Pencegahan Terjadinya Korosi Pada Besi Tidak Dapat Dilakukan Dengan Cara

Pencegahan Terjadinya Korosi Pada Besi Tidak Dapat Dilakukan Dengan Cara

Penting kiranya bagi semua pemilik barang berbahan dasar logam, seperti besi, untuk mengetahui cara mencegah korosi pada besi. Tujuannya agar para pemilik dapat melindungi barang-barang tersebut dari korosi, sehingga barang tetap awet dan cantik.

Apa itu Korosi?

Korosi atau perkaratan adalah peristiwa rusaknya logam, seperti besi, perak, dan tembaga akibat mengalami oksidasi.

Besi yang mengalami korosi akan berkarat, sementara perak yang mengalami korosi warnanya cenderung memudar dan tidak mengkilap lagi. Korosi pada tembaga pun membuat munculnya bercak-bercak hijau pada tembaga.

Penyebab Terjadinya Korosi pada Besi

Korosi pada barang-barang logam seperti besi biasanya disebabkan oleh komposisi logam yang mungkin kurang baik atau kurang murni, sehingga mudah terkena korosi.

Korosi dapat pula disebabkan oleh faktor lingkungan seperti hujan maupun kelembapan udara. Zat pengotor seperti debu karbon yang akan bereaksi dengan unsur logam pada besi juga dapat menjadi salah satu penyebab korosi. Inilah sebabnya, besi yang Anda gunakan di lingkungan luar akan lebih cepat mengalami korosi, karena logam pada besi tersebut akan lebih sering terpapar dengan oksigen dan air.

Untungnya, ada sejumlah cara mencegah korosi pada besi yang bisa dicoba oleh para pemilik barang berbahan dasar besi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut!

Baca juga:
4 Cara Membersihkan Karat Pada Besi yang Mudah

9 Cara Mencegah Korosi pada Besi

Bagaimana cara mencegah korosi pada besi yang sudah pasti sangat mengganggu? Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Mengontrol Kelembaban

Sebagaimana pembahasan di atas, bahwa salah satu penyebab terjadinya korosi adalah karena kelembaban udara. Udara lembab yang banyak mengandung uap air akan mempercepat berlangsungnya proses korosi.

Baca :   Volume Bangun Berikut Adalah Titik Titik Kubus Satuan

Jadi, mengontrol kelembapan udara merupakan salah satu langkah yang cerdik dan mudah dipraktikkan. Anda dapat menggunakan
Air Conditioner
(AC) untuk mendinginkan dan mengurangi kelembaban di dalam gudang.

2. Lumuri dengan Oli

Oli mungkin lebih dikenal sebagai pelumas mesin kendaraan maupun alat berat. Padahal, oli sebetulnya dapat membantu mencegah timbulnya korosi pada besi. Menggunakan oli sebagai cara mencegah korosi pada besi terbilang sederhana. Cukup lumuri barang yang terbuat dari besi dengan menggunakan oli. Oleskan oli dengan memakai kuas secara merata sampai melapisi seluruh permukaan barang tersebut.

3. Berikan Lapisan Plastik

Melapisi barang yang terbuat dari besi dengan menggunakan lapisan plastik merupakan salah satu cara mencegah korosi pada besi yang patut dicoba. Sifat plastik yang cenderung tahan air membuatnya ideal untuk melindungi besi dari korosi.

Caranya, oleskan lapisan plastik pada barang yang terbuat dari besi lalu tunggu hingga benar-benar kering sebelum dipakai. Lapisan plastik dapat melekat erat pada permukaan besi, sehingga ketika besi terkena air, besi tidak mudah mengalami korosi. Namun, korosi dapat terjadi jika lapisan plastik tersebut terkelupas.

Pelapisan besi menggunakan plastik lebih cocok digunakan pada alat rumah tangga, seperti hanger untuk menjemur pakaian. Selain mencegah korosi pelapisan tersebut juga dapat menambah nilai estetika.

4. Lapisi dengan Lapisan Krom

Lapisan krom adalah suatu lapisan kimia yang mampu mencegah timbulnya kontak langsung antara logam, termasuk besi, dengan oksigen maupun air. Ini merupakan metode mencegah korosi pada besi yang terbilang ampuh sebab lapisan krom dapat melindungi besi maupun logam lain yang dilapisinya.

Kalaupun lapisan krom tergores, lapisan ini masih dapat melindungi besi atau logam dari korosi, sehingga pemilik barang tidak perlu khawatir. Salah satu metode mudah untuk mengaplikasikan lapisan krom pada barang berbahan dasar besi adalah dengan menyemprot lapisan krom menggunakan spray gun.

Baca :   Volume Bangun Setengah Bola Yang Memiliki Diameter 21 Cm Adalah

Baca juga:7 Cara Ngilangin Karat pada Besi tanpa Ribet

5. Galvanisasi

Merupakan teknik melapisi logam, seperti besi, dengan seng.
Galvanisasi
adalah salah satu metode mencegah korosi pada besi yang efektif karena seng dapat mencegah terjadinya kontak langsung antara logam dengan oksigen maupun air. Paparan oksigen dan air yang berlebihan memang dapat menyebabkan korosi.

Walau efektif, namun galvanisasi hanya bisa dilakukan di pabrik-pabrik besar. Ini lantaran seng harus dilelehkan terlebih dahulu sampai menjadi cairan bersuhu minimal 400 derajat Celcius. Setelah itu, barulah barang yang terbuat dari besi itu dicelupkan sepenuhnya ke dalam cairan seng tersebut. Dengan mencelupkan, cairan seng dapat melapisi seluruh besi dengan merata.

6. Lapisi dengan Cat

Tak hanya untuk memperindah ruang dan bangunan, cat juga rupanya dapat bertindak sebagai upaya mencegah karat pada besi. Melakukan pengecatan dapat mencegah timbulnya kontak langsung antara logam, seperti besi, dengan air sehingga mengurangi risiko korosi.

Pilihlah warna cat yang disukai, lalu oleskan secara merata pada barang yang terbuat dari besi dengan menggunakan
kuas untuk cat. Untuk hasil terbaik, oleskan cat sebanyak dua kali pada barang tersebut. Gampang sekali, bukan?

Pastikan cat yang dipakai merupakan
cat dasar besi
supaya cat menempel lebih baik pada permukaan besi dan tidak gampang terkelupas. Yuk, segera terapkan cara mencegah karat pada besi dengan menggunakan cat dasar besi untuk barang-barang besimu!

7. Tin Plating

Tin plating dapat digunakan sebagai
cara mencegah karat
pada besi melalui proses yang disebut elektrolisis. Proses elektrolisis adalah proses penguraian suatu sel suatu elektrolit dari arus listrik.

Tin plating tidak hanya dapat melindung barang-barang yang terbuat dari bahan baja atau besi, namun juga non-besi. Metode pelapisan besi ini sangat cocok untuk perlindungan besi yang memang ditempatkan atau digunakan di tempat-tempat yang memiliki resiko korosi yang besar.

Baca :   Sebuah Taman Berbentuk Lingkaran Taman Tersebut Memiliki Keliling 88 M

8. Chromium Plating

Krom tidak hanya menawarkan kecantikan dari sisi estetika, namun dapat melindungi dari masalah korosi. Lalu apa itu
choromium plating?
Chromium plating
adalah memberikan besi pelapis dengan bahan krom.

Sebenarnya, sifat perlindungan yang dihasilkan krom mirip dengan zink. Akan tetapi terdapat keunikan yaitu apabila lapisan krom sudah lepas, sifat perlindungan masih tetap diberikan pada bagian besi tersebut. Pencegahan korosi dengan cara ini sangat cocok untuk bumper mobil.

Baca juga:

Betulkah Baja Ringan Tahan Karat?

9. Sacrificial Protection

Cara mencegah korosi pada besi yang terakhir adalah dengan
sacrificial protection
atau pengorbanan anode. Ini adalah salah satu cara pencegahan korosi pada besi yang terbilang unik.

Sebagaimana namanya, cara ini seperti mengorbankan bahan yang satu untuk melindungi bahan lainnya. Bahan yang melapisi besi adalah bahan yang mudah berkarat, seperti magnesium. Jadi, seiring waktu, besi yang dilapisi tersebut menjadi tidak berkarat melainkan magnesium.

Kesimpulan

Itulah dia cara-cara mencegah korosi pada besi yang bisa Anda terapkan. Besi merupakan salah satu bahan yang terkenal awet. Tetapi, hal itu tidak berarti Anda tidak perlu merawat besi-besi pada perabotan atau peralatan Anda. Lindungi kondisi besi-besi Anda dengan menerapkan cara mencegah karat pada besi yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga:4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat dengan Mudah

Sumber artikel:

  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/cara-mencegah-korosi-pada-besi

Cek harga klik disini

Pencegahan Terjadinya Korosi Pada Besi Tidak Dapat Dilakukan Dengan Cara

Sumber: https://www.klopmart.com/article/detail/cara-mencegah-korosi-pada-besi

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …