Peristiwa Tersebut Yang Merupakan Contoh Glbb Dipercepat Ditunjukkan Oleh Nomor

Peristiwa Tersebut Yang Merupakan Contoh Glbb Dipercepat Ditunjukkan Oleh Nomor

Halo, Sobat Zenius! Saat kelas 11 elo pasti udah belajar materi tentang gerak lurus. Nah di kesempatan kali ini gue mau ajak elo belajar bareng tentang rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB), beserta contoh soal dan pembahasannya.

Kalau elo udah lupa tentang materi gerak lurus, bisa tonton ulang video materi ini. Di sini gue mau jelasin sedikit tentang gerak lurus.

Kayak yang elo sadari juga, banyak hal di sekitar kita yang bergerak. Nggak jarang nih yang bergerak di sekitar kita itu geraknya lurus. Intinya sih terjadi perpindahan di lintasan yang lurus.

Gerak lurus secara konsep terbagi menjadi dua, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Nah, pada artikel ini gue mau bahas tentang cara menghitung GLBB, tapi kita mampir ke pengertiannya dulu yuk.

Pengertian GLBB

GLBB adalah gerak lurus berubah beraturan, yang di mana artinya sebuah benda bergerak pada lintasan lurus dengan
kecepatan tidak konstan
dan
percepatannya konstan. Sehingga dapat ditulis sebagai berikut:


Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) Beserta 4 Contoh Soal 18


Jenis-jenis GLBB

GLBB terbagi menjadi dua jenis, yaitu GLBB dipercepat dan diperlambat. Apakah ada perbedaan rumus gerak lurus berubah beraturan dipercepat dan diperlambat? Baca terus ya!

GLBB Dipercepat

Grafik di bawah ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLBB dipercepat.

glbb
Grafik Kecepatan Terhadap Waktu (Dok.Idschool)

GLBB Diperlambat

Grafik di bawah ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLBB diperlambat

glbb
Grafik Kecepatan Terhadap Waktu (Dok Fismath)

Meskipun grafiknya sedikit berbeda, rumus GLBB dipercepat dan diperlambat sama ya. Langsung simak rumusnya di bawah ini ya.

Baca :   Unsur Apa Saja Yang Dapat Membentuk Ikatan Kovalen

Biar bisa belajar di mana aja dan kapan aja, gue saranin elo langsung aja download aplikasi Zenius di HP. Elo bisa ikut live class dan akses ke video pembelajaran lainnya juga, lho. Jadi makin paham nggak tuh.
Klik link ini untuk download
ya!

Rumus GLBB

Persamaan atau rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan menggunakan tanda positif (+) ataupun negatif (-) tergantung pada dipercepat atau diperlambatnya gerak. Persamaannya dapat ditulis seperti di bawah ini.

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan:

vt
2
= v
2
+ 2.a.s

vt
= v
+ a.t

s = v.t + 1/2.a.t2

Keterangan

v: kecepatan (m/s)

v
: kecepatan awal (m/s)

vt
: Kecepatan akhir

a: percepatan (m/s2)

s: jarak (m)

t: waktu (s)

Contoh Soal dan Pembahasan

Di contoh soal ini elo harus jeli pakai rumus gerak lurus berubah beraturan yang mana. Dari pada bingung, langsung cek contoh soalnya aja di bawah ini!

  • Sebuah bola mula-mula dalam keadaan diam pada lantai yang licin, kemudian bola didorong sehingga mengalami percepatan sebesar 4 m/s2, tentukan kecepatan bola setelah bergerak selama 8 sekon!

Pembahasan

Dik:

v
= 0 m/s

a = 4 m/s2

t = 8 s

Dit: v8?

Jawaban:

Rumus gerak lurus berubah beraturan mana nih yang harus elo pakai?

Nah untuk soal yang ini kita diminta mencari kecepatannya tapi setelah bergerak pada waktu tertentu. Berarti kita pakai rumus vt ya.

v8
= v
+ a.t

v8
= 0 + 4.8

v8
=
32 m/s

Jadi, kecepatan bola setelah bergerak 8 sekon adalah 32 m/s.

Okay, udah paham sedikit lah ya tentang rumus gerak lurus berubah beraturan ini. Biar makin lancar lanjut kerjain contoh soal garis lurus lagi yuk. Sekarang lanjut ke contoh soal GLBB diperlambat di bawah ini.

  • Pada awalnya, Pak Tarno mengendarai motor dengan kecepatan tetap 40 m/s. Tiba-tiba, motor tersebut direm sehingga mengalami perlambatan 20 m/s2. Berapakah jarak yang ditempuh oleh motor tersebut sampai berhenti?
Baca :   Garam Dapur Dan Air Merupakan Contoh

Pembahasan

Dik:

v
= 40 m/s

vt
= 0 m/s

a = -20m/s2

Dit: s?

Jawaban:

vt
= v
+ a.t

0 = 40 – 20.t

t = 2 s

Karena yang ditanya adalah jarak, maka informasi tentang waktunya yang tadi udah kita cari tinggal dimasukin ke rumus jarak tempuh gerak lurus berubah beraturan atau S. Jadi jarak yang ditempuh selama 2 s adalah?

s = v.t + 1/2.a.t2

s = 40.2 + 1/2.(-20).22

s = 80 + (-40)

s =
40 m

Jadi, jarak yang ditempuh oleh motor tersebut sampai berhenti adalah 40 m.

  • Sebuah motor balap direm dengan perlambatan konstan dari kelajuan 50 m/s menjadi 30 m/s dalam jarak 80 m. Jarak total (dalam meter) yang telah ditempuh oleh motor tersebut sampai akhirnya berhenti adalah?

Pembahasan

Dik:

v1
= 50 m/s

v2
= 30 m/s

s12
= 80 m

Jawaban:

v2
2
= v1
2
+ 2.a.s12

900 = 2500 + 2.a.80

a = -10 m/s2
…(1)

v3
2
= v1
2
+ 2.a.s13

0 = 2500 + 2.(-10).s13

s13
=
125 m
…(2)

Jadi, jarak yang ditempuh motor balap hingga berhenti adalah 125 m.

  • Pada suatu perlombaan kuda, seekor kuda berlari dengan kecepatan awal 4 m/s dan percepatan 4 m/s2. Tentukanlah kecepatan kuda setelah menempuh jarak 30 meter!

Pembahasan

Dik:

v
= 4 m/s

a = 4 m/s2

s = 30 m

Dit: vt?

Jawaban:

vt
2
= v
2
+ 2.a.s

vt
2
= 16 + 2.4.30

vt
2
= 256

vt
=
16 m/s

Jadi, kecepatan kuda setelah menempuh jarak 30 meter adalah 16 m/s.

Sekarang sudah ngerti kan cara menghitung GLBB beserta rumus gerak lurus berubah beraturan. Elo perlu latihan lebih sering lagi ya biar nggak bingung-bingung lagi pas ketemu soal-soal kayak di atas.

Sudah paham dengan materi GLBB ini? Ingin belajar materi lainnya? Bisa dong. Cukup dengan klik banner di bawah ini dan ketik materi yang diinginkan di kolom pencarian. Udah deh elo tinggal belajar tuh.

belajar materi fisika dan gerak lurus lainnya  dengan klik banner ini
Klik banner dan lanjut belajar!

Biar makin ngerti pelajaran sekolah yuk langganan paket belajar Zenius. Dapatkan banyak keuntungan mulai dari akses ke video premium, penjelasan langsung oleh Zen Tutor di Live Class hingga tryout Ujian Sekolah. Buruan yuk cobain sekarang!

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Beserta Contoh Soal 9

Sekian artikel tentang rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dari gue. Gue harap kalian semua sekarang jadi paham dan ahli di materi gerak lurus berubah beraturan ya! Bisa kalian bantai soal-soal di sekolah dengan konsep yang udah gue paparkan ya!

Baca :   Bilangan Kelipatan 7 Yang Juga Merupakan Bilangan Kelipatan 9 Adalah

Semangat terus, Sobat Zenius!

Baca Juga Artikel Fisika Lainnya

Yuk, Kenalan sama 4 Rumus Turunan dalam Matematika dan Fisika!

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal

Rumus Usaha dalam Fisika Beserta Pengertian, Jenis-jenis, dan 4 Contoh Soal

Originally published:

September 5, 2021

Updated by:
Silvia Dwi

Peristiwa Tersebut Yang Merupakan Contoh Glbb Dipercepat Ditunjukkan Oleh Nomor

Sumber: https://www.zenius.net/blog/rumus-gerak-lurus-berubah-beraturan-glbb

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …