik dari logam kuningan ini, namun pada dasarnya logam tembaga memiliki perbandingan 60-90% dari massa total.

Kelebihan dari kuningan adalah mampu menghilangkan atau membunuh mikroorganisme atau bakteri seperti Staphylococcus aureus, E. coli, dan Pseudomonas aeruginosa dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah menempel.

Jenis logam kuningan ini akan bekerja untuk mematikan bakteri dengan cara merusak struktur membran sel bakteri, mengganggu keseimbangan ion dalam bakteri, mengganggu tekanan osmosis, dan membentuk senyawa hidrogen peroksida (H2O2) pada membran bakteri.

Logam Perunggu merupakan paduan antara tembaga dengan timah yang lebih dikenal dengan paduan Cu-Sn. Perunggu merupakan paduan berbahan dasar tembaga yang telah lama digunakan untuk berbagai macam keperluan. Komposisi timah yang ada dalam paduan Perunggu juga sangat menentukan sifat fisis yang dihasilkan. Perunggu selain digunakan untuk membuat berbagai macam produk rumah tangga, asesories, komponen permesinan, juga digunakan untuk membuat alat musik gamelan. Keberhasilan proses pengecoran Perunggu timah sangat dipengaruhi sifat mampu alir dan mampu isi pada cetakan. Metode yang dilakukan adalah membuat paduan Perunggu timah pada batas high tin bronze. Paduan yang digunakan yaitu Cu-(20,22, 24 dan 25%)Sn. Paduan Perunggu dilakukan peleburan pada temperatur Tm, TS1 dan TS2. Pengujian fluiditas menggunakan jenis cetakan investment casting dengan model cetakan Birmingham. Variasi rongga cetakan dibuat dengan ketebalan strip plat 1.5,2,3,4 dan 5 mm dengan panjang 400 mm. Temperatur cetakan saat penuangan pada temperatur rata-rata 300°C. Pengujian dilakukan dengan menentukan panjang fluiditas paduan Perunggu pada beberapa komposisi dengan variasi temperatur penuangan..Hasil pengujian menunjukkan panjang fluiditas mengalami penurunan dengan penambahan Sn pada temperatur lebur (Tm). Peningkatan temperatur Ts1 dan Ts2 mampu meningkatkan laju fluiditas. Peningkatan tebal strip plat meningkatkan laju fludititas pada setiap komposisi paduan Perunggu timah. Laju fluiditas sangat penting untuk menghindari gagal produk terutama pada pembuatan produk cor berdinding tipis.

Perunggu Adalah Suatu Logam Paduan Antara

Sumber: https://dimanakahletak.com/paduan-logam-yang-digunakan-untuk-pembuatan-perunggu-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …