Pasangan Organ Tubuh Yang Termasuk Organ Analogi Adalah

Pasangan Organ Tubuh Yang Termasuk Organ Analogi Adalah.


Organ yang bukan merupakan organ homolog adalah …


    A.

Sayap burung dan sayap kupu-kupu


    B.

Kaki depan kucing dan lengan manusia


    C.

Sirip dada ikan mas dan sayap burung


    D.

Tungkai depan katak dan tangan manusia


    E.

Sayap kelelawar dan tangan manusia








Pembahasan:










Homologi yaitu organ-organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama. Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia; sayap burung dan tangan manusia.



Jawaban: A
(
karena memiliki fungsi sama)












————#————











Jangan lupa komentar & sarannya ya 🙂


Email :

Selamat kamu sudah berhasil mendaftar di webinar

Catatan:

Mohon untuk mengikuti webinar ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan

Pembahasan: Homologi yaitu organ-organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama. Contoh homologi adalah sayap kelelawar, kaki depan kuda dan sirip paus.

Organ manakah yang homolog?

Pembahasan: Pasangan organ tubuh yang termasuk organ homolog yaitu one) Sayap burung dan tangan manusia dan 5) Kaki depan buaya dan sirip pada ikan paus. Contoh organ homolog lainnya adalah antara kaki depan anjing dengan sayap burung, kaki depan buaya dengan sirip dada ikan paus, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan homolog?

Homologi diartikan sebagai suatu kesamaan organ pada dua spesies tertentu. Namun, memiliki fungsi yang berbeda. Hal ini terlihat pada struktur anatomi pada organ tubuh mamalia. Contohnya adalah organ pada sayap yang dimiliki kelelawar dengan tangan manusia.

Apakah sayap burung dan sayap kelelawar homolog?

Baca :   Cara Mencari Persamaan Garis Tegak Lurus

Berdasarkan pernyataan tersebut, tidak ada homologi antara sayap burung dengan sayap kelelawar melainkan analogi, sebab sayap burung dan sayap kelelawar tidak berasal dari asal yang sama namun memiliki fungsi yang sama.

Apakah kaki gajah dan sirip paus homolog?

Pembahasan: Organ yang homolog adalah organ yang strukturnya sama, namun fungsinya berbeda. Contoh organ yang homolog yaitu kaki gajah dan sirip paus.

Mengapa sayap burung dan tangan manusia disebut organ homolog?

Pembahasan: Organ homolog merupakan salah satu petunjuk adanya evolusi. Organ homolog adalah organ makhluk hidup yang memiliki struktur dasar sama, tetapi fungsinya berbeda. Sayap burung dan tangan manusia merupakan organ homolog karena memiliki struktur dasar sama, tetapi fungsi berbeda.

Apakah sayap kupu-kupu homolog dengan organ tangan manusia?

Homologi yaitu organ- organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama. Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia; sayap burung dan tangan manusia.

Apakah kaki depan kuda termasuk organ homolog?

Berdasarkan soal, yang termasuk homologi yaitu angka three dan v. Kaki depan kuda, tangan manusia, dan kaki depan gajah memiliki struktur yang sama, yaitu terdiri atas tulang humerus (lengan atas), radius (pengumpil), ulna (hasta), karpal (pergelangan), metakarpal (telapak), dan falangus (jari-jari).

Apa yang dimaksud dengan homolog dan analog beri contoh?

Pembahasan Soal: Homologi adalah organ-organ tubuh yang dimana mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai dasar yang sama. Analogi adalah organ-organ tubuh yang mempunyai struktur yang berbeda, tetapi memiliki fungsi yang sama. Contoh dari analogi adalah sayap kupu-kupu dan sayap kelelawar.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan homologi organ tubuh dan tuliskan contohnya?

Homologi yaitu organ- organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai ada dasar yang sama. Misalnya, sayap memiliki fungsi yang sama untuk kupu-kupu dan kelelawar, tetapi tidak ada kesamaan evolusi di antara mereka.

Apakah sayap kupu-kupu dan sayap burung homolog?

a. Homologi yaitu organ- organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama. Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia; sayap burung dan tangan manusia. Contoh: sayap pinguin dan sayap burung.

Baca :   Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Kelajuan Suatu Benda Adalah

Apa itu organ homolog?

Homologi adalah kesamaan pada beberapa spesies yang dihasilkan dari leluhur yang sama. Salah satu contoh homologi adalah tungkai pada lengan manusia memiliki struktur dan susunan yang sama dengan sayap burung dan sirip paus, walaupun semua struktur tersebut memiliki fungsi yang berbeda (Gambar 1).

Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket three Soal No 1-xl Tahun Pelajaran 2016/2017

Soal nomor 39:
Berikut ini organ-organ tubuh berbagai jenis makhluk hidup:

  1. Tangan manusia
  2. Kaki depan anjing
  3. Sayap burung
  4. Sayap kupu-kupu
  5. Sayap kelelawar

Homologi merupakan salah satu petunjuk adanya evolusi dimuka bumi. Dari organ-organ tersebut yang menunjukan adanya proses homologi adalah….

C. (ane), (3), dan (5) D. (two), (three), dan (iv) E. (iii), (four), dan (5)

Lihat Kunci Jawaban dan pembahasan pada video berikut ini:



Homologi adalah organ- organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama.


Jadi yang termasuk homologi adalah:

  • Tangan manusia (untuk menggenggam)
  • Kaki depan anjing (untuk berjalan)
  • Sayap burung (untuk terbang)

Lihat Foto

Contoh organ analog adalah tungkai depan tetrapoda


KOMPAS.com
– Makhluk hidup memiliki berbegai organ tubuh untuk menunjang kehidupanya. Dalam ilmu evolusi, organ makhluk hidup digolongkan ke dalam organ analog dan juga organ homolog. Apa itu organ homolog?

Berikut adalah pengertian dari organ homolog pada makhluk hidup berserta contohnya!

Pengertian organ homolog

Untuk menyingkap evolusi dan asal muasal makhluk hidup, para ilmuan melakukan penyelidikan pada fungsi dan struktur makhluk hidup juga berdasarkan gennya. Kesamaan pada fungsi, struktur, dan gen membantu ilmuan untuk mengurutkan evolusi makhluk hidup.

Dari penyelidikan tersebut ada yang dinamakan struktur atau organ homolog. Dilansir dari Biological science Online, struktur homolog adalah kesamaan struktur pada organisme dengan nenek moyang yang sama tetapi tidak berfungsi dengan cara yang sama.

Baca juga: Organ Analog: Pengertian dan Contohnya

Artinya, organ homolog adalah organ makhluk hidup dengan nenek moyang juga garis evolusi yang sama namun memiliki fungsi yang berbeda.

Baca :   Kelebihan Dan Kelemahan Teori Atom Mekanika Kuantum

Dilansir dari Biology LibreTexts, organ homolog diukur dengan membandingkan urutan protein atau DNA. Makhluk hidup dengan urutan DNA dengan kesamaan tinggi berarti memiliki gen yang mirip.

Hal tersebut mendukung hipotesis bahwa kedua makhluk hidup tersebut memiliki nenek moyang evolusi yang sama.

Contoh organ homolog

Sayap kelelawar dan sirip ikan paus

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sayap kelelawar dan sirip ikan paus keduanya beraal dari kaki depan nenek moyang mamalia awal yang sama. Namun, keduanya mengalami modifikasi dan adaptasi sehingga memiliki fungsi yang berbeda.

Sayap kelelawar digunakan untuk terbang, sedangkan sirip ikan paus digunakan untuk berenang.

Baca juga: Ciri-Ciri Evolusi

Tungkai depan tetrapoda

Contoh organ homolog adalah tungkai depan tetrapoda atau hewan berkaki empat. Hewan berkaki empat berevolusi menjadi berbagai jenis spesies, di mana tungkai depannya memiliki struktur yang hampir sama namun memiliki fungsi yang berbeda.

Misalnya, kaki depan katak, kaki depan harimau, kaki depan paus, dan kaki depan burung berasal dari nenek moyang tetrapoda yang sama namun dimodifikasi sehingga memiliki fungsi yang berbeda.

Katak menggunakan tungkai depannya yang pendek untuk menahan tubuhnya setelah melompat. Harimau menggunakan kaki depannya untuk berlari dan mencengkram mangsanya.

Paus memodifikasi tungkai depannya menjadi sirip untuk berenang. Adapun burung memodifikasi tungkai depannya menjadi sayap untuk terbang.

Baca juga: Evolusi dan Berbagai Teorinya

Daun pada tumbuhan

Tumbuhan juga memiliki organ homolog berupa daun. Beberapa tumbuhan dengan garis evolusi yang sama mengembngkan daun dengan fungsi yang berbeda.

Misalnya kaktus mengembangkan daunnya menjadi duri untuk mengurangi penguapan dan melindungi diri dari predator. Venus flytrap mengembangkan daunnya menjadi penjebak serangga untuk mendapatkan makanan.

Dan juga kantong semar yang mengembangkan daunnya menjadi kantong berisi asam untuk mencerna makanan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pasangan Organ Tubuh Yang Termasuk Organ Analogi Adalah

Source: https://mempelajari.com/organ-organ-diatas-yang-termasuk-homologi-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …