Perbedaan Sereh Wangi Dan Sereh Dapur

Perbedaan Sereh Wangi Dan Sereh Dapur


SariAgri –
Serai banyak digunakan sebagai bumbu dalam masakan untuk menambah aroma. Selain itu serai juga digunakan sebagai salah satu bahan herbal yang mempunyai manfaat kesehatan.

Ada dua jenis serai yaitu serai dapur (Cymbopogon citratus) dan serai wangi (Cymbopogon nardus). Jika dilihat sekilas di kebun, kedua tanaman serai tampak mirip. Padahal ada beberapa perbedaan antara serai dapur dan serai wangi yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya yang dirangkum berbagai sumber:

1. Bentuk daun

Serai dapur memiliki ciri daun lebih pendek dibanding serai wangi. Panjang daun serai wangi bisa mencapai 90 hingga 100 sentimeter. Daun serai wangi cenderung lebih melengkung dan terkadang dapat menyentuh tanah. Sedangkan serai dapur, memiliki daun yang cenderung lebih tegak dan kurang melengkung. Lebar daun keduanya berbeda, di mana serai wangi memiliki daun lebih lebar mencapai 0,5-2 sentimeter dibanding serai dapur.

2. Batang

Perbedaan bentuk dan warna batang kedua jenis serai dapat dikenali cukup mudah. Batang serai dapur mempunyai warna hijau dan putih. Sedangkan batang serai wangi memiliki warna merah keunguan. Dari ukuran pangkal batang, serai dapur lebih besar dibanding pangkal batang serai wangi.

3. Aroma

Serai dapur memiliki aroma segar seperti lemon sehingga dalam bahasa inggris disebut “lemon grass”. Aroma serai wangi lebih khas dan apabila daun serai wangi diremas juga akan mengeluarkan aroma yang lebih kuat dibandingkan serai dapur.

4. Kandungan

Dari segi kandungan zat, keduanya juga punya perbedaan. Serai dapur memiliki kandungan utama yaitu sitral, sedangkan serai wangi memiliki kandungan utama citronella.

5. Kegunaan

Serai dapur dominan digunakan sebagai bumbu saat memasak yang dapat menambah aroma sedap. Selain itu, serai dapur kerap dijadikan bahan minuman herbal untuk kesehatan.

Baca :   Desain Interior Rumah Minimalis Tanpa Sekat

Sedangkan serai wangi banyak digunakan sebagai bahan baku industri pembuatan minyak atsiri yang berguna sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik dan berbagai jenis minyak esensial. Serai wangi juga dikenal sebagai tanaman pencegah longsor dan sumber pakan bagi ternak.

Video terkait:

Sahabat Duma pasti sering menggunakan sereh sebagai bahan pelengkap untuk memasak bukan? Ya, sereh memang umumnya sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Rupanya sereh juga memiliki 2 varian lho sahabat Duma, yang pertama adalah sereh dapur sebagai pelengkap bahan untuk memasak dan juga sereh wangi yang menghasilkan wangi yang lebih mirip dengan minyak telon. Lalu apakah perbedaan keduanya?

Sereh Dapur dan Sereh Wangi

Sereh wangi via tokopedia

Memang sebagian orang tidak banyak yang tahu bahwa ada dua macam sereh yang memiliki perbedaan. Dari namanya saja sudah berbeda bila sereh dapur memiliki nama latin Cymbopogon citrates sedangkan untuk jenis sereh wangi adalah Cymbopogon nardus. Dibawah ini adalah beberapa perbedaan keduanya:

Sereh dapur via freepik

Warna batang

Hal yang paling mudah membedakan dari kedua sereh itu adalah pada warnanya. Sereh dapur memiliki warna batang putih dan kehijauan sedangkan sereh wangi memiliki warna yang cenderung ungu dan kemerahan.

Baca lainnya
Ingin Tahu Lebih Lanjut Seputar Fakta Tentang Kopi?

Bentuk daun

Bentuk daun dari kedua jenis sereh ini ternyata memiliki perbedaan. Sereh dapur hanya memiliki panjang daun sekitar 60 cm sedangkan sereh yang berwarna kemerahan ini memiliki panjang daun 90 hingga 100 cm. Karena lebih panjang, hal itu sering membuat daun sereh wangi melengkung hingga menyentuh tanah.

Baca :   Motif Ukiran Yang Digunakan Pada Tiang Rumah Betawi Adalah

Aroma

Aroma yang dihasilkan dari kedua sereh ini pun memiliki perbedaan. Bila sereh yang berwarna putih kehijauan ini memilki aroma yang sekilas mirip lemon, sedangkan sereh wangi memiliki wangi yang mirip dengan aroma mintak telon ataupun minyak tawon.

Kandungan

Kandungan yang ada pada sereh dapur adalah sitral. Sitral memberikan aroma yang khas sehingga memiliki rasa tersendiri bila dicampur dengan masakan. Sedangkan sereh wangi mengandung citronella oil yang bersifat antiseptik dan anti mikroba.

Fungsi

Tentu dari namanya saja kalian pasti sudah tahu bahwa sereh dapur digunakan untuk melengkapi bahan masakan yang ada di dapur. Namun untuk sereh wangi, ternyata digunakan untuk pembuatan minyak maupun sabun loh sahabat Duma. Tidak hanya itu sereh juga digunakan sebagai tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

Pernahkah Anda mengenal tentang sereh wangi? Apakah sereh ini sama dengan sereh biasa yang digunakan untuk bumbu dapur? Meskipun namanya sama-sama sereh atau serai, ternyata kedua tanaman ini adalah tanaman yang berbeda dan tentunya memiliki beberapa perbedaan lho. Selain itu kedua tanaman ini juga memiliki manfaat masing-masing. Apa saja sih perbedaannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

source: exportersindia.com

Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Biasa

Kedua jenis tanaman ini sangatlah mirip dan bahkan sulit untuk dibedakan. Akan tetapi jika diperhatikan secara seksama, ternyata tampilan kedua jenis tanaman ini memiliki sedikit perbedaan. Sereh wangi atau citronella grass memiliki warna yang agak kemerahan sedangkan sereh atau lemongrass memiliki warna hijau muda.

Sereh wangi memiliki helaian daun yang lebih lebar dan berwarna lebih tua. Batang sereh wangi memiliki bentuk yang lebih ramping dan memiliki wangi yang sangat kuat. Berbeda dengan sereh biasa yang memiliki daun lebih kecil berwarna hijau muda dengan aroma yang tidak terlalu kuat . Batang sereh biasa memiliki bentuk pangkal batang yang lebih besar dan berisi. Sereh biasa atau lemongrass dapat dimakan. Umumnya sereh digunakan sebagai bumbu masakan maupun untuk campuran teh.

Baca :   Pamflet Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kandungan dari sereh wangi dan sereh dapur pun berbeda. Sereh wangi memiliki kandungan citronella oil dengan konsentrasi oksidan dan fitokimia. Kandungan ini memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan antijamur. Sedangkan sereh dapur memiliki kandungan sitral yang dapat menambahkan aroma untuk masakan Anda. Tidak hanya untuk masakan, sereh dapur pun kerap dicampurkan ke dalam minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan.

source: brockmanfamilyfarming.com

Manfaat Sereh Wangi dan Sereh Biasa

Pemanfaatan sereh wangi dan sereh biasa tentunya berbeda. Sereh wangi yang memiliki aroma lebih tajam umumnya digunakan untuk membuat essential oil atau ditanam untuk mengusir nyamuk. Selain itu sereh wangi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak dan sabun. Biasanya sereh wangi digunakan sebagai campuran bahan pembersih, campuran deodoran, dan tidak untuk dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga
Jual Perabot Ruang Tamu Jogja Terlengkap di Qhomemart

Sebagai essential oil atau minyak atsiri, sereh wangi memiliki banyak manfaat yaitu untuk mencegah nyamuk menggigit tubuh, dapat meredakan nyeri dan luka, dapat mengurangi stress, melancarkan pencernaan, detoksifikasi atau membuang racun yang ada di dalam tubuh, sebagai pengharum ruangan, hingga sebagai aroma untuk relaksasi. Anda bisa menggunakan essential oil tersebut dengan difusser untuk membantu menyebarkan aroma minyak sereh wangi tersebut ke seluruh ruangan.

Comments

comments

Perbedaan Sereh Wangi Dan Sereh Dapur

Source: https://termasyhur.com/jelaskan-apa-perbedaan-serai-wangi-dan-serai-biasa

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …