Manfaat Pemantulan Bunyi Dalam Kehidupan Sehari Hari

KlikBelajar.com – Manfaat Pemantulan Bunyi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pemanfaatan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

1) Aplikasi Ultrasonik. Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan antara lain:

a.kacamata tunanetra, dilengkapi dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik memanfaatkan  pengiriman dan penerimaan ultrasonik. Perhatikan bentuk kaca tuna netra pada gambar berikut.

b. mengukur kedalaman laut, untuk menentukan kedalaman laut (d) jika diketahui cepat rambat bunyi (five) dan selang waktu (t), pengiriman dan penerimaan pulsa adalah :

c. alat kedokteran, misalnya pada pemeriksaan USG (ultrasonografi). Sebagai contoh, scaning ultrasonic dilakukan dengan menggerak-gerakan probe di sekitar kulit perut ibu yang hamil akan menampilkan gambar sebuah janin di layar monitor. Dengan mengamati gambar janin, dokter dapat memonitor pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan janin. Tidak seperti pemeriksaan dengan sinar X, pemeriksaan ultrasonik adalah aman (tak berisiko), baik bagi ibu maupun janinnya karena pemerikasaan atau pengujian dengan ultrasonic tidak merusak material yang dilewati, maka disebutlah pengujian ultrasonic adalah pengujian tak merusak (non destructive testing, disingkat NDT).

Tehnik scanning ultrasonic juga digunakan untuk memeriksa hati (apakah ada indikasi kanker hati atau tidak) dan otak. Pembuatan perangkat ultrasound untuk menghilangkan jaringan otak yang rusak tanpa harus melakukan operasi bedah otak. “Dengan cara ini, pasien tidak perlu menjalani pembedahan otak yang berisiko tinggi. Penghilangan jaringan otak yang rusak bisa dilakukan tanpa harus memotong dan menjahit kulit kepala atau sampai melubangi tengkorak kepala.

2) Manfaat cepat rambat bunyi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

a. Cepat rambat gelombang bunyi juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam.

b. Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari.

three) Resonansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

a. Pemanfaatan resonansi pada alat musik seperti seruling, kendang, beduk dan lainnya.

Baca :   Percepatan Pada Bidang Miring

4) Manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

a. menentukan kedalaman laut

Pada dinding kapal bagian bawah dipasang sebuah sumber getaran (osilator). Di dekat osilator dipasang alat penerima getaran (hidrofon). Jika waktu getaran (bunyi) merambat (t) sekonuntuk menempuh jarak bolak-balik yaiu ii L meter, maka cepat rambat dapat dihitung sebagai berikut.

Di mana:

v = cepat rambat bunyi (m/s)

Fifty = dalamnya laut (thousand)

t = waktu (t)

b. melakukan survei geofisika

mendeteksi, menentukan lokasi dan mengklasifikasikan gangguan di bumi atau untuk menginformasikan struktur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang mengandung endapan minyak.

c. prinsip pemantulan ultrasonik dapat digunakan untuk mengukur ketebalan pelat logam, pipa dan pembungkus logam yang mudah korosi (karat).

d. Mendeteksi retak-retak pada struktur logam Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan scanning ultrasonic inilah yang digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada bagian-bagian pesawat terbang, yang nanti bisa membahayakan penerbangan pesawat. Dalam pemerikasaan rutin, bagian-bagian penting dari pesawat di-scaning secara ultrasonic. Jika ada retakan dalam logam, pantulan ultrasonic dari retakan akan dapat dideteksi. Retakan ini kemudian diperiksa dan segera diatasi sebelum pesawat diperkenankan terbang.

Manfaat bunyi pantul bagi kehidupan manusia sehari-hari

Soal: Sebutkan tiga manfaat bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari? Ini pelajaran kelas 4, Sekolah Dasar (SD), Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sobat penulis cilik, tahukah kamu bahwa ada 3 jenis bunyi pantul, yaitu: Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli, Gaung atau kerdam, dan Gema.

Di dunia ini ada banyak contoh benda yang dapat memantulkan bunyi, salah satunya adalah kaca, dinding beton, dll.

Berikut ini manfaat bunyi pantul bagi kehidupan sehari-hari manusia, yaitu:

Mendeteksi benda di bawah laut

Gelombang ultrasonik yang dipancarkan menggunakan alat yang umumnya disimpan di bawah kapal, dapat digunakan untuk mendeteksi benda-beda di bawah laut.

Selain benda yang bersifat padat seperti besi (kapal selam), alat ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi tempat berkumpulnya gerombolan ikan, tentunya ini sangat bermanfaat bagi nelayan.

Mengukur kedalaman laut

Cara kerja pengukuran kedalaman laut ini sama seperti teknik mendeteksi benda di bawah laut.

Sumber getaran di tempelkan pada bagian bawah dinding kapal, kemudian di dekat sumber getaran tersebut dipasang alat penerima getaran.

Mendeteksi keretakan logam

Bunyi yang dipantulkan juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada struktur logam suatu bidang kedap suara.

Scanning dengan metode pemantulan bunyi ini bermanfaat untuk menemukan keretakan yang tersembunyi pada bagian dinding pesawat terbang.

Pemeriksaan USG

Pada bidang kedokteran, suara ultra dengan frekuensi tinggi digunakan untuk menangkap atau menampilkan gambaran/ citra dari kondisi bagian dalam tubuh. Teknologi ini yang dikenal dengan sebutan USG atau ultrasonografi.

Baca:
– Contoh benda peredam bunyi
– Perbedaan Gaung dan Gema
– Bagaimana proses terjadinya bunyi
– Penyebab perbedaan bunyi onomatope
– Cara menghasilkan bunyi angklung
– Contoh nama benda dan cara menghasilkan bunyi
– Read aloud atau membaca nyaring, apa sih manfaatnya

Itulah beberapa manfaat bunyi pantul bagi kehidupan sehari-hari. Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini.

Gelombang bunyi. Pernahkah kalian memperhatikan suara kicauan burung di pagi hari, atau suara deru mobil yang bersahutan tak jauh dari rumah. Kesemua itu, adalah dua dari sekian banyak contoh bunyi yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Bunyi sendiri bisa diartikan sebagai gelombang longitudinal yang berupa energi yang merambat. Dalam perjalanannya, gelombang bunyi dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari ultrasonografi, terapi ultrasonik hingga sonar.

Baca :   Sebuah Benda Bermassa 2 Kg Bergerak Dengan Kecepatan 2m S

Untuk lebih jelasnya mengenai pemanfaatan gelombang bunyi dalam Kehidupan sehari-hari, khususnya untuk hal-hal di atas, berikut uraiannya.

i. Ultrasonografi (USG)

Alat yang digunakan untuk mengamati perkembangan bayi di dalam rahim ini memanfaatkan gelombang ultrasonik. Alat ini memancarkan gelombang ultrasonik ke rahim ibu hamil dan melacak perubahan frekuensi bunyi pantul dari jantung yang berdenyut dan darah yang mengalir. Selain itu USG juga digunakan untuk mmendeteksi pertumbuhan jaringan tumor, kondisi otak, dan lain-lain.

2. Pengujian Ultrasonik

Pengujian ultrasonik ini dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti pada bidang industri yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk proses homogenisasi susu. Selain itu digunakan pada bidang penanganan hama yang akan menghasilkan efek depresi pada tikus dan lipas (kecoak) akibat gelombang ultrasonik.

(Baca juga: Mengenal Konsep Gelombang Bunyi)

3. Terapi Ultrasonik

Gelombang ultrasonik juga digunakan pada bidang kedokteran yang digunakan untuk terapi, sehingga dikenal dengan sebutan terapi ultrasonik. Terapi ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi dan otot.

4. Pembersih Ultrasonik

Mesin pencuci piring merupakan salah satu contoh benda yang menggunakan gelombang ultrasonik. Air dan detergen digetarkan oleh penggetar ultrasonik dan partikel-partikelnya mampu menggosok piring yang kotor dan membersihkannya.

5. Sonar

Gelombang ultrasonik juga banyak dimanfaatkan pada sonar seperti yang dimanfaatkan oleh kapal untuk menentukan kedalaman dasar laut. Cara kerjanya dilakukan berdasarkan konsep pemantulan bunyi. Di bagian dasar kapal terdapat alat yang mampu mengubah energi listrik menjadi gelombang ultrasonik yang nantinya dipancarkan ke dasar laut.

Gelombang bunyi yang berasal dari gelombang ultrasonik akan merambat lurus hingga mengenai dasar laut. Ketika gelombang sudah mencapai dasar laut, sebagian gelombang akan terpantulkan kembali ke kapal dan ditangkap oleh detektor.

Manfaat Pemantulan Bunyi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber: https://pedidikanindonesia.com/manfaat-pemantulan-bunyi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …