Pak Fatkhur Adalah Seorang Penyedia Jasa Tukang Bangunan

Pak Fatkhur Adalah Seorang Penyedia Jasa Tukang Bangunan

Proporsi membal nilai adalah proporsi semenjak dua biji pelir skor berusul suatu besaran yang sejenis. di dalam nisbah ini apabila nilai suatu komponen naik, maka poin komponen yang bukan akan melandai. Misalkan Selongsong Fatkhur adalah koteng penyedia jasa tukang konstruksi (buruh kasar bangunan). Ia berpengalaman dalam titipan-proyek pembangunan kondominium tinggal, karena dia sendiri pula seorang tukang bangunan. Beliau menjelaskan bahwa dalam menyelesaikan sebuah rumah yang berukuran 12,5 m × 7 m diselesaikan maka itu 5 pandai, termasuk Sampul Fatkhur seorang, selama 2 bulan sampai selesai.

Bagi mengerapkan penyelesaian gedung, Pak Fatkhur sanggup menyediakan ahli komplemen sesuai dengan permintaan pelanggan. Pak Fatkhur dan 9 temannya pernah membangun rumah selama 1 bulan. Cukuplah, coba kalian duga, berapa lama waktu yang dibutuhkan maka itu Cangkang Fatkhur dan 5 sosok temannya kerjakan tanggulang sebuah rumah dengan ukurannya yang setara seperti cerita di atas?

Jika pelanggan Selongsong Fatkhur ingin punya rumah yang bisa dikerjakan selama 25 hari, berapa pekerja nan dibutuhkan untuk mengendalikan pembangunan rumah? Bagaimana garis haluan untuk menyelesaikannya?

Ayo Kita Amati

Kecepatan dan waktu tempuh

Alan mengendarai sepeda motor dan menempuh jarak 480 km detik mudik. Setiap kali mudik, anda mengepas dengan kecepatan rata-rata nan berbeda dan menyadari lama perjalanan. Tabulasi di sumber akar ini menunjukkan kecepatan ratarata motor dan waktu yang ditempuh.

Kecepatan Umumnya (x) (km/jam) 80 75 60 40
Tahun (y) (jam) 6 6,4 8 12

Alan menguji tabel yang dibuatnya buat mengerti afiliasi antara kelajuan dan tahun sejauh pelawatan nan bubar 480 km.

Ayo Kita Menanya

Pernah apakah antara kecepatan dan waktu yang ditempuh sepanjang perjalanan yang berjarak 480 km? Bagaimanakah persamaan yang boleh kalian bikin untuk menyatakan hubungan kecepatan rata rata (x) dan waktu kompensasi (y).

Silakan Kita Melubangi Manifesto

Contoh 1 :

Alan kepingin mengerti lama perjalanan yang ditempuh jika dia menunggang pit biang keladi dengan kepantasan rata-rata 50 km/jam. Alan menyelesaikannya seperti berikut.

Baca :   Alat Untuk Mengetahui Muatan Listrik Suatu Benda Adalah

80 × 6 = 480
75 × 6,4 = 480
60 × 8 = 480
40 × 12 = 480
480 merupakan konstanta perbandingan.

y = 480 menyatakan perhubungan antara dua variabel;
x

Alan menggunakan persamaan lakukan menentukan waktu yang ditempuh dengan kecepatan 50 km/jam. Dengan mensubstitusi 50 km/jam untuk nilai x, bisa ditentukan angka y, tahun yang ditempuh.

Hari yang ditempuh = 480
kederasan rata – rata sepeda dalang yang dikendarai
y = 480 , y = 480 , y = 9,6
x 50

Contoh 2 :

Berlandaskan kelainan di atas, gambarlah grafik persamaan yang menyatakan neraca antara kelajuan rata-rata dan periode yang ditempuh.

Alternatif Penuntasan

Kita tahu bahwa persamaan yang terjaga yakni y = 480/x, y adalah waktu yang ditempuh dan x adalah kelancaran umumnya. Dengan menggunakan tabel berikut, kita boleh menciptakan menjadikan grafik yang terlatih.

Kecepatan Rata-rata (x) (km/jam) 80 75 60 40
Waktu (y) (jam) 6 6,4 8 12
N partner terurut (x, y) (80, 6) (75, 6,4) (60, 8) (40, 12)

Grafik yang terasuh yaitu sebagai berikut.

Perhatikan bahwa grafik yang terbentuk berpunca persamaan rasio berbalik kredit tidak melampaui titik asal (0, 0) dan tidak memotong api-api koordinat

Selain kecepatan dan masa yang berbanding tertunggang, terdapat beberapa ki kesulitan sehari-hari yang saling berbanding terbalik. Misalkan banyak pekerja dan waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan suatu pekerjaan.

Banyak praktisi (manusia) Waktu yang dibutuhkan (hari)
6 30
10 18
12 15
15 12
20 9
30 6

Tabel di atas menunjukkan hubungan antara banyak pekerja dan waktu yang dibutuhkan bagi menyelesaikan pekerjaan. Perhatikan larik pertama dan keenam. Neraca banyak pekerja dan tahun yang dibutuhkan pada kedua baris saling berkebalikan. 6/30 buat ririt pertama dan 30/6 pada baris keenam. Hal serupa juga akan kelihatan, misalnya plong baris ketiga dan keempat.

Contoh :
Suatu pencahanan boleh diselesaikan oleh 12 hamba allah intern waktu 20 hari. Berapa lama waktu yang dibutuhkan kerjakan tanggulang pekerjaan itu apabila diolah oleh 6 orang?

Baca :   Sebuah Tempat Rekreasi Setiap Hari Menjual 1000 Lembar Tiket

Alternatif Penyelesaian

Masalah di atas dapat kita selesaikan dengan membuat diagram begitu juga berikut.

Banyak pekerja (orang) Waktu yang dibutuhkan (hari)
12 20
6 h

Dengan menggunakan konsep perbandingan mentulmentul nilai, diperoleh :

Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai

Jadi, pegangan akan selesai dalam waktu 40 hari apabila diselesaikan maka dari itu 6 turunan.

Marilah Kita


Belajar

1. Tentukan apakah tiap tabel berikut menunjukkan perbandingan berbalik angka. Jika iya, jelaskan.

Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai

2. Andrea mengatakan bahwa paralelisme y/2 = 8/x bukanlah pertepatan rasio mengantul nilai karena bentuknya tidak y= k/x . Jelaskan dan perbaiki kesalahan yang disampaikan maka itu Andrea.

y/2 = 8/x adalah perimbangan berpantul-pantul nilai. Karena bagan tersebut dapat diubah menjadi y = 16/x dengan k = 16.

3. Pak Fatkhur adalah seorang fasilitator jasa tukang bangunan (kuli konstruksi). Kamu berpengalaman dalam proyek-bestelan pembangunan kondominium tinggal, karena beliau koteng juga seorang tukang bangunan. Beliau menjelaskan bahwa dalam menyelesaikan sebuah kondominium boleh diselesaikan oleh 5 tukang, tertulis kemasan Fatkhur sendiri, sejauh 2 wulan setakat selesai finishing. Bakal menyeringkan penuntasan konstruksi, Pak Fatkhur sanggup menyediakan tukang tambahan sesuai dengan permintaan pelanggan. Pak Fatkhur dan 9 temannya pernah membangun rumah sejauh 1 bulan.

Nah, sekarang coba kalian nyana, berapa lama nan dibutuhkan maka dari itu Paket Fatkhur dan 5 makhluk temannya untuk mengatasi sebuah rumah yang ukurannya setinggi seperti yang dijelaskan di atas? Jika pelanggan Pak Fatkhur ingin punya kondominium yang bisa diselesaikan selama 25 hari, berapa pelaku nan dibutuhkan untuk mengamankan pembangunan apartemen?

Berikut tabel banyak pekerja dan musim penyelesaian konstruksi

Banyak pekerja Lama perampungan
5 2 bulan = 60 hari
10 1 bulan = 30 perian
6 x
y 25 hari

Perhatikan bahwa hasil bisa jadi antara banyak pelaku dan lama penyelesaian lega dua larik kurungan merupakan sama. Sehingga, cak bagi menentukan lama perampungan apabila banyak pekerja sebanyak 6 orang adalah sebagai berikut.

10 × 30 = 6 × x
300 = 6x
x = 50
Jadi, lama perampungan pembangunan rumah apabila diselesaikan oleh 6 turunan adalah 50 masa.

Baca :   Fungsi Garis Lintang Dan Garis Bujur

Apabila pembangunan rumah harus terjamah 25 hari, maka banyak pekerja boleh ditentukan sebagai halnya berikut.

10 × 30 = 25 × y
300 = 25y
y = 12
Kaprikornus, banyak pelaku nan dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan kondominium selama 25 hari adalah 12 pekerja

4. Tentukan persamaan dari tabulasi berikut.

Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai

5. Jarak ii kabupaten P ke kota Q yaitu 60 km. Diagram di asal ini menunjukkan hubungan antara kecepatan sepeda motor (km/jam) dan periode yang diperlukan (jam).

Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai

a. Dengan menunggangi tabel di atas, tentukan kecepatan kendaraan bila waktu yang dibutuhkan bagi menuntut ganti rugi perjalanan dari daerah tingkat P ke Q adalah 1,5 jam. Jelaskan bagaimana kalian memperoleh jawaban.

Misalkan kelajuan gembong merupakan v dan musim nan dibutuhkan adalah t, maka nikah v dan falak adalah vt = 60. Apabila lama perjalanan yaitu 1,5 jam, maka kecepatan motor dapat ditentukan begitu juga berikut.

v= 60 = 60 , v =40
t 1,5

Bintang sartan, kederasan kendaraan apabila hari yang ditempuh dari ii kabupaten P ke Q 1,5 jam adalah 40 km/jam.

b. Dapatkah kalian menentukan persamaan grafik di atas? Jelaskan.
Persamaan diagram adalah vt = 60.

c. Pertanyaan melenggong
Dapatkah kalian menentukan kecepatan yang dibutuhkan pengendara lakukan menempuh total lama perjalanan meninggalkan dan perjalanan pulang selama 3 jam? Bagaimana kalian menentukannya.

Berikut teoretis dua jawaban berbeda :
Meski lama penjelajahan pergi dan pulang ditempuh selama 3 jam, pengendara motor bisa memacu kendaraannya 40 km/jam saat menginjak bersumber kota P ke kota Q dan ketika perjalanan pulang .

Maupun
Supaya lama perjalanan menjauhi dan pulang ditempuh selama 3 jam, pengendara motor dapat menyeringkan kendaraannya 30 km/jam saat mulai dari kota P ke ii kabupaten Q. Saat perjalanan pulang dari Daerah tingkat Q ke kota P memacu kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam.

Pak Fatkhur Adalah Seorang Penyedia Jasa Tukang Bangunan

Sumber: https://asriportal.com/pak-fatkhur-adalah-seorang-penyedia-jasa-tukang-bangunan/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …