Kerajinan bisa dihasilkan dari berbagai macam bahan baku. Bisa dari bahan yang keras seperti batu atau kayu. Bisa juga dari bahan lunak seperti tanah liat. Keduanya tentu akan memiliki nilai lebih tersendiri yang akan dijadikan patokan ketika ingin memilih diantara keduanya. Pada kesempatan kali ini, kita akan secara khusus mencari tahu, apa saja manfaat kerajinan bahan lunak. Baik dari sisi produsen maupun konsumennya. Yuk, perhatikan berbagai informasi berguna di bawah ini.

Pengertian dan Manfaat Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak biasanya terbuat dari bahan yang memiliki tekstur lunak, baik yang alami maupun buatan. Kerajinan ini adalah sebagian karya seni yang dibuat secara manual. Kerajinan dari bahan lunak di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki keunggulan di setiap produknya. Secara umum, kerajinan dari bahan lunak dibagi menjadi dua bagian, yaitu kerajinan bahan lunak alami dan kerajinan bahan lunak buatan. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah contoh dari kerajinan bahan lunak.

1. Bahan Kerajinan Alami

Jenis kerajinan ini cenderung menggunakan bahan dengan tekstur lembut yang telah disediakan oleh alam. Pengolahannya dilakukan secara alami tidak dicampur dengan bahan buatan. Contoh kerajinan dari bahan lembut alami adalah kerajinan dari tanah liat, kerajinan dari serat alam, dan kerajinan dari kulit.

  • Kerajinan tanah liat alami

Di Indonesia sendiri tanah liat biasa digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Tanah liat yang terbentuk melalui kerak pelapukan. Memiliki sifat sulit menyerap air, tekstur yang lengket pada dan kuat menyatu dengan tanah lain. Selain itu tanah liat bila sudah kering berbutir halus. Salah satu contoh kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat adalah gerabah, genteng, vas, guci, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kerajinan serat alami

Bahan serat alam dapat menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Contohnya berupa kerajinan dekoratif seperti tas, topi dompet, dan lain-lain.

Baca :   Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Baca Juga: Apa Kabar Sekolah Jika Tas Tidak Pernah Ada?

  • Kerajinan bahan kulit yang lembut

Kulit adalah bahan eksklusif untuk membuat kerajinan tangan. Keterbatasan bahan dan lamanya proses pembuatan membuat kerajinan berbahan kulit menjadi mahal. Contohnya berupa jaket kulit ataupun barang dekoratif lainnya.

2. Bahan Kerajinan Buatan

Bahan lunak buatan adalah bahan baku yang digunakan untuk kerajinan yang diolah menjadi lunak. Berbagai kerajinan dari bahan bisa dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Contoh bahan lunak buatan seperti pulp, plester, lilin, fiberglass, sabun, dan lain sebagainya.

Manfaat Kerajinan Bahan Lunak

Berikut ini adalah manfaat dari kerajinan yang dibuat dengan bahan lunak.

1. Sebagai hiasan

Kerajinan berbentuk barang untuk menghias kediaman, misalnya vas bunga yang dapat dipajang pada sudut ruangan

Baca Juga: Tips dan Trik Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Bernilai

2. Sumber penghasilan

Kerajinan akan memiliki nilai jual tersendiri. Akan meningkat seiring dengan kualitasnya. Dengan menjualnya, pengrajin akan bisa mendapatkan penghasilan.

3. Sebagai bahan dasar bangunan

Tanah liat tidak hanya menjadi bahan dasar pembuatan vas. Material ini juga bisa digunakan untuk batu bata untuk membuat rumah ataupun bangunan semacamnya.

4. Mengandung nilai keindahan

Kerajinan bahan lunak yang dibuat menjadi suatu karya seni dapat diletakan pada pameran. Membuat kerajinan tersebut memiliki nilai keindahan yang nantinya akan diapresiasi oleh orang lain.

Baca Juga: Berkenalan Dengan Aneka Motif Ragam Hias

5. Benda pakai

Kerajinan akan bisa diolah menjadi berbagai benda berguna. Salah satunya benda yang bisa dipakai sehari-hari. Seperti dompet ataupun jaket.

Bagaimana? Itulah dia 5 manfaat kerajinan bahan lunak yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin mempelajari materi yang serupa, kamu bisa belajar bersama bimbel online Kelas Pintar. Ayo dapatkan akses produk SOAL yang berisi soal latihan ujian untuk memahami seberapa baik pemahaman kamu dengan berbagai macam soal di dalamnya. Kemudian ada fitur TANYA yang bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai soal dan materi yang belum dikuasai secara gratis. Guru profesional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya akan menjawab seluruh pertanyaan kamu.

Baca :   Macam Macam Alat Tulis Kantor Dan Gambarnya

Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar di Kelas Pintar!

Please follow and like us: