Manfaat Ilmu Kimia Di Bidang Pertanian

Manfaat Ilmu Kimia Di Bidang Pertanian

Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, tak heran jika peran ilmu kimia bagi keberlangsungan hidup sangatlah penting.


Mengapa Ilmu Kimia Penting Dipelajari?

Tetapi mengapa ilmu kimia itu penting untuk dipelajari?Menurut Uce dan Ceyhan (2019: 202) ilmu kimia termasuk ke dalam rumpun IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang sangat penting untuk dipelajari karena kajian di dalamnya mempelajari tentang struktur, sifat, komposisi, reaksi, serta perubahan energi yang menyertai reaksi sehingga pembelajarannya dapat memahami apa dan mengapa suatu fenomena bisa terjadi.

Ilmu kimia penting karena kimia ada di mana-mana yaitu di dunia sekitar kita. Baik dari makanan apa yang dikonsumsi, pakaian apa yang dipakai, air apa yang diminum, obat-obatan, udara, pembersih ruangan, dan lain sebagainya. Sehingga tak heran jika kimia disebut sebagai ilmu pengetahuan sentral.

Hal ini karena ilmu kimia menghubungkan antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lain, misalnya biologi, geologi, fisika, dan bahkan ilmu lingkungan. Tak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat atau alasan mengapa kimia penting untuk dipelajari oleh manusia.

  1. Memahami dasar kimia membantu manusia dapat memahami label produk.
  2. Memahami ilmu kimia dapat membantu manusia memahami dunia sekitar. Misalnya mengapa hujan terjadi, bagaimana keju dibuat, bagaimana cara membuat sabun, bagaimana sabun bisa membersihkan tubuh dari bakteri, dan lain sebagainya. Pertanyaan tersebut dapat terjawab ketika menerapkan ilmu kimia.
  3. Kimia adalah dasar memasak, sehingga ketika ilmu kimia diterapkan, maka terjadi reaksi kimia yang terlibat dalam pembuatan barang baik yang dipanggang naik atau dapat menetralisir keasaman, sehingga kemungkinan menjadi juru masak akan lebih besar.
  4. Ilmu kimia dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan yang tepat, bagaimana produk tersebut bekerja, apakah itu
    scam
    dan lain sebagainya. Sehingga manusia dapat mengerti bagaimana karya kimia dapat membedakan suatu hal yang masuk akal dari fiksi murni.
  5. Ilmu kimia dapat mengajarkan keterampilan yang berguna, karena ilmu kimia artinya belajar bagaimana bersikap objektif dan bagaimana sesuatu hal memiliki alasan untuk dapat memecahkan suatu masalah.
  6. Ilmu kimia dapat membantu kita untuk memahami kejadian terkini, termasuk mengapa harga bahan baku minyak (BBM) naik, mengapa polusi terus bertambah, bagaimana kemajuan teknologi, dan lain sebagainya.
  7. Ilmu kimia mengajarkan keterampilan yang berguna yang bersikap objektif dan bagaimana pemecahan masalahnya.
  8. Ilmu kimia dapat membuka pilihan karir di bidang kimia, dan memungkinkan juga mendapat pekerjaan lain di luar bidang kimia yang mana ilmu kimia tersebut akan sangat membantu kedepannya, misalnya di penjualan barang, transportasi, seni, industri makanan, dan lain sebagainya.
  9. Ilmu kimia dapat mengurangi setidaknya sedikit tentang misteri hidup mengenai bagaimana segala sesuatu terjadi.
  10. Ilmu kimia bisa memudahkan manusia menggunakan bahan sehari-hari dan menghindari bahaya.
Baca :   Nomor Atom Mengidentifikasi Suatu Unsur Melalui


Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah memahami betapa pentingnya ilmu kimia bagi kehidupan manusia, perlu diketahui juga bahwa ilmu kimia memiliki berbagai peran di kehidupan manusia. Yang pertama adalah peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia bagi kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai cara memecahkan masalah, menggunakan sesuatu, membuat makanan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Buku Kimia Terbaik

Dapatkan Buku-Buku Kuliah Kimia Lainnya di
Buku Kimia


Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Pertanian

Di bidang pertanian, ilmu kimia ini sangat penting. Hal ini karena ilmu kimia tersebut dapat diterapkan atau dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah dan memecahkan masalah, mulai dari pembuatan pupuk, pencegahan hama, dan lain sebagainya yang penting untuk masalah pertanian.

Ilmu kimia juga penting untuk meningkatkan kesuburan tanah dan bagaimana cara tepat pemberian nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar para petani dapat memanen tanaman dengan lebih baik. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan industri pangan bahan pangan yang optimal ketika hasil panen maksimal.


Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Kesehatan dan Farmasi

Bagi bidang kesehatan dan farmasi, ilmu kimia juga memiliki peran sentral atau peran yang sangat penting. Di bidang kesehatan, ilmu kimia dimanfaatkan untuk mempermudah para dokter atau ahli dalam melakukan diagnosis penyakit yang mana ilmu kimia mempelajari masalah genetika untuk metode pengobatan kesehatan, misalnya membuat alat cuci darah dan bahkan, ilmu kimia juga penting untuk bekal ahli membuat materi sintesis tulang dan gigi.

Selain itu di bidang farmasi, ilmu kimia dapat digunakan untuk membuat obat-obatan yang mana ilmu kimia membantu menemukan pengobatan yang tidak menimbulkan efek samping terhadap penyembuhan penyakit seperti kanker, penyakit AIDS, Covid-19, dan penyakit lainnya.

Baca :   Tentukan Apakah Setiap Variabel Yang Diketahui Memenuhi Persamaan Yang Diberikan

Daftar Reseller


Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Industri

Di bidang industri, ilmu kimia sangat penting dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya industri pangan. Dalam hal ini, ilmu kimia menjadi alat bantu untuk meningkatkan mutu dan juga persediaan pangan dan juga penggunaan. Selain itu, ilmu kimia di bidang industri juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai mesin besar yang membutuhkan logam baik.

Pada industri pangan, ilmu kimia ini sangat bermanfaat untuk memanfaatkan mikroorganisme atau bakteri pada makanan, misalnya dalam pembuatan keju, kecap, susu, tempe, yogurt, dan lain sebagainya.


Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Peternakan

Peran lain ilmu kimia adalah di bidang peternakan. Di bidang peternakan, peran ilmu kimia juga tidak kalah penting. Ilmu kimia dapat melindungi hewan ternak dari berbagai penyakit dan ilmu kimia juga dapat digunakan untuk melakukan pengolahan limbah, misalnya kotoran dan juga mengolah hasil ternak, misalnya pengasapan daging, pengolahan kulit, dan lain sebagainya.

Ilmu kimia di bidang peternakan juga sangat penting untuk mengubah feses atau kotoran ternak agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak membahayakan bagi bidang lain, khususnya untuk bidang pertanian yakni pupuk urea.


Peran Ilmu Kimia untuk Energi dan Lingkungan

Untuk energi dan lingkungan, ilmu kimia memiliki peran untuk pencarian energi alternatif, misalnya biogas dari tumbuhan dan juga sel surya. Di dalamnya terjadi proses kimia yakni dari tumbuhan dan juga sel surya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu proses penting untuk menghasilkan energi alternatif.

Selain itu, dalam hal ini ilmu kimia juga penting sebagai peran monitoring udara dan juga laut untuk mempelajari bagaimana dampak terjadinya perubahan komposisi terhadap lingkungan.

Baca :   Cara Mengatasi Virus Gemini


Peran Ilmu Kimia di Bidang Arkeologi

Ilmu kimia juga penting untuk mengembangkan cabang ilmu yang lain, salah satunya cabang ilmu arkeologi. Dalam bidang ilmu arkeologi, ilmu kimia menjadi penting untuk menentukan berapa umur fosil yang ditemukan. Fosil tersebut usianya dapat ditentukan dengan menggunakan radioisotope karbon-14 yang dikembangkan melalui ilmu kimia.

Dengan berbagai peran dan kepentingan yang sudah dijelaskan di atas, maka sudah jelas diketahui bahwa ilmu kimia memang sangat penting untuk dipelajari dan juga dipahami karena ilmu kimia memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan manusia secara umum dan secara menyeluruh. (Cynthia)

Rekomendasi Buku Kimia Terbaik

Dapatkan Buku-Buku Kuliah Kimia Lainnya di
Buku Kimia

Baca juga artikel terkait ilmu kimia

  • Contoh Perubahan Kimia
  • Cabang Ilmu Kimia
  • Materi Teori Atom

Manfaat Ilmu Kimia Di Bidang Pertanian

Sumber: https://penerbitbukudeepublish.com/materi/peran-ilmu-kimia/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …