Merubah Pecahan Biasa Ke Pecahan Campuran

KlikBelajar.com – Merubah Pecahan Biasa Ke Pecahan Campuran

Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa – Pecahah sering ditemukan dalam matematika. Pelajar pecahan telah dipelajari dari bangku sekolah dasar. Pecahan merupakan pelajaran dasar di matematika dan akan di gunakan pada pelajaran matematika hingga tingkat lanjut. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas tentang pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran, mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, contoh soal pecahan campur dan contoh soal pecahan biasa. Semoga dengan materi yang kami bahas ini, anda lebih paham mengenai pecahan.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan merupakan bilangan yang didefinisikan sebagai a/b. Bilangan pecahan merupakan bentuk lain dari bilangan desimal. Bilangan pecahan terdiri atas dua (2) jenis, di antaranya:

  • Pecahan Biasa
  • Pecahan Campuran

Bilangan Pecahan Biasa

Bilangan Pecahan biasa merupakan bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang merupakan bilangan yang dibagi sedangkan penyebut merupakan bilangan yang membagi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh pecahan biasa sebagai berikut:

Bilangan Pecahan Campuran

Bilangan pecahan campuran merupakan bilangan pecahan yang terdiri atas bilangan bulat, penyebut, dan pembilang. Biasa juga disebut sebagai gabungan dari bilangan bulat dan bilangan pecahan. Bilangan bulat merupakan bilangan yang bukan bilangan pecahan, contoh bilangan bulat: 0,1,-1,2,-2 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan contoh pecahan campuran sebagai berikut:

*3 merupakan bilangan bulat

Baca :   Soal Aritmatika Sosial Kelas 7 Pilihan Ganda

*1/2 merupakan bilangan pecahan biasa

Merubah pecahan campuran ke pecahan biasa

Untuk dapat merubah pecahan campuran ke pecahan biasa, anda harus memisahkan terlebih dahulu bilangan bulat dengan bilangan pecahan. Kemudian ubah bilangan bulat ke dalam bilangan pecahan dengan menyamakan penyebutnya. Setelah itu, tambahkan kedua bilangan pecahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:

Jadi, untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, anda harus mengubah bentuknya seperti gambar di atas, kemudian ubah bilangan bulat yaitu 3 ke dalam pecahan dengan menyamakan penyebutnya, setelah itu jumlahkan pembilangnya. Perhatikan gambar berikut:

Sehingga di dapatkan hasilnya,

Mengubah Pecahan biasa ke pecahan campuran

Untuk dapat mengubah pecahan biasa ke pecahan campuranyaitu dengan melakukan sebaliknya, anda harus memperhatikan bagian penyebutnya, perhatikan berapa besar maksimal angka yang dapat di bagi oleh penyebut, kemudian pisahkan dengan operator tambah. Untuk lebih jelasnya perhatikan pecahan berikut:

Misalkan:

Pisahkan angka 10 agar bisa di bagi dengan 3, tetapi tetap hasilnya 10 jika di tambahkan.

Kemudian, ubah pecahan 9/3 kedalam bentuk bilangan bulat (bagi 9 dengan 3). Setelah itu gabungkan kedua bilangan tersebut.

Jadi, didapatkan hasilnya,

Contoh soal 1:

Ubah bentuk pecahan biasa di bawah ini menjadi pecahan campuran:

3

2

5

Jawab:

Contoh soal 2:

Ubahlah bentuk pecahan campuran dibawah ini menjadi pecahan biasa:

Jawab:

Kesimpulan:

  1. Bilangan pecahan merupakan bilangan yang didefinisikan sebagai a/b.
  2. Untuk dapat merubah pecahan campuran ke pecahan biasa, anda harus memisahkan terlebih dahulu bilangan bulat dengan bilangan pecahan. Kemudian ubah bilangan bulat ke dalam bilangan pecahan dengan menyamakan penyebutnya. Setelah itu, tambahkan kedua bilangan pecahan tersebut.
  3. Untuk dapat mengubah pecahan biasa ke pecahan campuranyaitu dengan melakukan sebaliknya, anda harus memperhatikan bagian penyebutnya, perhatikan berapa besar maksimal angka yang dapat di bagi oleh penyebut, kemudian pisahkan dengan operator tambah.
Baca :   Contoh Sketsa Bunga Tulip

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Cara mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan biasa serta Contoh. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan komentar di papak komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Merubah Pecahan Biasa Ke Pecahan Campuran

Sumber: https://ahlicara.blogspot.com/2017/01/cara-mengubah-pecahan-campuran-pecahan-biasa-contoh-soal.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …