Perbedaan Baking Powder Dan Baking Soda

Perbedaan Baking Powder Dan Baking Soda


Ilustrasi. Perbedaan baking soda dan baking powder (Foto: iStockphoto/Geo-grafika)

Jakarta, CNN Indonesia



Baking soda


dan baking powder merupakan dua bahan pembuatan

kue


yang kerap kali dianggap sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Bentuk serta warna baking soda dan baking powder yang memang terlihat serupa, membuat keduanya kerap dianggap barang yang sama sehingga banyak orang sulit membedakan kedua bahan ini.

Oleh sebab itu, Anda perlu mencermati keterangan pada wadahnya sebelum membeli. Selain itu, jangan sampai Anda salah menggunakan keduanya karena bisa berdampak pada adonan atau kue yang Anda buat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Lantas apa perbedaan dari kedua bahan ini? Berikut beda baking soda dan baking powder, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Kandungan

baking sodaIlustrasi. Perbedaan kegunaan baking soda dan baking powder (Foto: iStockphoto/ivandzyuba)

Merujuk lamanFood and Wine, baking soda dan baking powder memiliki perbedaan kandungan.

Kandungan baking soda dan baking powder tidaklah sama. Soda kue mengandung 100 persen natrium bikarbonat, yakni senyawa garam alkali yang menghasilkan gas karbon dioksida ketika dicampur dengan asam.

Sementara baking powder mengandung campuran natrium bikarbonat dan asam seperti krim tartar yang membutuhkan kelembapan dan panas untuk mengaktifkannya.

2. Kegunaan

Kandungan baking soda dan baking powder yang berbeda membuat kegunaan kedua bahan ini juga tidak sama. Melansir
Healthline, baking soda digunakan untuk resep kue dengan bahan asam seperti bubuk cokelat atau
buttermilk.

Saat ditambahkan ke dalam adonan, baking soda dan asam akan menghasilkan karbon dioksida yang membuat adonan mengembang saat dipanggang.

Baca :   Warna Cat Rumah Masa Kini Terbaru

Sementara baking powder adalah bahan pengembang yang mengandung basa (natrium bikarbonat), tepung jagung, dan asam yang dibutuhkan agar adonan mengembang. Baking powder cocok digunakan kue kering yang tidak mengandung asam.

3. Cita rasa

Spoonful of baking soda and glass of waterIlustrasi. Perbedaan rasa baking soda dan baking powder (Foto: Istockphoto/Getty Images/eskaylim)

Secara umum penggunaan baking soda dapat memberikan sedikit rasa getir atau pahit pada adonan kue. Rasa pahit tersebut disebabkan oleh kandungan natrium bikarbonat pada baking soda yang tidak mengandung rasa asam.

Lain halnya dengan baking powder yang sudah mengandung zat asam dari tartar sehingga baking soda tidak akan meninggalkan rasa getir atau pahit pada kue.

Saat menyantap kue dengan kandungan baking powder, bahkan Anda tidak akan merasakan perbedaannya dengan kue yang tidak menggunakan bahan baking powder.

4. Manfaat lain

Melansir
Medical News Today, baking soda dapat membantu makanan yang dipanggang menjadi berwarna kecokelatan dan dapat digunakan untuk membuat gorengan lebih renyah dan ringan.

Selain itu, baking soda juga membersihkan peralatan rumah tangga, seperti pembersih peralatan masak, noda pakaian, noda lantai, dan lainnya.

Berbeda dengan baking soda, baking powder mengandung tepung maizena sehingga tidak dapat digunakan untuk membersihkan atau membuat gorengan menjadi renyah.

Kesimpulan

Baking soda dan baking powder adalah bahan pembuatan kue yang umum digunakan. Keduanya dapat membantu makanan yang dipanggang mengembang.

Meski keduanya terlihat serupa, tetapi baking soda dan baking powder memiliki komposisi dan kegunaan kimia yang berbeda.

Soda kue adalah natrium bikarbonat murni, sedangkan baking powder juga mengandung asam, seperti krim tartar, dan tepung jagung.

Soda kue adalah bahan pengangkat yang mengandung satu atau lebih bahan asam, seperti bubuk kakao atau
buttermilk.
Baking powder lebih baik untuk resep yang mengandung sedikit atau tanpa bahan asam.

Baca :   Kipas Angin Tidak Bergerak Kiri Kanan

Soda kue membantu membuat makanan yang digoreng renyah dan ringan. Manfaat lainnya, dapat juga digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan noda.

Sementara baking powder tidak dapat digunakan sebagai bahan pembersih karena mengandung zat tartar dan tepung maizena.

Demikian sejumlah beberapa perbedaan baking soda dan baking powder. Semoga dapat bermanfaat.

(juh)



[Gambas:Video CNN]


Perbedaan Baking Powder Dan Baking Soda

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221019155133-267-862751/sering-dianggap-sama-ini-perbedaan-baking-soda-dan-baking-powder

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …