Macam Macam Bentuk Atap Dan Gambarnya

Macam Macam Bentuk Atap Dan Gambarnya

Atap merupakan salah satu bagian dari bangunan yang memerlukan perhatian. Memilih atap untuk rumah memerlukan berbagai pertimbangan seperti biaya, ketahanan material, dan kebutuhan dari konsep rumah itu sendiri. Ada macam-macam atap rumah yang biasa digunakan untuk rumah di daerah tropis.

12 Macam Atap Rumah Berdasarkan Material Atap

Nah, Anda sudah tahu apa itu Atap Rumah. Oleh karena itu Klopmart akan memberi tahu jenis-jenis atap rumah yang bisa jadi pilihan Anda.

Berikut adalah jenis atap rumah berdasarkan materialnya:

1. Atap Genting Tanah Liat

atap genteng tanah liat

Atap genting tanah liat adalah jenis atap yang familier bagi orang Indonesia. Baik di pedesaan maupun perkotaan, atap ini masih menjadi pilihan bagi kebanyakan rumah. Atap genting dari material tanah liat banyak dipilih karena harganya terjangkau, mudah didapatkan, memiliki berbagai model dan bentuk, kuat dan elegan, tahan lama, dan mudah dipasang.

Akan tetapi, genting tanah liat mudah berlumut jika tidak dilapisi cat, pemasangannya membutuhkan banyak kerangka kayu atau bambu, serta perlu ketelitian dalam pemasangannya supaya tidak bocor ataupun melorot.

Baca juga:Berapa Tinggi Atap Rumah Ideal yang Nyaman?

2. Atap Genting Beton

atap genteng beton

Dari proses pencetakan dan pemasangannya, jenis atap ini hampir sama dengan genting tanah liat. Namun, bentuk dan warnanya lebih bervariasi sehingga cocok untuk rumah berkonsep minimalis dan modern.

Baca :   High Resolution Happy Birthday Background Hd

Atap genting beton memiliki keunggulan lebih awet, tahan terhadap pelapukan, kebakaran, dan serangga, serta sangat kuat karena dibuat dari beton tulangan besi. Kelemahannya, genting beton lebih berat, harganya lebih mahal, dan waktu pemasangannya lebih lama dibandingkan genting tanah liat.

3. Atap Beton Cor

jenis atap beton cor

Atap beton cor biasanya digunakan pada bangunan dengan lantai lebih dari satu. Selain itu, bagian atas atap yang menggunakan beton cor dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai atau menjemur pakaian. Atap beton cor mempunyai struktur yang kuat, tahan lama, tahan terhadap kebakaran, tidak mudah lapuk.

Kelemahannya, semakin lama akan mudah berlumut dan ditumbuhi tanaman liar. Selain itu, untuk menopang atap beton cor harus dibuat fondasi cakar ayam yang sangat kuat.

Baca juga:Cara Menghitung Kebutuhan Atap Seng Gelombang untuk Rumah

4. Atap Seng

atap seng

Atap seng masih menjadi pilihan untuk sebagian bangunan seperti rumah, warung, dan toko di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan atap seng cukup ekonomis, bobotnya ringan, dan tidak memerlukan material rangka yang banyak.

Kekurangannya, atap seng dapat menyerap panas, menimbulkan suara berisik ketika hujan, dan mudah bergeser ketika tertiup angin kencang.

5. Atap Asbes

gentang atap asbes

Atap asbes mempunyai sifat yang hampir sama dengan seng. Harganya terjangkau, mudah didapat, serta tidak menyerap panas, tetapi mudah pecah. Hal yang perlu diperhatikan, bahan asbes mengandung karbon yang dapat terkelupas sehingga dapat mengganggu kesehatan pernapasan.

Baca juga:Jenis Atap Yang Tidak Panas Untuk Rumah Anda

6. Atap Genting Metal

atap genteng metal

Atap genting metal dibuat dari logam anti karat atau baja lapis ringan. Biasanya atap yang mirip dengan lembaran seng ini digunakan untuk atap gedung. Keunggulan yang dimiliki atap genting metal ialah lebih ringan, membuat rumah terasa sejuk, tidak mudah terbakar, dan pemasangannya fleksibel. Sayangnya, harga material ini cukup mahal dan pemasangannya harus dilakukan dengan sangat teliti.

Baca :   Cara Perawatan Kelinci Yang Baik Dan Benar

7. Atap Polycarbonate

atap genting polycarbonate

Atap polycarbonate merupakan jenis atap yang permukaannya jernih seperti kaca dan memiliki daya tahan tinggi. Di pasaran terdapat dua merek yang terkenal yaitu Alderon dan Solartuff. Atap Alderon mempunyai ukuran lebih tebal, tetapi dari sisi fleksibilitas Solartuff lebih baik.

Alderon memiliki variasi jenis yaitu doff dan semi transparan. Untuk jenis doff, permukaannya tidak dapat ditembusi cahaya sementara yang jenis semi transparan dapat menghalangi sinar UV. Sementara itu, Solartuff cenderung bening.

Di samping itu, Alderon memiliki kelebihan lain yaitu dapat meredam suara lebih baik dibandingkan Solartuff sehingga cocok untuk mewujudkan rumah yang tenang.

8. Atap Alumunium

atap alumunium

Atap Alumunium terbuat dari bahan galvalum. Model atap rumah ini memiliki kelebihan tahan terhadap rayap dan bertahan lama. Sementara itu kekurangan dari model atap ini membuat suara bising waktu saat hujan dan membuat suhu ruangan menjadi panas dikarenakan bahan dari atap rumah ini menyerap panas matahari.

Baca juga:Pilihan Atap Untuk Ruang Jemuran Rumah Anda

9. Atap Sirap

atap sirap

Atap Sirap terbuat dari bahan kayu ulin yang dapat udara sejuk karena atap rumah ini dapat menyerap panas dengan baik. Kekurangan atap rumah ini adalah bahannya sulit ditemukan dan harga atap ini terbilang mahal.

10. Atap Genteng Kaca

atap genteng kaca

Atap rumah ini merupakan atap berbahan kaca yang dapat berfungsi sebagai ventilasi sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Kelebihan dari atap ini dapat mencegah kelembapan dinding dan pertumbuhan jamur. Kekurangannya adalah mudah pecah dan dapat menyebabkan suhu dalam ruangan menjadi sangat panas.

11. Atap Bitumen

atap bitumen

Atap Bitumen merupakan atap yang terbentuk dari lapisan aspal, serat organik, resin dan bubuk kertas. Atap Bitumen ini juga memiliki bentuk lembaran yang mempunyai ketebalan 0,5 sampai 1 cm dan atap ini lebih lentur, mudah untuk diatur, dan mampu meredamkan suara.

Baca :   Nama Nama Bumbu Dapur Dan Gambarnya

12. Atap Genting Keramik

atap genting keramik

Atap genteng keramik dibuat berasal dari tanah liat yang ditambahkan oleh pelapisan warna glatzur. Kelebihan genteng keramik yaitu tahan terhadap api, tidak mudah berlumut, dan tidak mudah pudar. Tetapi, kekurangannya adalah harga genteng ini sangat mahal dan cara pemasangannya cukup rumit.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja macam-macam atap yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan konsep bangunan yang ingin Anda buat.

Di Klopmart Anda dapat memilih berbagai jenis Atap rumah dari segi kekuatan ataupun dari nilai estetika yang dimiliki oleh material atap tersebut. Klopmart menyediakan berbagai pilihan genting yang dapat menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan Anda. Cek
harga genteng
langsung di website Klopmart sekarang.

Sumber Artikel:

  • https://www.selasar.com/jenis-atap/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-jenis-atap-rumah/

Cek harga klik disini

Macam Macam Bentuk Atap Dan Gambarnya

Source: https://www.klopmart.com/article/detail/macam-macam-atap-untuk-rumah-anda

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …