Perbedaan Antara Massa Dan Berat Terletak Pada

Perbedaan Antara Massa Dan Berat Terletak Pada

Di mata pelajaran fisika, kami menemukan banyak siswa dan siswi yang menganggap bahwa massa dan berat adalah dua besaran yang sama. Anggapan ini sebetulnya merupakan sebuah kekeliruan besar. Massa dan berat adalah besaran yang menyatakan sesuatu yang berbeda.
Perbedaan massa dan berat
terletak pada beberapa hal. Apa saja hal yang membedakannya tersebut? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pemaparan berikut ini.

Perbedaan Massa dan Berat

Kesalahan anggapan yang dimiliki masyarakat terhadap kesamaan prinsip antara massa dan berat terjadi karena kebiasaan kita yang sering menyatakan berat dalam satuan kg. Sementara itu, penggunaan istilah massa sangat jarang ditemukan kecuali di bangku pendidikan. Padahal menyatakan berat dalam satuan kg, gram, ons dan lain sebagainya adaah suatu kesalahan. Satuan-satuan tersebut seharusnya digunakan untuk besaran massa, sementara satuan berat yang paling tepat adalah N atau Newton.

Selain berbeda dalam hal satuan yang digunakan, perbedaan massa dan berat juga terdapat pada beberapa hal. Berikut ini adalah tabel perbedaan antara massa dan berat yang secara singkat.

Perbedaan Massa Berat
Pengertian Ukuran kelembaman dari suatu benda Gaya yang bekerja pada suatu benda
Berdasarkan arah Besaran skalar Besaran vektor
Berdasarkan satuan Besaran pokok Besaran turunan
Pengaruh gaya gravitasi Tidak dipengaruhi Dipengaruhi
Alat ukur Neraca Neraca pegas

1. Perbedaan Pengertian

Dari pengertiannya saja, perbedaan massa dan berat sudah jelas berbeda. Massa adalah ukuran kelembaman dari suatu benda, sementara berat adalah gaya yang bekerja pada benda tersebut. Kelembaman adalah kecenderungan benda untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya.

2. Perbedaan Jenis Besaran

Berdasarkan satuannya, massa dan berat juga merupakan dua besaran yang berbeda. Seperti halnya panjang, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat, massa termasuk besaran primer yang memiliki satuan yang telah ditetapkan lebih dulu, sementara berat termasuk besaran turunan dari 2 atau lebih besaran pokok. Adapun berdasarkan pengaruh benda terhadap arah suatu titik, massa juga termasuk besaran skalar, sementara berat termasuk besaran vektor yang ukurannya sangat dipengaruhi arah.

3. Pengaruh Gaya Gravitasi

Perbedaan massa dan berat juga terletak pada ada tidaknya pengaruh gaya gravitasi terhadap ukurannya masing-masing. Besar massa tidak akan dipengaruhi gaya gravitasi di suatu tempat, sementara besarnya berat sebaliknya, yakni dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Sebagai perumpamaan, seorang astronot ketika berada di permukaan bumi, ia akan memiliki massa sebesar 100 kg dengan berat sekitar 980 N. Berat astronot di permukaan bumi diperoleh dari hasil kali antara massa (100 kg) dengan gaya gravitasi (9,8 N/kg). Massa astronot akan tetap sama ketika ia berada dipermukaan bulan, akan tetapi beratnya berubah menjadi 162,2 N karena pengaruh gaya gravitasi bulan yang besarnya hanya 16,2 N/kg.

4. Perbedaan Alat Ukur

Karena besarnya massa tidak dipengaruhi gaya gravitasi, sementara besarnya berat sebaliknya, maka untuk mengukur keduanya juga dibutuhkan alat yang berbeda. Massa umumnya diukur menggunakan neraca, sementara berat diukur menggunakan neraca pegas. Gambar neraca dan neraca pegas dapat dilihat di bawah ini.

Nah, demikianlah penjelasan tentang beberapa
perbedaan massa dan berat. Semoga dengan penjelasan singkat tersebut, kita tidak lagi salah persepsi dalam mengartikan kedua besaran ini. Semoga bermanfaat.

Baca :   Pada Koloid Agar Agar Yang Merupakan Fase Pendispersinya Adalah

Apa perbedaan massa dan berat?

INI JAWABAN TERBAIK 👇

Kelas: X (1 sarjana muda)

Fisik

Kategori: Pengukuran dan Kuantitas

Kata kunci: massa, berat, gaya, vektor

Berikut adalah perbedaan antara massa dan berat:

A. Massa adalah ukuran kelembaman suatu benda, sedangkan berat adalah gaya yang bekerja pada benda tersebut.

B. Menurut pengaruh benda terhadap arah suatu titik, massa merupakan besaran skalar, sedangkan berat merupakan besaran vektor yang besarnya sangat dipengaruhi oleh arah.

C. Besarnya massa tidak akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi pada suatu tempat, sedangkan besaran berat sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

D. Massa umumnya diukur dengan timbangan, sedangkan berat badan diukur dengan timbangan pegas.

2021-08-20

Perbedaan massa dan berat adalah:

  1. Jenis: Massa adalah
    besaran pokok, berat adalah
    besaran turunan
  2. Definisi: Massa adalah jumlah materi suatu benda, berat adalah gaya yang disebabkan oleh gravitasi pada massa benda tersebut
  3. Besarnya: Massa besarnya tetap, berat besarnya bergantung percepatan gravitasi
  4. Satuan: Massa memiliki satuan
    kilogram [kg],
    berat memiliki satuan
    newton [N]
  5. Dimensi: Massa memiliki [M], berat memiliki dimensi [M][L][T]⁻²
  6. Sifat: Massa adalah
    besaran skalar, berat adalah
    besaran vektor
  7. Nilai: Massa benda tidak dapat bernilai nol, berat benda dapat nol pada tempat tanpa gravitasi seperti ruang angkasa

Pembahasan:

Massa
adalah banyaknya materi dalam suatu benda.
Kilogram [Kg] merupakan satuan dari massa. Massa merupakan besaran pokok dengan dimensi [M].

Berat
adalah banyaknya gaya yang bekerja pada suatu benda, umumnya gaya ini adalah gaya gravitasi dari Bumi.
Newton [N] adalah satuan berat. Berat merupakan besaran turunan, dengan dimensi [M][L][ T]⁻²

Sehingga hubungan antara massa [m] dalam satuan kilogram dan berat [w] dalam satuan Newton adalah:

w = m. g

dimana g adalah percepatan gravitasi bumi, yang biasanya dibulatkan sebesar 10 m/s²

Berat bergantung pada kekuatan percepatan gravitasi di suatu tempat. Sehingga, pada bulan yang percepatan gravitasinya lebih lemah, benda yang sama akan memiliki berat lebih kecil dibandingkan ketika di bumi.

Massa tidak bergantung pada percepatan gravitasi, dan akan memiliki besar massa sama di mana saja.

Pelajari lebih lanjut contoh soal gas ideal di: brainly.co.id/tugas/14445126

Pelajari lebih lanjut contoh soal berat dan percepatan gravitasi di: brainly.co.id/tugas/10798443

Pelajari lebih lanjut perbandingan massa seorang astronot di bumi dan ketika berada di bulan di: brainly.co.id/tugas/10716966

————————————————————————-

Detail jawaban:

Mata pelajaran: Fisika   Â

Kode: 7.6.1 Â

Kelas: VII

Materi: Bab 1 – Besaran dan Pengukuran


#AyoBelajar

ANDROID
TYPE:
Umum

2
[
2596
ratings ]

Price: $

Lihat Foto

Ilustrasi kilogram.

KOMPAS.com –
Dalam pembicaaan sehari-hari, banyak orang menggunakan kata “massa” dan “berat” sebagai pengganti satu sama lain. Padahal, keduanya tidaklah sama.

Dalam artikel Thought&Co., Dr Anne Marie Helmenstine, Ph.D. menulis bahwa dalam fisika, massa menunjukkan jumlah materi di dalam suatu materi, sementara berat mengukur gaya yang diakibatkan oleh pengaruh gravitasi terhadap massa.

Itulah sebabnya rumus untuk menghitung berat adalah berat [W] = massa [m] x gravitasi [g].

Helmenstine menjelaskan lebih lanjut bahwa massa tidak akan pernah berubah, sementara berat bisa berubah tergantung besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Baca :   Cara Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus

Gravitasi di Bulan, misalnya, hanya 0,165 gravitasi Bumi sehingga sebuah benda yang massanya 10 kilogram di Bumi akan tetap 10 kilogram di Bulan, tetapi beratnya berubah dari 98 Newton di Bumi menjadi 16,17 Newton di Bulan.

Baca juga: Definisi Kilogram Berubah, BSN Ungkap Dampaknya bagi Kita

Perbedaan lainnya adalah massa tidak akan pernah nol, sementara berat bisa menjadi nol jika tidak ada gravitasi seperti berada di luar angkasa.

Massa juga merupakan kuantitas skalar yang memiliki magnitudo, sementara berat adalah kuantitas vektor yang memiliki magnitudo dan mengarah ke gravitasi.

Lalu, massa biasanya diukur menggunakan satuan gram dan kilogram, sementara berat diukur menggunakan satuan gaya newton.

Berapa berat Anda di planet lainnya?

Seperti dijelaskan di atas, massa Anda tidak berubah ketika berada di planet lain, tetapi berat Anda bisa berubah tergantung dari gravitasi.

Helmenstine telah mengompilasikan tabel yang membandingkan gravitasi di Bumi dengan planet-planet lainnya. Untuk mengetahui berat Anda di Jupiter, misalnya, kalikan berat Anda [W=mg] di Bumi dengan 2,64.

Untuk diketahui, perhitungan efek gravitasi pada berat tidak hanya bergantung pada massa saja, tetapi juga seberapa jauh Anda berada dari pusat gravitasi. Di Bumi saja, berat Anda bisa menjadi berubah bila berada di puncak gunung dibanding bila Anda berada pada ketinggian permukaan laut.

Lihat Foto

Anne Marie Helmenstine, Ph.D./Thought & Co.

Tabel nilai gravitasi di planet lain

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya


Merdeka.com –

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan istilah massa dan berat secara bergantian. Namun sebenarnya massa dan berat merujuk hal yang berbeda dalam pengertiannya.

Melansir dari laman
Thought.Co, perbedaan antara massa dan berat adalah bahwa massa adalah jumlah materi dalam suatu material, sedangkan berat adalah ukuran bagaimana gaya gravitasi bekerja pada massa tersebut.

  • Massa adalah ukuran jumlah materi dalam suatu benda. Massa dilambangkan dengan m atau M.
  • Berat adalah ukuran dari jumlah gaya yang bekerja pada massa karena percepatan akibat gravitasi. Berat biasanya dilambangkan dengan W. Berat adalah massa dikalikan dengan percepatan gravitasi [g].

Di Bumi, gravitasi cukup konstan sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai-nilainya. Namun, jika Anda membandingkan berat di Bumi dengan tempat lain, seperti Bulan, Anda bisa mendapatkan nilai yang berbeda.

Massa Anda di Bulan akan tetap sama, tetapi berat Anda akan berbeda karena percepatan gravitasi di sana berbeda.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum perbedaan massa dan berat menurut fisika yang perlu Anda ketahui:

2 dari 5 halaman

Ada beberapa perbedaan antara massa dan berat. Massa adalah properti intrinsik materi. Ia tidak berubah tergantung di mana Anda mengukurnya. Ia adalah nilai skalar, yang artinya memiliki besaran, tetapi tidak ada arah yang terkait dengannya.

Massa suatu benda tidak pernah nol. Anda mengukur massa dengan keseimbangan biasa di Bumi atau keseimbangan inersia di ruang angkasa.

Baca :   Bangun Datar Yang Tidak Memiliki Simetri Lipat Adalah

Berat tergantung pada efek gravitasi, sehingga dapat berubah tergantung di mana ia diukur. Dengan tidak adanya gravitasi, berat bisa menjadi nol. Karena berat adalah gaya, maka ia adalah vektor. Ia memiliki besaran dan arah. Anda mengukur berat menggunakan neraca pegas.

Satuan Massa dan Berat

Kita cenderung mengukur berat dalam gram, kilogram, ons, dan pound. Secara teknis, gram [g] dan kilogram [kg] adalah satuan massa. Satuan SI untuk berat adalah Newton [N], dengan massa 1 kg yang memiliki gaya 9,8 N di Bumi. Satuan berat AS adalah pound [lb], sedangkan satuan massa adalah sesuatu yang disebut siput. Pound adalah gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan massa 1 siput dengan kecepatan 1 ft / s 2 . Satu siput memiliki berat 32,2 pon.

Meskipun tidak masalah menggunakan pound dan kilogram secara bergantian untuk sebagian besar tujuan praktis, dalam sains paling baik menggunakan kilogram untuk massa dan Newton untuk berat.

3 dari 5 halaman

  • Massa adalah jumlah materi yang dimiliki oleh suatu benda.
  • Ini adalah besaran skalar, yang hanya memiliki besaran.
  • Satuannya adalah kilogram [kg].
  • Itu tidak diubah dengan mengubah posisi.
  • Ini dihitung dengan rumus: m = w / g
  • Ini diukur dengan keseimbangan fisik, keseimbangan balok, keseimbangan elektronik, dll.

Sifat berat

  • Berat adalah gaya gravitasi yang menarik bumi.
  • Ini adalah besaran vektor, yang artinya memiliki besaran dan arah.
  • Satuannya adalah newton [N].
  • Itu diubah dengan mengubah posisi.
  • Ini dihitung dengan rumus:w = mg
  • Ini diukur dengan neraca pegas.

4 dari 5 halaman

Berat dan massa saling berkaitan, benda yang memiliki massa besar juga memiliki bobot yang besar. Misalnya, benda besar sulit dilempar karena memiliki beban yang besar.

Untuk memahami hubungan antara berat dan massa, perhatikan bahwa benda yang jatuh bebas memiliki percepatan besar “g”. Darihukum kedua Newton, kita mengetahui bahwa gaya harus bekerja untuk menghasilkan percepatan gravitasi. Hukum tersebut berbunyi ‘percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya [resultan gaya] yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya’.

Sebagai contoh, jika benda bermassa 1 kg jatuh dengan percepatan 9,8 meter per sekon persegi, gaya yang dibutuhkan memiliki besaran yang diberikan sebagai:

F = m.a

  = [1 kg] [9,8 m / s²]

  = 9,8 kg m / s²

  = 9,8 N

Kekuatan yang membuat tubuh mempercepat penurunan diketahui beratnya. Setiap orang yang berada di dekat permukaan bumi bermassa 1 kg harus memiliki berat 9,8 N untuk memberikan percepatan.

5 dari 5 halaman

Dari sudut pandang ilmiah, pemahaman bahwa massa dan berat adalah besaran yang masing-masing mengukur materi yang terkandung dalam suatu benda dan gaya yang diberikan oleh gravitasi, jenis yang paling dikenal dan digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Massa atom: Massa atom.
  • Massa molar: Massa satu mol suatu zat.
  • Massa molekul: Massa molekul suatu zat.
  • Massa inersia: Besaran fisik yang menunjukkan ketahanan suatu benda terhadap perubahan kecepatan.
  • Massa tubuh: Ini adalah massa tubuh seseorang.
  • Berat atom: Ini adalah massa rata-rata atom suatu unsur.
  • Berat molekul: Ini adalah hasil dari penjumlahan berat atom unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa.

Video yang berhubungan

Perbedaan Antara Massa Dan Berat Terletak Pada

Sumber: https://apamaksud.com/tuliskan-5-perbedaan-antara-massa-dan-berat

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …