Segitiga siku – siku adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut dengan besar salah satu sudutnya sama dengan 90o
atau berupa siku – siku. Diketahui bahwa jumlah ketiga sudut segitiga sama dengan 180o, dengan demikian jumlah kedua sudut lainnya adalah 90o. Pada sebuah segitiga siku – siku terdapat persamaan yang menyatakan hubungan antara panjang sisi – sisi segitiga. Hubungan tersebut dinyatakan dalam persamaan kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat kedua sisinya. Pernyataan tersebut sesuai dengan sebuah teorema yang dikenal sebagai teorema Pythagoras.

Persamaan Pythagoras dapat digunakan untuk menghitung sisi miring segitiga jika kedua sisi lainnya dikethui. Misalnya AC merupakan sisi miring dari segitiga ABC yang diketahui sisi siku – siku berada di titik B. Diketahui panjang sisi AB dan BC secara urut adalah 6 cm dan 8 cm. Perhitungan dengan teorema pthagoras akan menghasilkan panjang sisi AC untuk segitiga tersebut adalah 10 cm. Sekarang bagaimana jika yang diketahui hanya sisi miring dan ketiga sudut segitiga yaitu 30o, 60o, dan 90o. Berapakah panjang kedua sisi tegak segitiga siku – siku tersebut? Rumus Pythagoras tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Apakah kedua sisi dari suatu segitiga dapat diketahui panjangnya?


Segitiga siku – siku dengan sudut – sudut tertentu memiliki perbandingan sisi yang dapat ditetapkan. Panjang kedua sisi segitiga pada permasalahan di atas dapat dicari melalui perbandingan panjang segitiga siku – siku dengan sudut istimewa. Bagaimana perbandingan panjang sisi segitiga siku – siku dengan istimewa? Sobat idshcool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca :   Berikut Ini Termasuk Perubahan Fisika Adalah

Baca Juga: Teorema Pythagoras

Segitiga Siku – Siku dengan Sudut Istimewa 30



o




dan 60




o



Segitiga siku – siku dengan perbandingan sisi – sinya adalah 1 : √3 : 2 akan membentuk segitiga dengan sudut 30o,60o, dan 90o. Perbandingan sisi – sisi tersebut diperoleh dengan beberapa langkah yang memanfaatkan sifat – sifat segitiga. Perbandingan panjang segitiga siku – siku istimewa 30o,60o, dan 90o
memanfaatkan karakteristik segitiga sama sisi.

Sifat dari segitiga sama sisi adalah ketiga panjang sisinya sama panjag dan ketiga sudutnya sama besar. Sesuai sifatnya, besar ketiga sudut pada segitiga sama sisi adalah 60o. Jika dari salah satu titik segitiga dibuat garis bagi maka akan terbentuk segitiga siku – siku. Besar dua buah sudut lainnya pada segitiga siku – siku yang terbentuk adalah 30o dan 60o.

Jika segitiga sama sisi pada awalnya memiliki panjang 2 satuan maka akan terbentuk segitiga siku – siku dengan panjang sisi miring 2 dan salah satu sisi tegaknya adalah 1 satuan. Panjang sisi tegak pada segitiga siku – siku yang lainnya dapat dihitung menggunakan teorema Pythagoras.

Segitiga Siku - Siku dengan Sudut Istimewa 30 dan 60

Sehingga, dapat diperoleh perbandingan panjang sisi segitiga siku – siku istimewa untuk sudut 30o,60o, dan 90o
adalah 1 : √3 : 2.

Segitiga Siku – Siku dengan Sudut Istimewa 45



o



Segitiga siku – siku dan sudut istimewanya selanjutnya terdapat pada sebuah segitiga sama kaki. Satu sudut pada segitiga siku – siku besarnya adalah 90o, sehingga besar dua sudut segitiga yang lainnya adalah 45o. Sisi – sisi yang menhadap sudut 45o
pada segitiga siku – siku merupakan sisi tegak.

Baca :   Proyeksi Vektor

Panjang sisi segitiga yang berhadapan dengan besar sudut yang sama akan sama panjang. Sehingga, panjang sisi yang menghadap besar sudut 45o
adalah sama panjang. Misalkan panjang sisi tersebut adalah 1 satuan maka sisi miring segitiga siku – siku dpat diketahui. Berdasarkan perhitungan menggunakan teorema pythagoras, panjang sisi miring untuk segitiga siku – siku dengan sudut istimewa 45o, 45o, dan 90o adalah √2.

Kesimpulannya adalah perbandingan panjang sisi segitiga siku – siku istimewa untuk sudut 45o,45o, dan 90o
sama dengan 1 : 1 : √2.

Segitiga Siku - Siku dengan Sudut Isitimewa 45

Segitiga Siku – Siku dengan Sudut Istimewa 37



o




dan 53




o



Berikutnya adalah segitiga siku – siku dengan sudut istimewa 37o, 53o, dan 90o. Segitiga siku – siku dengan ukuran perbandingan panjang sisi – sisi segitiga 3 : 4 : 5 akan membentuk segitiga dengan sudut 53o dan 37o. Di mana, sisi terpanjang merupakan bagian sisi segitiga yang menghadap sudut 90o atau sudut siku – siku. Sedangkan sudut terpendeknya adalah sisi segitiga yang menghadap sudut 37o.

Segitiga Siku - Siku dengan Sudut Istimewa 37 dan 53

Selanjutnya, sobat idschool dapat menyimak lebih lanjut bagaimana penggunaan perbandingan sisi – sisi pada segitiga siku – siku istimewa tersebut.

Baca Juga: Jenis – Jenis Segitiga

Contoh Aplikasi untuk Menyelesaikan Soal

Ingat kembali ulasan perbandingan panjang segitiga siku – siku dan sudut istimewa yang diberikan di atas. Kesimpulan dari bahasan di atas diperoleh perbandingan panjang sisi – sisi segitiga dengan sudut istimewa seperti berikut.

  • Sudut istimewa 30o : 60o : 90o = 1 : √3 : 2
  • Sudut istimewa: 45o : 45o : 90o = 1 : 1 : √2
  • Sudut istimewa: 37o : 53o : 90o = 3 : 4 : 5

Perbandingan panjang sisi segitiga siku – siku dengan sudut istimewa dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pada soal di atas. Pada permasalahan sebelulmnya diketahui segitiga PQR siku – siku di Q, jika sudut P = 30o
dan panjang sisi PR = 18 cm maka berapa panjang sisi PQ dan QR?

Baca :   Kpk Dan Fpb Dari 20 Dan 30

Pada permasalahan tersebut melibatkan segitiga siku – siku yang salah satu sudutnya adalah 30o. Sehingga, penyelesaian permasalahan tersebut melibatkan segitiga siku – siku dengan sudut istimewa 30o, 60o, dan 90o.

Contoh Soal Segitiga Siku - Siku dengan Sudut Istimewa

Perhatikan bahwa segitiga ABC dan segitiga PQR sebangun. Sehingga, sisi PQ dan QR dapat dihitung dengan perbandingan sisi – sisi segitiga yang bersesuaian.

Menghitung panjang sisi PQ:

Menghitung PQ

Menghitung QR:

Menghitung QR

Jadi, panjang sisi PQ dan QR pada segitiga PQR secara urut sama dengan 9√3 cm dan 9 cm. Demikianlah ulasan materi segitiga siku – siku dengan sudut istimewa. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pembuktian Jumlah Ketiga Sudut Segitiga = 180o