Periode Planet a Mengelilingi Matahari Adalah 88 Hari

Periode Planet a Mengelilingi Matahari Adalah 88 Hari

Sementara planet yang mengalami revolusi paling lama adalah planet Neptunus. Semakin jauh posisi planet dari Matahari, maka periode revolusinya berjalan lebih lama.
MuhammadAzhar08 Planet yang memiliki kala revolusi terlama adalah planet Neptunus yang merupakan planet terluar (selama 164,79 tahun). Hal ini karena semakin jauh planet dari matahari, semakin besar panjang orbit yang harus ditempuh dan semakin lama waktu rotasi yang terjadi.

Apa yang dimaksud dengan kala revolusi?

Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali revolusi disebut kala revolusi. Selain berevolusi, planet juga melakukan gerak rotasi. Gerak rotasi adalah gerak berputar pada porosnya. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali rotasi disebut kala rotasi.

Apa yang dimaksud dengan revolusi planet?

Revolusi adalah peredaran planet-planet dalam mengelilingi Matahari. Setiap planet mengelilingi Matahari sesuai orbitnya masing-masing dalam periode yang berbeda-beda, tergantung jarak planet terhadap Matahari. Periode revolusi planet juga bisa disebut sebagai satu tahun di planet itu.

Y’all might be interested:

Kapan Guru Sekumpul Meninggal?

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling lambat?

Dilansir PORTAL JEMBER dari laman The National Radio Astronomy Observatory dan The Solar Arrangement Exploration, Neptunus adalah planet yang mengalami revolusi paling lama dalam tata surya dengan kecepatan revolusi sekitar 5,43 kilometer per detik.

Planet apakah yang memiliki kala rotasi paling singkat dan kala revolusi paling lama?

Merkurius memiliki kala rotasi 88 hari dan kala revolusi 88 hari. Venus memiliki kala rotasi 243 hari dan kala revolusi 225 hari. Bumi memiliki kala rotasi 1 hari (24 jam) dan kala revolusi 365,26 hari. Mars memiliki kala rotasi 24 jam 37 menit dan kala revolusi 687 hari.

Baca :   Contoh Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari

Planet apa yang rotasinya paling lama?

1. planet yang mengalami rotasi paling lama adalah venus.

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat?

Planet-planet yang ada di sistem tata surya dari yang paling dekat dengan Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Diantara planet-planet tersebut yang memiliki revolusi paling cepat adalah Maerkurius.

Planet apa yang paling kecil?

Merkurius

Selain jadi planet yang punya jarak terdekat dengan Mataharu, Merkurius juga merupakan planet terkecil di tata surya. Planet yang berjarak 57,nine juta km dari Matahari ini memiliki jari-jari sekitar 2.4739 km.

Planet apakah yang memiliki periode rotasi terbesar dan terkecil?

Jawaban: Merkurius –> kala rotasi : 58,6461 hari. Venus –> kala rotasi : 243,16 hari. Bumi –> kala rotasi : 23 jam 56 menit.

Apa nama planet yang mengalami revolusi paling cepat jelaskan alasannya?

Dilansir PORTAL JEMBER dari laman The National Radio Astronomy Observatory dan The Solar System Exploration, Merkurius adalah planet yang mengalami revolusi paling cepat dalam tata surya dengan kecepatan revolusi sekitar 47,87 kilometer per detik.

You might be interested:

Mengapa Tunas Kelapa Dijadikan Simbol Pramuka?

Manakah diantara planet di bawah ini yang memiliki kala revolusi paling singkat?

Planet yang memiliki kala revolusi paling cepat adalah Planet merkurius.

Planet apa yang mempunyai kala revolusi 225 hari?

Gravitasi venus sama dengan gravitasi di bumi dan planet ini tidak memiliki satelit. Kala revolusi dari planet ini 225 hari, sedangkan kala rotasi planet ini 243 hari.

Berapa rotasi Venus?

Venus. Planet kedua yang jaraknya terdekat dari matahari yaitu planet Venus. Planet ini mempunyai jarak 108,two juta KM. Rotasi yang dilakukan planet ini membutuhkan waktu 243 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk revolusi pada planet Venus adalah 225 hari.

Apa yang dimaksud dengan revolusi planet?

Revolusi adalah peredaran planet-planet dalam mengelilingi Matahari. Setiap planet mengelilingi Matahari sesuai orbitnya masing-masing dalam periode yang berbeda-beda, tergantung jarak planet terhadap Matahari. Periode revolusi planet juga bisa disebut sebagai satu tahun di planet itu.

Baca :   Syarat Pameran Yang Baik Dan Utama Adalah

Apa itu periode revolusi?

Sedangkan periode revolusi adalah waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi Matahari dalam orbitnya, bisa disebut dengan waktu 1 tahun planet tersebut. Berikut adalah tabel spesifikasi planet-planet dalam tata surya yang dilansir dari Nasa Solar System Exploration: Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Apakah Nama Planet yang Memiliki Mengalami Revolusi Paling Cepat dan Paling Lama? Mengapa?

TRIBUNPADANG.COM –

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?

Pertanyaan tersebut merupakan soal halaman four, 5, vi, 7, Tema nine Kelas 6 SD/MI, Subtema 1 Pembelajaran one, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Subtema i yang tentang Keteraturan yang Menakjubkan, merupakan bagian dari materi Tema 9 berjudul Menjelajah Angkasa Luar.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 9 Kelas half dozen halaman 4, 5, vi, 7:

eastward. Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling cepat? Mengapa?

Jawaban:
Merkurius. Karena Merkurius terletak paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.

f. Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling lama? Mengapa?

Jawaban:
Neptunus. Karena Neptunus terletak paling kaih dari Matahari sehingga jarak yang ditempuh untuk satu kali mengelilingi Matahari menjadi sangat lama.

Jawaban lengkapnya klik DI SINI

Benda Langit di Sekitar Kita

Halaman selanjutnya arrow_forward

Sumber:
Tribun Padang

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat mengapa, pembahasan
kunci jawaban tema ix kelas 6 halaman 1 iv 5 6 seven 8 10 eleven 12

tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal
apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya

di buku tematik siswa.

Ayo Mencoba

Bermain Peran

Sistem tata surya bergerak melibatkan delapan planet dan Matahari sebagai pusatnya. Hal ini pasti menarik untuk diamati. Kamu dan teman sekelompokmu akan bermain peran. Permainan ini untuk menunjukkan pergerakan planet-planet dan Matahari di dalam sistem tata surya kita. Perhatikanlah bahwa setiap planet dalam tata surya akan melakukan rotasi dan revolusi terhadap Matahari secara bersamaan.

Baca :   Temukan Tiga Bilangan Ganjil Berurutan Yang Jumlahnya Sama Dengan 135

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas half-dozen Halaman half-dozen

 8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini! a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari? b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari? c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?

Planet yang mengalami revolusi paling cepat. /Pixabay.com/GooKingSword


PORTAL JEMBER – Pada materi tema 9 kelas vi SD dan MI, akan dibahas mengenai planet yang mengalami revolusi paling cepat dalam tata surya.

Revolusi adalah pergerakan planet pada orbitnya mengelilingi Matahari. Revolusi berpengaruh pada panjangnya tahun dalam planet tersebut.

Waktu revolusi masing-masing planet tidak sama. Biasanya akan menggunakan tahun di Bumi sebagai perbandingan waktu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 SD dan MI tentang Bangun Ruang Prisma Halaman 91 dan 92

Baca Juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema half-dozen Subtema one ‘Masyarakat Peduli Lingkungan’ Halaman 3, 5, viii, 9, ten, 11

Ada planet yang paling cepat, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun Bumi untuk menyelesaikan satu kali revolusi.

>

Ada juga planet yang paling lama, membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk selesai mengelilingi Matahari.

Semakin dekat dari Matahari, maka jarak orbitnya akan semakin pendek. Inilah yang menyebabkan sebuah planet bisa menjadi yang paling cepat dalam revolusi.

Planet yang mengalami revolusi paling cepat

DilansirPORTAL JEMBER dari laman The National Radio Astronomy Observatory dan The Solar System Exploration, Merkurius adalah planet yang mengalami revolusi paling cepat dalam tata surya dengan kecepatan revolusi sekitar 47,87 kilometer per detik.

Hal ini wajar karena Merkurius juga merupakan planet yang paling dekat dengan Matahari. Jaraknya hanya sekitar 58 juta kilometer dari Matahari. Cahaya matahari hanya butuh waktu 3,2 menit untuk sampai ke Merkurius.

Periode Planet a Mengelilingi Matahari Adalah 88 Hari

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/planet-yang-memiliki-periode-revolusi-kurang-dari-bumi-365-adalah/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …