Mushola Dan Tempat Wudhu Dalam Rumah

Mushola Dan Tempat Wudhu Dalam Rumah

Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah –
Tempat sholat atau mushola di rumah sering kali tidak dirancang secara khusus karena kebutuhannya hanya berupa ruang kecil saja. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mengabaikan bagaimana cara membuat
desain mushola dan tempat wudhu dalam rumah
yang baik dan benar. Menanggapi masalah yang demikian, maka dalam artikel kali ini kita akan membahas seputar desain mushola dan tempat wudhu dalam rumah agar mushola-mushola yang kita buat semakin membuat nyaman dalam melakukan bentuk ibadah apa saja.

Perencanaan Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah

Sangat dimungkinkan bahwa mushola rumah akhir – akhir ini hanya memanfaatkan ruang kecil di sela-sela ruang yang ada. Padahal sebenarnya ruang khususnya untuk tempat beribadah harus dipandang serius agar sholat dapat dilakukan dengan nyaman serta memiliki kapasitas yang memadai.

Berbicara
terkait desain mushola dan tempat wudhu di rumah, berikut kami sajikan perencanaan desainnya :

  1. Perlu diketahui bahwasanya mushola yang dibangun harus sesuai kebutuhannya. Sesuai kebutuhan itu maksudnya bagaimana? Jadi, pada saat merencanakan pembangunan, usahakan mushola berorientasi atau menghadap ke arah barat dengan lebar sesuai dengan jumlah personil keluarga.

Menghadap ke arah barat dalam artian menghadap ke arah kiblat ya. Untuk pintunya sendiri bisa diletakkan di mana saja, baik disamping ruangan maupun di belakang. Yang pasti jangan dari arah depan agar pada saat melakukan ibadah tidak mengganggu konsentrasi angoota keluarga lainnya.

Baca :   Poster Selamat Hari Raya Idul Fitri

Lantas mengapa harus memiliki lebar sesuai dengan anggota keluarga? Yang pasti lebar dimaksudkan agar pada saat melakukan jamaah sholat makmum bisa berada di satu shaf yang sama. Kalau anggotanya banyak, bisa deh dibuat 2 atau lebih shaf sholat. Jadi tidak perlu bergantian dan bisa melakukan sholat dengan personil keluarga yang lengkap.

  1. Tempat Wudhu sebaiknya berada tidak jauh dari area mushola rumah. Iya, ada baiknya pada saat merancang pembangunan mushola rumah, tempat wudhu berada tidak jauh dari lokasi kita akan menjalankan ibadah. Namun dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni menyangkut tentang batas suci dan kebersihannya.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya agar sholat kita absah di hadapan Allah kita harus menjaga kesucian diri maupun kesucian tempat. Nah maka dari itu, batas suci dan kebersihan harus selalu diperhatikan. Jangan sampai air yang kita gunakan bercecer di area mushola.

Proyek Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah

Setidaknya, jika dua hal yang disebutkan di atas, mampu kita perhatikan dengan baik maka kita akan memperoleh desain mudhola dan tempat wudhu dalam rumah sesuai dengan syariat islam. Tinggal bagaimana kita akan memproyekkannya.

Proyek desain mushola itu sama dengan proyek desain bangunan lainnya. Harus selalu memiliki konsep agar bisa membuat nyaman siapapun yang ada di dalamnya. Konsep-konsep di sini kalian bisa padukan terkait desain arsitekturnya, hiasan ruangannya, penataan ruangannya, dan lain sebagainya.

Semisal, kita ingin mushola yang selain bisa digunakan untuk berjamaah, juga bisa digunakan sebagai tempat mengaji dan belajar. Maka harus ada kabinet yang berisikan buku-buku keagamaan atau jenis buku lainnya disertai meja kecil yang bisa dipindah-pindahkan. Pun bisa ditambah kipas angin atau AC agar ibadah juga belajar kita lebih terasa adem, nyaman, juga betah.

Baca :   Cara Kerja Exhaust Fan in Out

Sekian sedikit penjelasan seputar
desain mushola dan tempat wudhu dalam rumah.
Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Mushola Dan Tempat Wudhu Dalam Rumah

Source: https://gambarrumah.online/info/seputar-desain-mushola-dan-tempat-wudhu-dalam-rumah/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …