Matahari Seakan Akan Bergerak Dari Timur Ke Barat Karena

Matahari Seakan Akan Bergerak Dari Timur Ke Barat Karena

Apakah kamu merasa belakangan ini begitu panas? Jika iya, kamu tidak sendiri. Perasaan itu juga kami rasakan. Menurut para ahli, suhu yang cenderung tinggi tersebut bukan diakibatkan oleh gelombang panas. Melainkan fenomena alam yang disebut gerak semu tahunan Matahari (GSTM).

Lantas, apa itu sebenarnya gerak semu Matahari? Mengapa fenomena alam ini bisa membuat suhu lebih panas dari biasanya? Simak terus artikel ini untuk menemukan jawabannya ya!

Hoaks gelombang panas

Belakangan ini, beredar luas pesan perihal gelombang panas. Dalam pesan tersebut, dikatakan bahwa kita harus berhati-hati bakal ada gelombang dengan suhu 40-50 derajat Celsius. Oleh karena itu, kita diminta untuk banyak minum air bening.

Dikutip dari Jawapos, Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Adi Hermanto menyatakan bahwa info tersebut adalah hoaks. Kejadian gelombang panas hanya terjadi di lintang subtropis, bukan di wilayah tropis. Indonesia sendiri masuk ke negara tropis sehingga kemungkinan kecil bisa mengalami gelombang panas.

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, Adi menyatakan bahwa tingginya suhu beberapa hari belakangan ini disebabkan dengan gerak semu Matahari.

Saat ini, posisi Matahari berada di selatan khatulistiwa, tepatnya di wilayah Jawa, khususnya Surabaya. Meski begitu, suhunya sendiri masih dalam rentang wajar, yakni rentang 35-36 derajat Celcius.

Baca juga: Rekomendasi ten Merek Propolis Terbaik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Mengenal Gerak Semu Matahari

Mengapa gerak semu Matahari bisa membuat suhu lebih panas? Untuk itu, mari kita mempelajari dulu apa itu gerak semu Matahari.

Gerak semu Matahari adalah gerakan Matahari yang terlihat bergerak dari timur ke barat dan utara ke selatan.

Baca :   Contoh Pipa Kapiler

Mengapa gerakan ini dikatakan semu? Matahari sendiri sejatinya tidak bergerak alias diam. Bumi yang berputar (rotasi) dan bergerak mengitari Matahari (revolusi). Oleh karena itulah, gerakan tersebut dikatakan semu.

Gerakan semu Matahari terbagi menjadi dua macam, yaitu gerak semu harian Matahari dan gerak semu tahunan Matahari.

one. Gerak Semu Harian Matahari

Ilustrasi Gerak Semu Harian Matahari (foto: antstang/123rf.com)

Ini merupakan jenis gerakan semu Matahari yang biasanya kita lihat, sadar atau tidak. Pergerakan terjadi dari arah timur ke barat. Gerakan tersebut bisa terjadi karena gerakan rotasi Bumi.

Bumi sendiri berputar pada porosnya. Inilah yang disebut sebagai rotasi Bumi. Satu putaran rotasi terjadi dalam 24 jam.

Ya, inilah yang membuat Matahari seakan terbit dari arah timur di pagi hari dan terbenam di arah barat di sore hari. Ingat, Matahari selalu diam di tempatnya, Bumi yang terus berotasi.

Baca juga: xvi Rekomendasi Obat Pilek Dewasa yang Paling Ampuh dan Mudah Didapat

ii. Gerak Semu Tahunan Matahari

Ilustrasi Gerak Semu Tahunan Matahari
Ilustrasi Gerak Semu Tahunan Matahari (foto: praewpailyn/123rf.com)

Berbeda dari gerak semu harian, gerak semu tahunan Matahari menyebabkan Matahari seolah terbit dari utara dan terbenam di selatan. Akan tetapi, fenomena alam ini tidak terjadi harian, tetapi bulan tertentu dalam satu tahun.

Fenomena gerak semu tahunan Matahari terjadi akibat revolusi Bumi. Revolusi sendiri diartikan gerakan Bumi mengelilingi Matahari. Akan tetapi, poros Bumi ketika mengelilingi Matahari tidaklah tegak lurus, melainkan miring 23,5 derajat.

Inilah yang menyebabkan Matahari seakan bergerak dari utara ke selatan. Gerak semu tahunan matahari juga yang menjadi penyebab pergantian musim di beberapa negara.

Nah, pada Oktober ini, Matahari berada persis di selatan garis khatulistiwa sehingga pancaran sinarnya terasa lebih kuat. Oleh itulah, mengapa belakangan ini suhu lebih panas lagi.

Baca :   Listrik Merupakan Suatu Muatan Yang Terdiri Atas Muatan

Baca juga: 14 Rekomendasi Obat Demam atau Obat Penurun Panas untuk Orang Dewasa

Itu tadi penjelasan seputar garis semu Matahari, baik harian dan tahunan. Oleh karena itu, jangan heran apabila suatu saat nanti, kamu melihat Matahari terbit dari arah utara. Itu artinya sedang terjadi fenomena gerak semu tahunan Matahari, bukan kiamat sudah dekat.

Matahari Seakan Akan Bergerak Dari Timur Ke Barat Karena

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/gerak-matahari-dari-timur-ke-barat-disebut-gerak/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …