Model Atom Seperti Roti Kismis Dikemukakan Oleh

Model Atom Seperti Roti Kismis Dikemukakan Oleh.

♔ Nigh | Materi Pelajaran | Gerbang Informasi | Peta Situs ♔

Laman ini adalah tampilan fashion baca. Klik di sini untuk keluar dari mode baca: Model Roti Kismis Thomson

FacebookTwitterPinItShortURL

Sir Joseph John “J. J.” Thomson (1856-1940) adalah seseorang yang dikenal luas dalam ditemukannya elektron. Thomson adalah seorang Cavendish Professor (sebutan untuk posisi senior di Universitas Cambridge) dalam Fisika Eksperimental. Pada tahun 1897, dari percobaan yang dilakukannya dengan menggunakan tabung sinar katode, didapatkan bahwa sinar katode adalah berkas partikel yang bermuatan negatif. [ane]

Joseph John Thomson | Photo past QWerk is not licensed (Public Domain)

Namanya sebagai penemu elektron ini menjadi topik yang menarik. Jelas, bahwa dia tidak menemukan tabung vakum atau sinar katode, lalu apa yang menyebabkan Thomson dikatakan penemu elektron? Thomson membuat estimasi yang baik pada muatan (due east) dan massa (grand), ia menemukan pada partikel sinar katode yang ia beri nama “corpuscle,” mempunyai mungkin sekitar seperseribu massa ion hidrogen. Ia menunjukkan bahwa rasio muatan pada massa “corpuscle,” (e/g) adalah independen dari material katode.

Penemuan partikel elektron ini mematahkan teori Dalton sebab ternyata cantlet masih bisa dipecah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Berdasarkan percobaannya, Thomson lalu mengeluarkan teori mengenai atom pada 1904. Teori tersebut diantaranya: [2]

  • Atom terdiri dari bola yang bermuatan positif yang seragam, dengan elektron bermuatan negatif yang tertanam didalamnya.
  • Muatan positif dan negatif di dalam sebuah atom besarnya sama, sehingga secara keseluruhan atom bermuatan netral.

Model atom ini disebut plum pudding model atau yang di Republic of indonesia disebut
model roti kismis. Model ini disebut roti kismis karena diumpamakan dengan kismis-kismis muatan negatif (elektron) yang tertanam dalam bola yang bermuatan positif yang seragam. [3]

Baca :   Operasi Hitung Yang Sesuai Dengan Garis Bilangan Tersebut Adalah

Model Cantlet Thomson | Photograph past Kurzon is licensed under CC-Past-SA-four.0

Meski J. J. Thomson telah berhasil membuktikan bahwa di dalam atom masih ada subunit yang lebih kecil (elektron) dan mendapatkan hadiah nobel karenanya, namun model roti kismis Thomson tidak bertahan lama. Model roti kismis Thomson ternyata masih memiliki banyak kekurangan, antara lain:

  • Pernyataan bahwa atom adalah bola bermuatan positif dengan konsentrasi muatan yang seragam terbukti salah, karena ternyata Ernest Rutherford menemukan bahwa atom mempunyai muatan positif yang terkonsentrasi di inti (nukleus) yang mengandung sebagian besar dari massa atom.
  • Tidak adanya penjelasan mendalam bagaimana muatan positif dan negatif tersusun pada suatu atom pada keadaan stabil (orbital).

Referensi

  1. Wikipedia contributors, “J. J. Thomson,” Wikipedia, The Gratis Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/due west/index.php?championship=J._J._Thomson&oldid=687992463 (accessed November 2, 2015).
  2. Tutorvista, “Thomson’s Atomic Theory,” http://www.tutorvista.com/science/thomsons-atomic-theory (accessed November 2, 2015).
  3. Wikipedia contributors, “Plum pudding model,” Wikipedia, The Costless Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Plum_pudding_model&oldid=688169521 (accessed November ii, 2015).
  • habitation
  • tekno
  • Joseph John Thomson. wikipedia.org

    TEMPO.CO,
    Dki jakarta
    – Pada 30 April 1897, elektron ditemukan Joseph John Thomson, dan dia menjadi orang pertama yang mengumumkan keberadaan elektron. Dia telah menemukan sebuah partikel yang beribu-ribu kali jauh lebih kecil daripada atom. Saat itu J.J. Thomson menyebutnya sebagai corpuscle yang berarti ‘tubuh kecil’. Setelah penemuan elektron, maka teori Dalton yang mengatakan atom adalah partikel yang tak terbagi, tidak dapat diterima lagi. Menurut J.J. Thomson, atom merupakan partikel yang bersifat netral. Karena elektron bermuatan negatif maka harus ada partikel lain yang dapat menetralkan muatan negatif tersebut yaitu partikel yang bermuatan positif. Pada 1900, J.J. Thomson mengajukan model atom yang menyerupai roti kismis. Menurut Thomson, cantlet terdiri dari materi bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis. Sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya yang terjadi pada tanggal 30 April.

    Baca :   Cara Membuat Jus Kundur Untuk Kesuburan

    1993

    Pengobatan luar angkasa. Seorang astronaut, Hans Schlegel, menerima uji coba infusi ketika mengorbit dalam pesawat ulang-alik Columbia. Schlegel, dokter asal Jerman, menyuntikkan larutan saline yang memiliki suhu sama dengan suhu tubuhnya. Eksperimen itu ditujukan untuk masalah dehidrasi dan masalah umum lainnya di luar angkasa, seperti wajah yang membengkak dan tungkai kurus.

    1993

    Awak pesawat ulang-alik Columbia menjalani tes infus untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh di angkasa. Selama di orbit, fisikawan Jerman, Hans Schlegel, mendapatkan larutan garam yang dipompakan ke dalam tubuh. Eksperimen ini dilakukan untuk mengatasi problem yang biasa terjadi di luar angkasa, seperti dehidrasi dan kesemutan.

    1947

    Sir Edward Almroth Wright lahir di Middleton Tyas, Yorkshire, Inggris, 10 Agustus 1861. Dia adalah seorang pakar bakteri dan imunisasi yang mengembangkan vaksin-vaksin otogen. Pada 1892, dia juga mengembangkan sebuah imunisasi antitipus dengan menggunakan basil tifus yang dibunuh dengan dipanaskan. Imunisasi itu diujicobakan kepada lebih dari 3.000 tentara di India dan sukses juga di masa Perang Boer di Afrika Selatan. Pada Perang Dunia I, tentara Inggris adalah satu-satunya yang diimunisasi terhadap tifus sehingga selamat dari infeksi penyakit itu.

    1934

    William Henry Welch, patologis dari Amerika Serikat meninggal dunia di Maryland. William Henry Welch memegang peran utama dalam memperkenalkan praktek kedokteran modern. Sebagai dekan pertama dari sekolah kedokteran Universitas John Hopkins (1893-1898), dia mendorong mahasiswanya mempelajari fisika dan aktif bekerja di klinik ataupun laboratorium. Bersama Simon Flexner, dia berhasil menemukan efek racun difteri. Pada 1892, dia menemukan micrococcus albus yang terkait dengan demam saat terjadi luka. William Henry Welch lahir di Norfolk, Connecticut, Amerika Serikat, viii April 1850.

    Baca :   Pernyataan Yang Benar Tentang Bunyi Adalah

    DANNI Thousand. | PDAT

    Model atom yang menyerupai roti kismis karena elektronnya tersebar seperti kismis, dikemukakan oleh

    1. JJ THOMPSON
    2. Lemak
    3. Tulang
    4. Jantung
    5. Ginjal

    Jawaban: E. Ginjal

    Dilansir dari Encyclopedia Britannica, model atom yang menyerupai roti kismis karena elektronnya tersebar seperti kismis, dikemukakan oleh ginjal.

    Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
    External combustion engine maksudnya adalah
    beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

    Lihat Foto

    Ilustrasi cantlet

    KOMPAS.com
    – Hingga hari ini, atom yang diyakini sebagai unit terkecil di alam semesta masih menjadi misteri. Perkembangan mengenai teori atom berlangsung sejak dua abad lalu.

    Simak soal UAS tentang perkembangan teori atom dan pembahasannya:

    1. Model atom yang menyerupai roti kismis karena elektronnya tersebar seperti kismis, dikemukakan oleh…

    a. Bohrb. Daltonc. Thomsond. Goldstein

    e. Rutherford

    Jawaban: C
    Model atom roti kismis atau plum pudding dikemukakan oleh JJ Thomson pada tahun 1904. Disebut model roti kismis karena muatan negatifnya (elektron) tersebar didalam bentuk bulat atom yang bermuatan positif.

    2. Jelaskan kelebihan dan dari kekurangan dari model cantlet John Dalton dan Rutherford!

    Jawaban:

    • Dilansir dari AzChemistry, kelebihan model atom Dalton adalah:

    a. Orang pertama yang dapat menjelaskan perbedaan dari unsur dan senyawa
    b. Mampu menjelaskan hukum kekekalan massa, hukum proporsi konstan, dan hukum proporsi ganda.

    Model Atom Seperti Roti Kismis Dikemukakan Oleh

    Source: https://apayangkamu.com/model-atom-yang-menyerupai-roti-kismis-karena-elektronnya-tersebar-seperti-kismis-dikemukakan-oleh

    Check Also

    Contoh Soal Perkalian Vektor

    Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …