Kompor Tanam Pakai Gas Atau Listrik

Kompor Tanam Pakai Gas Atau Listrik

Kompor Listrik: Definisi, Keunggulan, dan Daftar Harga Terbaru 2022

RumahCom –
Kehadiran kompor listrik kini semakin diminati terlebih bagi mereka yang tinggal sendiri di apartemen kecil dan memiliki luas dapur terbatas. Tidak perlu mengangkat tabung gas, Anda tinggal mencolokan steker pada stop kontak dan tekan tombol pada kompor listrik untuk memasak.

Meskipun sekilas terlihat sangat praktis, sama seperti perabotan lainnya, kompor listrik juga memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Melalui artikel ini, tim Rumah.com akan memberikan penjelasan selengkapnya dan memberikan rekomendasi kompor listrik seperti berikut:

  • Apa itu Kompor Listrik?

  • Keunggulan Kompor Listrik

  • Kekurangan Kompor Listrik

  • Daftar Harga Kompor Listrik Terbaru

[ArticleCallout]{ “title”: “12 Desain Dapur Sederhana dan Murah Tapi Tetap Indah”, “excerpt”: “Simak 12 desain dapur sederhana dan murah di sini!”, “link”: “https://www.rumah.com/panduan-properti/desain-dapur-sederhana-dan-murah-60506”, “image”: “https://img.iproperty.com.my/angel-legacy/1110×624-crop/static/2022/01/1-Desain-Dapur-Murah-Dan-Sederhana.jpg” } [/ArticleCallout]

Apa itu Kompor Listrik?

<em>Sama seperti kompor gas, kompor listrik juga hadir dengan beberapa pilihan tungku.(Foto: iStock – Aris Su)</em>” src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/cfAyeYtLpnWIsPAzrBYrQw–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTU0MQ–/https://media.zenfs.com/id/property_guru_indonesia_475/8f25bbe0bf207f34233323a43e9d10e0″ class=”caas-img”>
          </p>
</p></div>
<p class=

Sama seperti kompor gas, kompor listrik juga hadir dengan beberapa pilihan tungku.(Foto: iStock – Aris Su)

Kemunculan kompor listrik ternyata sudah terjadi sejak abad ke-19. Satu hal yang menarik, penemu kompor listrik masih diperdebatkan dan memiliki 2 versi. Pertama, Lloyd Groff Copeman dipercaya sebagai orang pertama yang menemukan teknologi kompor listrik.

Sejak bekerja di perusahaan perangkat listrik di Philadelphia, Copeman belajar banyak mengenai listrik dan teknik mekanikal. Ia akhirnya mematenkan temuan pengatur panas elektro termostatik untuk pengontrolan panas lebih efektif pada kompor di tahun 1909. Sampai sekarang, ia telah memiliki setidaknya 700 hak paten atas namanya termasuk nampan es batu fleksibel dari karet.

Baca :   Bayi Lucu Imut Dan Manis Indonesia

Di sisi lain, David Curle Smith juga dinilai sebagian kalangan sebagai penemu kompor listrik. Ia tercatat sebagai penerima hak paten kompor listrik pertama pada 1905. Ia mengembangkan kompor dengan desain minim thermostat sehingga suhu dikendalikan oleh sejumlah elemen yang ia gunakan pada struktur kompor listrik buatannya. Melalui buku masak sang istri, kompor listrik buatan Smith diperkenalkan lebih luas dan dijual pada warga di Kalgoorlie, Australia.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini kompor listrik hadir dengan bentuk yang jauh lebih sederhana serta tidak menghabiskan tempat. Kompor listrik umumnya menggunakan desain tanam untuk mengalirkan listrik melalui kumparan logam di bawah keramik atau kaca. Listrik akan membuat permukaan panas dan memberikan tanda siap digunakan.

[PropertyTip]Jangan letakkan kompor berdekatan dengan kulkas karena udara yang berlawanan membuat kulkas lebih cepat rusak.[/PropertyTip]

Keunggulan Kompor Listrik

<em>Memasak dengan kompor listrik dinilai lebih cepat. (Foto: Pexels – Cottonbro)</em>” src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/v_KxGvrezyf7Va01SI63fg–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTU0MQ–/https://media.zenfs.com/id/property_guru_indonesia_475/e40e49bdd8b23e9c94d821393a7827e4″ class=”caas-img”>
          </p>
</p></div>
<p class=

Memasak dengan kompor listrik dinilai lebih cepat. (Foto: Pexels – Cottonbro)

Sejumlah keunggulan kompor listrik ini jadi alasan sebagian orang kini beralih dari kompor gas. Apa saja? Inilah ulasan selengkapnya:

1. Lebih Hemat

Kebutuhan barang pokok yang cenderung naik membuat banyak keluarga harus mengatur strategi mengatur keuangan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan kompor listrik. Melansir Kompas.com, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan jika penggunaan kompor listrik bisa membuat masyarakat lebih hemat Rp8,000 per kilogram elpiji.

2. Kompor Listrik Lebih Aman

Beberapa kasus kebocoran selang atau tabung LPG yang menimbulkan ledakan menjadi faktor seseorang beralih ke kompor listrik. Selain menghemat tempat, kompor listrik dinilai lebih aman karena hanya menciptakan panas dari listrik ke komponen kompor dan mengalirkannya ke alat masak di atasnya. Tidak adanya api langsung membuat risiko tangan terbakar atau kebakaran lainnya jadi lebih kecil.

Baca :   Tampak Depan Rumah 2 Lantai Minimalis

3. Pengaturan Suhu Lebih Mudah

Pengaturan suhu pada kompor gas umumnya hanya menggunakan tombol putar tanpa mengetahui suhu pastinya. Tapi dengan kompor listrik, Anda bisa mengatur suhu seperti pada oven sehingga masakan matang sesuai keinginan. Anda juga tidak perlu khawatir akan api besar yang mungkin tertiup angin dan membahayakan sekitar.

4. Mudah Dibersihkan

Bentuk kompor listrik yang datar tanpa adanya aksesoris tambahan membuat dapur terlihat lebih rapi. Selesai digunakan, kompor listrik juga lebih mudah dibersihkan dari cipratan saus atau noda lain tanpa perlu membongkar rangka tungkunya. Jangan gunakan spons kawat, gunakan kain microfiber atau busa lembut saat membersihkannya.

5. Waktu Memasak Lebih Cepat

Memasak sering disebut menjadi kegiatan paling menghabiskan waktu. Jika Anda adalah orang yang super sibuk, segera pertimbangkan untuk menggunakan kompor listrik. Hasil pengujian Puslitbang PLN dan Balitbang Kementerian ESDM menunjukan jika kompor listrik lebih cepat memanaskan 2,5 liter air dari 20 ke 90 derajat celcius dibanding kompor gas. Mengutip Kompas.com, kompor listrik dengan tenaga 1,800 Watt bisa memanaskan air dalam waktu 8 menit 47, lebih cepat dari kompor gas yang membutuhkan waktu 10 menit 29 detik.

6. Dapur Terasa Lebih Dingin

Memasak dengan kompor gas membuat dapur terasa lebih panas akibat nyala api dan Anda lebih mudah berkeringat. Tapi, kondisi itu tidak akan dialami jika menggunakan kompor listrik. Panas yang dihasilkan pada kompor listrik tidak menyebar ke tungku sebelahnya dan segera mendingin setelah selesai digunakan.

Kompor listrik bisa mengurangi biaya pembelian gas, dan juga lebih aman digunakan di rumah. Nah, jika Anda sedang mencari rumah pastikan hunian Anda memiliki kapasitas listrik yang besar agar bisa menggunakan kompor listrik. Cek daftar hunian dijual di Serpong dibawah Rp1 miliar di sini!

Kekurangan Kompor Listrik

<em>Daya listrik yang besar pada kompor listrik bisa mempengaruhi tagihan listrik. (Foto: iStock – Gregorbister)</em>” src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/sag7w5zRrzCKbaP3x8YGBQ–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTU0MQ–/https://media.zenfs.com/id/property_guru_indonesia_475/6b2a8cce1f5223a623bdb2b60d0a05f6″ class=”caas-img”>
          </p>
</p></div>
<p class=

Daya listrik yang besar pada kompor listrik bisa mempengaruhi tagihan listrik. (Foto: iStock – Gregorbister)

Di samping beragam keuntungannya, kompor listrik juga memiliki kekurangan dibandingkan kompor gas antara lain:

Baca :   Kayu Ulin Banyak Dimanfaatkan Untuk Membuat

1. Harga Relatif Lebih Mahal

Dengan teknologi yang ditawarkan, tidak heran jika harga kompor listrik lebih mahal dibanding kompor gas. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan kompor listrik yang dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp300 ribu sampai Rp2 jutaan tergantung merek dan jumlah tungku. Saat ini memang tersedia kompor listrik murah dengan harga mulai Rp100 ribu namun sangat kecil dan kurang cocok untuk rumah tangga.

2. Daya Listrik Cukup Besar

Kekurangan kompor listrik yang paling jelas adalah daya listriknya. Kebanyakan kompor listrik terlebih dengan 4 tungku memiliki daya listrik hingga 2,000 Watt. Sementara untuk kompor listrik yang lebih kecil, rata-rata daya listriknya adalah 600 – 1,400 Watt per unit. Karena itu sebelum menggunakannya di rumah, pastikan daya listrik yang ada mencukupi jangan sampai Anda harus mematikan beberapa perabotan hanya untuk menggunakan kompor listrik.

3. Tidak Bisa Digunakan Semua Jenis Alat Masak

Bentuk permukaan kompor listrik yang datar tanpa rangka penyangga membuatnya kurang fleksibel untuk beberapa jenis alat masak seperti wajan. Bentuk wajan yang cekung tentu akan susah digunakan di atas kompor listrik. Selain itu kompor listrik juga hanya akan beroperasi jika menggunakan alat masak dari baja tahan karat atau besi.

4. Bergantung Pada Listrik

Sesuai namanya, kompor listrik sangat bergantung pada keberadaan listrik. Tidak seperti kompor gas, kompor listrik tidak bisa digunakan jika rumah mengalami pemadaman. Situasi ini tentu cukup menyulitkan apalagi jika mati listrik terjadi dalam waktu yang cukup lama dan Anda tidak punya cadangan kompor gas.

Daftar Harga Kompor Listrik Terbaru

<em>Kompor listrik 1 tungku cocok untuk dapur minimalis. (Foto: iStock – Brizmaker)</em>” src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/Ok54a0bxu8jKtXKIkRb2eA–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTU0MQ–/https://media.zenfs.com/id/property_guru_indonesia_475/626469ceee69156b137c8991b81e519b” class=”caas-img”>
          </p>
</p></div>
<p class=

Kompor listrik 1 tungku cocok untuk dapur minimalis. (Foto: iStock – Brizmaker)

Setelah membaca penjelasan lengkap mengenai keunggulan dan kekurangan kompor listrik, apakah Anda masih tertarik menggunakannya di rumah? Jika iya, berikut beberapa rekomendasi kompor listrik yang bisa dipertimbangkan:

Merek

Berat

Daya Listrik

Harga

Maspion S301

3 Kg

600 Watt

Rp145,000

Han River HRIC01BK Smart Kompor Induksi Listrik 1 Tungku

2,5 Kg

1,200 Watt

Rp199,000

Cyprus KL-0071

3 Kg

500 Watt

Rp399,000

Sekai Induction Cooker SEN 718 1 Tungku

2 Kg

400-1,000 Watt

Rp415,000

Midea IC-1613

1,600 Watt

Rp469,000

Cosmos CIC-996

4 Kg

300 – 1,000 Watt

Rp780,000

Oxone OX-655D 2 Tungku

4 Kg

800 + 600 Watt

Rp810,000

Philip Induction Cooker HD4932 1 Tungku

7-9 Kg

400-2,100 Watt

Rp925,123

MODENA Portable Induction PI 1316

900 – 2,000 Watt

Rp1,820,000

Kenwood IH250

2,5 Kg

2,000 Watt

Rp1,880,000


Tonton video berikut ini untuk mendapatkan tips memilih warna cat rumah yang tepat!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di
Daftar Properti
dan
Panduan Referensi
seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kompor Tanam Pakai Gas Atau Listrik

Source: https://id.berita.yahoo.com/kompor-listrik-definisi-keunggulan-dan-055518938.html

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …