Penerapan Elektrolisis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Penerapan Elektrolisis Dalam Kehidupan Sehari Hari


Kegunaan Sel Elektrolisis


1.



Penyepuhan logam (electroplating)





Tujuan penyepuhan logam melapisi logam dengan logam lain agar tidak mudah berkarat.Misalnya penyepuhan perak yang biasa dilakukan pada peralatan rumah tangga, seperti sendok, garpu, dan pisau.Logam yang akan disepuh dijadikan katode, logam penyepuh sebagai anode.Sebagai larutan elektrolit digunakan larutan yang mengandung logam penyepuh.

Contoh : penyepuhan sendok besi oleh logam perak (Ag). Sendok besi dipasang sebagai katode dan logam perak bertindak  sebagai anode.Larutan elektrolitnya adalah larutan AgNO3


Gambar






Penyepuhan perak pada sendok besi

Logam Ag di anode (sebagai electrode aktif) akan teroksidasi

Anode : Ag

à

Ag+  + e

Ion Ag+ pada larutan akan menuju katode (kutub negative) dan tereduksi

Katode : Ag+ + e

à

Ag

Logam Ag yang terbentuk akan menempel di sendok besi.


2) Produksi aluminium

Sel elektrolisis pada produksi Aluminium diperoleh dengan cara elektrolisis bijih aluminium. Reaksi yang terjadi sebagai berikut.

Katode : Al3+(aq) + 3 e–

à
Al(l)

Anode : 2 O2–(aq)


à


O2(g) + 4 e–

4Al3+(aq)+ 6O2–(aq)

4 Al(l) + 3O2(g)

Proses Hall_Haroult


3) Produksi natrium.






Sel elektrolisis pada produksi Natrium diperoleh dengan cara elektrolisis lelehan NaCl yang dikenal dengan

Proses Down
. Reaksi yang terjadi sebagai berikut.

Katode : 2 Na+(l) + 2 e–



2 Na(l)

Anode : 2 Cl–(l)



Cl2(g) + 2 e–

2 Na+(aq)+2Cl–(aq)



2 Na(l) + Cl2(g)

2.


Pemurnian Logam

Pada pengolahan tembaga dari bijih kalkopirit diperoleh tembaga yang masih tercampur dengan sedikit perak, emas, dan platina. Tembaga yang tidak murni dipisahkan dari zat pengotornya dengan elektrolisis.



Tembaga yang tidak murni dipasang sebagai anoda dan tembaga murni dipasang sebagai katoda dalam elektrolit larutan

CuSO4
 .tembaga di anoda teroksidasi menjadi Cu2+ selanjutnya
Cu
2+
 direduksi di katoda.

Baca :   Lampu Yang Akan Padam Jika Saklar S2 Dibuka Adalah



Anode    Cu (s)

à

Cu2+ (aq) + 2e

Katode   Cu2+ (aq) + 2e

à

Cu (s)

anode semakin habis dan katoda semakin bertambah besar. Logam emas, perak, dan platina terdapat pada lumpur anoda sebagai hasil samping pada pemurnian tembaga.

Pemurnian Tembaga

Page 2

Blog KoKim
– Setelah kita mempelajari materi sel elektrolisis dan hukum Faraday pada elektrolisis, kita akan lanjutkan membahas materi
Kegunaan Sel Elektrolisis dalam Kehidupan. Kegunaan sel elektrolisis antara lain untuk penyepuhan logam, produksi aluminium, dan produksi natrium. Berikut penjelasan dari masing-masing kegunaan dari sel elektrolisis.        Penyepuhan logam bertujuan melapisi logam dengan logam lain agar tidak mudah berkarat. Contohnya, penyepuhan perak yang biasa dilakukan pada peralatan rumah tangga, seperti sendok, garpu, dan pisau. Pada penyepuhan perak, logam perak bertindak sebagai katode dan sendok besi bertindak sebagai anode.

Contoh lainnya adalah pada kendaraan bermotor, biasanya mesin kendaraan bermotor yang terbuat dari baja dilapisi dengan kromium. Proses pelapisan kromium dilakukan dengan elektrolisis, larutan elektrolit disiapkan dengan cara melarutkan CrO$_3$ dengan asam sulfat encer. Kromium(VI) akan tereduksi menjadi kromium(III) lalu tereduksi menjadi logam Cr. $CrO_3(aq) + 6 H^+(aq) + 6 e^- \rightarrow Cr(s) + 3 H_2O(l) $        Aluminium diperoleh dengan cara elektrolisis bijih aluminium. Reaksi yang terjadi sebagai berikut.

Natrium diperoleh dengan cara elektrolisis lelehan NaCl yang dikenal dengan Proses Down. Reaksi yang terjadi sebagai berikut.

4) Korosi atau Pengkaratan Logam

       Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah melihat besi yang berkarat. Apabila besi didiamkan pada udara yang lembap maka pada permukaan besi akan terbentuk karat. Masalah yang sering terjadi pada logam adalah korosi. Korosi disebabkan karena reaksi logam dengan oksigen dan air. Contohnya korosi pada besi.        Perhatikanlah berikut ini, Pada proses korosi, besi bertindak sebagai anode yang akan mengalami reaksi oksidasi membentuk Fe$^{2+}$, sedangkan O$_2$ mengalami reduksi menjadi OH$^-$, gabungan Fe$^{2+}$ dan OH$^-$ membentuk karat.

Baca :   Bilangan Oksidasi N 2 Terdapat Pada Senyawa

Proses korosi dapat dicegah melalui: 1. Perlindungan pada permukaan, contohnya dengan cat. 2. Perlindungan elektrokimia dengan menggunakan logam lain (proteksi katodik). 3. Pembentukan aloi. Aloi adalah campuran logam dengan logam lain sehingga menghasilkan campuran logam yang lebih kuat dan tahan karat. Contohnya, campuran Ni dengan Cr.

Demikian pembahasan
Kegunaan Sel Elektrolisis dalam Kehidupan
dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan sel elektrokimia.


Page 2

Aplikasi,
Kegunaan Sel Elektrolisis
dalam Kehidupan Sehari-hari, Contoh, Kimia – Sel elektrolisis banyak digunakan dalam bidang industri, di antaranya pada pembuatan beberapa bahan kimia, pemurnian logam dan penyepuhan.

1.

Pembuatan Beberapa Bahan Kimia

Beberapa bahan kimia seperti logam alkali dan alkali tanah aluminium, gas hidrogen, gas oksigen, gas klorin, dan natrium hidroksida dibuat secara elektrolisis.

Contoh : Pembuatan logam natrium dengan mengelektrolisis lelehan NaCl yang dicampur denganCaCl2

NaCl(l) Na+(l) + Cl-(l)

Katoda :

Na+(l) + e


Na(l)

(x 2)

Anoda :

2Cl-(l)


Cl2(g) + 2e

2Na+(l) + 2Cl-(l)


2Na(l) + Cl2(g)

Natrium cair yang terbentuk di katoda mengapung di atas cairan NaCl, kemudian dikumpulkan pada kolektor.

2.

Pemurnian Logam

Pada pengolahan tembaga dari bijih kalkopirit diperoleh tembaga yang masih tercampur dengan sedikit perak, emas, dan platina. Untuk beberapa keperluan dibutuhkan tembaga murni, misalnya untuk membuat kabel. Tembaga yang tidak murni dipisahkan dari zat pengotornya dengan elektrolisis.

Tembaga yang tidak murni dipasang sebagai anoda dan tembaga murni dipasang sebagai katoda dalam elektrolit larutanCuSO4 tembaga di anoda akan teroksidasi menjadiCu2+ selanjutnyaCu2+ direduksi di katoda.

Anoda

:

Cu(s)


Cu2+(aq) +2e

Katoda

:

Cu2+(aq) + 2e


Cl2(g) + 2e

Cu(s)


Cu(s)

anoda

Katoda

Baca :   Contoh Senyawa Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dengan demikian tembaga di anoda pindah ke katoda sehingga anode semakin habis dan katoda semakin bertambah besar. Logam emas, perak, dan platina terdapat pada lumpur anoda sebagai hasil samping pada pemurnian tembaga.

Gambar 1. Pemurnian tembaga.

3.

Penyepuhan Logam

Suatu produk dari logam agar terlindungi dari korosi (perkaratan) dan terlihat lebih menarik seringkali dilapisi dengan lapisan tipis logam lain yang lebih tahan korosi dan mengkilat. Salah satu cara melapisi atau menyepuh adalah dengan elektrolisis. Benda yang akan dilapisi dipasang sebagai katoda dan potongan logam penyepuh dipasang sebagai anoda yang dibenamkan dalam larutan garam dari logam penyepuh dan dihubungkan dengan sumber arus searah.

Contoh : untuk melapisi sendok garpu yang terbuat dari baja dengan perak, maka garpu dipasang sebagai katoda dan logam perak dipasang sebagai anoda, dengan elektrolit larutanAgNO3. Seperti terlihat pada gambar 2.

Gambar 2. Pelapisan sendok dengan logam perak.

Logam perak pada anoda teroksidasi menjadiAg+ kemudian direduksi menjadi Ag pada katoda atau garpu. Dengan demikian garpu terlapisi. oleh logam perak.

Anoda

:

Ag(s)


Ag+(aq)+ e

Katoda

:

Ag+(aq) + e


Ag (s)

Ag(s)


Ag(s)

anoda

Katoda

Anda sekarang sudah mengetahui
Kegunaan Sel Elektrolisis. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Pangajuanto, T. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Tags
:

Related : Aplikasi, Kegunaan Sel Elektrolisis dalam Kehidupan Sehari-hari, Contoh, Kimia

Penerapan Elektrolisis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber: https://lovelyristin.com/sebutkan-2-contoh-penerapan-sel-elektrolisis-dalam-kehidupan-sehari-hari

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …