Pernyataan Yang Sesuai Dengan Grafik Tersebut Adalah

KlikBelajar.com – Pernyataan Yang Sesuai Dengan Grafik Tersebut Adalah

Pembuluh darah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pembuluh arteri, vena, dan kapiler. Perbedaan arteri dan vena bisa diketahui saat kita melihatnya dari sisi sistem kardiovaskular.

Sistem kardiovaskular bertanggung jawab memasok nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, sistem yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah ini juga berperan membawa sisa-sisa hasil prosesmetabolisme menuju organ pembuangan di ginjal dan paru-paru.

Secara garis besar, perbedaan arteri dan vena pada sistem kardiovaskular dapat dilihat pada arah aliran darah yang dibawanya. Pembuluh arteri bertugas membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sebaliknya, pembuluh vena bertugas mengalirkan darah dari organ tubuh kembali kejantung.

Perbedaan antara Arteri dan Vena

Demi mengenal perbedaan arteri dan vena lebih dalam, beberapa uraian di bawah ini sebaiknya diketahui terlebih dahulu.

Darah yang dialirkan

Tubuh memerlukan oksigen yang terkandung di dalam darah untuk bertahan hidup. Darah yang mengandung oksigen tersebut dipompa dari jantung menuju seluruh jaringan tubuh di sepanjang pembuluh arteri.

Sedangkan tugas vena adalah membawa darah kembali ke jantung. Darah yang dialirkan di pembuluh vena memiliki kandungan oksigen yang lebih rendah dan mengandung residu pernapasankarbon dioksida.


Ketebalan dinding pembuluh darah

Salah satu perbedaan arteri dan vena yang signifikan adalah ketebalan dindingnya. Pembuluh arteri memiliki lapisan otot tebal di dindingnya, yang bisa berkontraksi untuk memperkecil ukuran arteri, atau berelaksasi untuk menjadi lebih lebar sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sedangkan pembuluh vena berdinding lebih tipis, karena lapisan ototnya lebih tipis.

Percabangan

Arteri terbagi menjadi banyak cabang selayaknya pohon. Cabang arteri yang terbesar disebut sebagai aorta.

Baca :   Kpk Dari Bilangan 24 Dan 36 Adalah

Aorta kemudian bercabang beberapa kali menjadi cabang yang lebih kecil. Semakin menjauhi jantung, semakin kecil pula cabang arteri.

Sementara itu, cabang vena menjadi semakin membesar ketika mendekati jantung.

Katup

Perbedaan arteri dan vena yang mencolok antara lain adalah vena memiliki katup satu arah. Katup ini berfungsi mencegah darah mengalir kembali ke arah yang salah. Sementara itu, arteri tidak memerlukan katup karena tekanan dari jantung membuat darah mengalir melalui satu arah.

Semua arteri berfungsi membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis yang membawa darah tanpa oksigen ke paru-paru.

Sebaliknya, semua vena berfungsi untuk membawa darah kaya karbon dioksida dari tubuh ke jantung, kecuali vena pulmonalis yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung.

Gangguan yang Menyerang Arteri dan Vena

Perbedaan arteri dan vena yang mencolok lainnya adalah gangguan yang berpotensi menimpa keduanya. Berikut ini adalah beberapa gangguan yang bisa menyerang arteri dan vena:

Gangguan arteri

Pada arteri, potensi berbahaya yang mengancam adalah sumbatan. Penyumbatan pada arteri bisa disebabkan oleh zat lemak yang disebut dengan plak atau ateroma. Gangguan pada arteri ini dinamakanaterosklerosis.

Karena timbunan plak, arteri akan mengalami pengerasan dan penyempitan. Hal ini akan mengganggu aliran darah dan pasokan oksigen menuju organ-organ vital tubuh.

Risiko lain yang muncul adalah pembekuan darah yang berpotensi menyebabkan terhalangnya aliran darah menuju jaringan dan organ tubuh, seperti otak atau jantung.

Aterosklerosiscenderung terjadi tanpa adanya gejala awal sehingga banyak yang tidak menyadari sedang menderita penyakit ini. Penyakit ini berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang dapat mengancam nyawa.

Jika tidak ditangani, gangguan arteri ini bisa menyebabkanstroke dan serangan jantung. Gangguan pada arteri juga dapat menyebabkan penyakit arteri perifer.

Gangguan vena

Gangguan umum pada pembuluh vena adalah varises,yaitu pembesaran pembuluh darah vena. Semua pembuluh vena berisiko terkena varises, namun yang paling sering adalah vena di kaki.

Baca :   Sebutkan Ciri Ciri Musik Jazz

Hal ini terjadi akibat tekanan berlebih pada pembuluh darah bagian bawah tubuh karena berdiri atau berjalan tegak terlalu lama.

Selain varises, penyakit pada vena yang perlu diwaspadai adalah trombosis vena dalam (DVT).Kondisi ini terjadi ketika terdapat bekuan darah yang menyumbat pembuluh vena di tungkai.

Gejalanya berupa nyeri pada tungkai kaki, perubahan warna tungkai menjadi kemerahan atau kebiruan, hingga pembengkakan dan rasa hangat pada tungkai.

Terkadang DVT dapat terjadi tanpa gejala. Jika tidak segera diobati, bekuan darah ini dapat berpindah ke bagian tubuh lain sehingga menimbulkan gangguan kesehatan yang berat sepertiemboli paru.

Setelah melihat perbedaan arteri dan vena dari fungsi dan gangguan yang sering menyerangnya, sudah seharusnya kita menjadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.Hal ini mengingat sistem kardiovaskular memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kelangsungan hidup manusia.

Vena adalah jenis pembuluh darah yang membawa darah kembali menuju jantung. Vena bercabang – cabang hingga membentuk pembuluh darah yang diameternya kecil. Letak vena dekat dengan permukan tubuh sehingga vena lebih muah dilihat mata daripada arteri.


tolong kk sekarang setor?​


Lampu mana lampu gelap ;-;E.C0li adalah?Sebutkan jenis jenis E.C0li!​


sebuah jajargenjang memiliki tinggi 11 cm dan alas 13 cm Berapa luas jajargenjang tersebut?HARUS ADA RUMUSNYA??​


Seorang laki-laki normal menikah dengan wanita carrier buta warna.P1 : XY >< XXcbF1 : XXcb, XX, XcbY, XYApabila anak perempuannya yang normal me …

nikah/kawin dengan laki-laki buta warna, kemungkinan fenotipe anak yang lahir dari perkawinan tersebut yaitu…A. 25% perempuan normalB. 50% perempuan carrierC. 50% laki-laki buta warnaD. 75% laki-laki normal​


seorang anak sedang bermain sepak bola di lapangan. Panjang lapangan tersebut 8m lebarnya 5m. berapa luas lapangan tersebut ?​

Baca :   Seorang Pemilik Toko Sepatu Ingin Mengisi


Class A put an iron nail in a saucer of water. A few days later they observed that the nail had rusted.A. What evidence for a chemical reaction did cl …

ass A observe?B. Name the reactants in the reaction.C. Find out the chemical name for the product that formed in the reaction.


Penyakit malaria disebabkan oleh organisme yang termasuk ke dalam Kingdom …. C. Animalia D. Protista A. Monera B. Fungi​


Bagaimana jika hewan dan tumbuhan punah​


hipotesis dari percobaan menyelidiki apakah banyaknya pupuk yang di tambahkan memengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih besar​


1. Seorang pelari bergerak dengan catatan seperti pada tabel berikut. Waktu (sekon) Jarak (meter) 25 120 A. 0,35 m/s B. 0,4 m/s C. 2,5 m/s D. 2,9 m/s …

B. 1 C. 3,6 2 D. 10 10 Diam istirahat 5 100 300 Berdasarkan data pada tabel tersebut kelajuan rata-rata perjalanan adalah …. 15 Diam istirahat 2. Sebuah mobil yang semula diam dan berada di jalan lurus digas sehingga kecepatannya berubah menjadi 36 km/jam dalam waktu 10 sekon. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa mobil mengalami percepatan sebesar … m/s². A. 0 A. 2 m/s B. 6 m/s 3. Sebuah mobil mengalami kebocoran pada oli mesinnya sehingga menetes dengan selang waktu tetap. Hasil pengamatan tetesan oli tampak seperti pada gambar berikut. A 0000 G O Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa mobil melakukan gerak…. O 50 80 B A. lurus beraturan B. lurus berubah beraturan C. lurus berubah beraturan dipercepat D. lurus berubah beraturan diperlambat 4. Perhatikan gambar grafik/gerak benda berikut. v (m/s) r(s) Berdasarkan grafik tersebut, perkiraan kecepatan benda setelah bergerak 8 sekon adalah…… C. 7 m/s D. 10 m/smohon dengan rumusnya​

Pernyataan Yang Sesuai Dengan Grafik Tersebut Adalah

Sumber: https://apacode.com/pernyataan-yang-benar-mengenai-seluruh-arteri-di-tubuh-manusia-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …