Letak Lukisan Ikan Koi Menurut Feng Shui

Letak Lukisan Ikan Koi Menurut Feng Shui

Lukisan ikan koi menurut Feng Shui dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran

Ikan koi merupakan salah satu jenis binatang yang banyak ditemukan di rumah-rumah atau kantor yang dimiliki oleh orang Tionghoa. Ikan koi yang berada ada di rumah bisa berwujud binatang asli yang dipelihara, maupun ada dalam bentuk lukisan yang indah.

Lantas, kisah dan esensi apa yang ada di balik penempatan lukisan ikan koi di rumah? Apakah penempatan lukisan ikan koi juga tepat berdasarkan Feng Shui?

Berikut
Popmama.comteleh merangkumFeng Shui lukisan ikan koi yang meliputi legenda, makna, dan penempatannya di dalam rumah.

Yuk Ma, disimak!

Legenda Lukisan Ikan Koi


Pexels/Nothing Ahead

Menurut legenda, lukisan ikan koi memiliki filosofi yang bermula dari penggambaran koi sebagai jenis ikan yang berenang melawan arus, mendaki air terjun, dan bisa melewati rintangan mencapai puncak gunung.

Bagian puncak gunung itu dinamakan Gerbang Naga. Setiap koi yang berhasil mencapai gerbang tersebut, maka ia akan berubah wujud menjadi seekor naga. Naga sendiri ialah makhluk mitologis yang sangat dihormati di budaya China karena melambangkan hal-hal positif yang paling tinggi.

Biasanya, lukisan ikan koi menggambarkan sembilan ekor ikan koi di dalamnya. Gambar sembilan ikan awalnya diciptakan oleh seorang pelukis bernama Zhong Xo Yo pada tahun 2004.

Menurut Xiang Yi, pakar Feng Shui, angka tersebut didasarkan pada dua macam energi yang ada di dunia, yakni
yin
dan
yang.
Sembilan juga merupakan sebuah angka yang dianggap paling besar dan tinggi pada hitungan sebuah keberuntungan.

Baca :   Gambar Romantis Pasangan Suami Istri Islami

Makna Lukisan Ikan Koi

Makna Lukisan Ikan Koi

Pexels/Amar Preciado

Pengadaan elemen ikan koi di rumah bukanlah hal yang dilakukan tanpa tujuan. Orang-orang suku Tionghoa percaya bahwa lukisan ikan koi akan membawa keberuntungan dan kemakmuran kepada pemilik rumah.

Secara spesifik, lukisan ikan koi memiliki makna yang berbeda-beda satu sama lain. Makna yang terkandung di dalamnya bisa dilihat dari gaya dan penempatan elemen lain dalam lukisan, jumlah ikan, maupun warna ikan.

Berikut rangkuman makna yang dipercaya dari setiap jenis lukisan ikan koi, antara lain:

  1. Fitur air terjun atau riak air yang ada di lukisan bisa berarti kekayaan atau keuntungan yang besar kepada pemiliknya. Gerakan ikan koi yang seperti melawan arus itu melambangkan kekuatan untuk mencapai ambisi.
  2. Bunga teratai dalam agama Budha merupakan wujud kesucian. Ia menjadi pengingat agar manusia harus selalu bertutur kata baik, berperilaku yang bersih, dan berbudi luhur.
  3. Bunga sakura yang bermekaran pada lukisan melambangkan rapuhnya kehidupan. Harapan dari pengadaan bunga sakura itu ialah meski rapuh, hidup tetap indah dan harus dinikmati sepenuh hati.
  4. Kombinasi dari warna merah dan putih diharapkan dapat membawa keseimbangan antara rumah tangga dan karier. Warna merah pada ikan melambangkan cinta/asmara, sementara warna putih pada ikan digambarkan sebagai perkembangan dalam karier.
  5. Warna hitam pada ikan diartikan sebagai gambaran perubahan atau transformasi di dalam hidup. Konon, warna hitam juga dipercaya bisa mengenyahkan kesialan. Ia akan menyerap energi negatif yang menarik energi
    chi
    yang sehat.
  6. Warna biru pada ikan dipercaya mampu memberikan ketenangan dalam hubungan. Warna biru ini memberi keteduhan yang berdampak pada peningkatan fokus pemilik rumah.
  7. Warna perak dan emas pada ikan melambangkan kekayaan dan kemakmuran.
  8. Dua ikan koi melambangkan pasangan; hubungan pernikahan atau hubungan cinta dengan harapan mampu membawa kebahagiaan dan keberuntungan.
Baca :   Cara Membuat Kerangka Harimau Dari Bambu

Penempatannya di Rumah

Penempatan Rumah

Pexels/Quang Nguyen Vinh

Penempatan lukisan ikan koi menurut Feng Shui disesuaikan dengan kondisi rumah atau pemilik rumah. Namun, apabila pemilik rumah tidak memiliki kemampuan ilmu dasar Feng Shui, baiknya lukisan ikan koi ditempatkan di ruang tamu.

Peletakannya pun sebaiknya ada pada sudut yang posisinya dari pintu masuk, berseberangan secara diagonal. Mama bisa mengosongkan bagian dinding khusus untuk lukisan ikan koi dengan ukuran yang besar agar keberadaannya bisa memberikan kesan elegan pada rumah.

Itulah rangkuman
Feng Shui lukisan ikan koi
yang meliputi legenda, makna, dan penempatannya di rumah. Apakah Mama memiliki lukisan ikan koi di rumah?

Baca juga:

  • 7 Dekorasi Simbol Burung Menurut Feng Shui Beserta Artinya
  • 6 Tips Feng Shui Akuarium dalam Rumah agar Membawa Keberuntungan
  • 5 Elemen Feng Shui yang Harus Ada di Rumah, Biar Hoki

Letak Lukisan Ikan Koi Menurut Feng Shui

Source: https://www.popmama.com/life/home-and-living/marsa-syifa-azzahra/feng-shui-lukisan-ikan-koi-di-rumah

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …