Komponen Komputer Yang Berfungsi Untuk Menyimpan Data Adalah

KlikBelajar.com – Komponen Komputer Yang Berfungsi Untuk Menyimpan Data Adalah

Komputer
merupakan sebuah perangkat elektronik yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam kehidupan manusia. Apalagi bagi mereka yang memang kesehariannya berkecimpung di dunia teknologi atau IT, terutama bagi seorang teknisi komputer. Pastinya tidak akan asing lagi dengan yang namanya komponen komputer.

Sebaliknya lain halnya bagi mereka yang masih awam. Komponen komputer bagi mereka mungkin hanyalah yang tampak dari luarnya saja, seperti keyboard, mouse, dan monitor. Padahal komponen yang dimilki komputer masih lebih banyak lagi. Tetapi tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini akan membahas seputar komponen komputer beserta fungsinya.

Secara umum komponen komputer terbagi menjadi 4 bagian, yaitu komponen input (input device), komponen proses (processing device), komponen penyimpanan (storage), dan komponen keluaran (output device).

A. Komponen Masukan (Input Device)

Komponen masukan atau input adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi untuk menerima masukan berupa data atau informasi dari luar. Komponen input antara lain adalah:

1.
Keyboard

Komponen Input - Keyboard

Keyboard adalah komponen komputer yang mempunyai tombol seperti mesin ketik, dan dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Fungsi utama keyboard adalah sebagai alat untuk memasukkan data. Namun bisa juga digunakan sebagai alat untuk menjalankan sistem operasi, dan alat untuk bekerja pada berbagai program aplikasi. Dilihat dari jenis konektor penghubungnya, keyboard terbagi menjadi 3 macam, yaitu keyboard serial, PS/2, dan USB.

2.
Mouse

Komponen Input - Mouse

Mouse adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menggerakkan pointer, penunjuk perintah atau program pada layar monitor. Berdasarkan media penguhungnya, mouse terbagi menjadi 2, yaitu mouse dengan kabel dan mouse tanpa kabel. Mouse dengan kabel contohnya adalah mouse serial, PS/2. Dan USB. Sedangkan mouse tanpa kabel contohnya adalah mouse wireless dan optik.

3.
Scanner

Komponen Input - Scanner

Scanner adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital atau data digital. Beberapa merk scanner antara lain Canon, HP, Winpro, Umax, Acer, Mustex, dan lain-lain.

5.
Floppy Disk

Komponen Input - Floppy Disk

Floppy disk adalah alat yang memiliki motor penggerak, berfungsi untuk memutar disket, juga melakukan proses baca dan tulis data pada komputer. Alat ini dapat digunakan sebagai komponen input apabila dipakai untuk membaca data, dan dapat digunakan sebagai komponen output apabila dipakai untuk menulis (menyimpan) data.

6.
Optical Drive

Komponen Input - Optical Drive

Optical Drive adalah komponen komputer yang fungsinya sama dengan floppy disk, yaitu dapat digunakan sebagai komponen input apabila dipakai untuk membaca data, dan sebagai komponen output apabila dipakai untuk menyimpan data. Terdapat beberapa jenis optical drive, yaitu:

  • CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory), adalah optical drive yang hanya dapat digunakan untuk membaca data pada media CD.
  • CD-RW (Compact Dsik – Rewritable), adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis data pada media CD.
  • DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory), adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca data pada media CD dan DVD.
  • DVD Combo, adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca data pada media CD dan DVD, menulis data pada media CD, tetapi tidak dapat menulis data pada media DVD.
  • DVD RW, adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis data pada media CD dan DVD.
Baca :   Contoh Soal Dan Pembahasan Turunan Fungsi Trigonometri

B.
Komponen Proses (Processing Device)

Komponen proses adalah komponen pada komputer yang mempunyai fungsi untuk mengerjakan atau mengolah data yang diterima dari komponen input dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses pengolahan data berlangsung. Komponen proses antara lain adalah:

1.
Motherboard

Komponen Proses - Motherboard

Motherboard adalah komponen terpenting di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang komponen proses lainnya seperti processor, memori, VGA, power supply, sound card, card Input Output (I/O), dan sebagainya. Jenis motherboard antara lain adalah kelas AT436, kelas Pentium I-IV, Pentium Dual Core, Pentium Core 2 Duo, dan sebagainya.

2.
Processor

Komponen Proses - Processor

Processor adalah komponen komputer yang juga memiliki peran sangat penting di dalam komputer, processor juga disebut sebagai otak dari sebuah komputer. Processor berfungsi sebagai tempat pemrosesan instruksi-instruksi pada komputer. Bagian-bagian processor adalah sebagai berikut.

  • Control Unit, adalah bagian processor yang mempunyai tugas antara lain mengatur dan mengendalikan komponen-komponen input dan output, mengambil instruksi-instruksi dari memori, mengambil data dari memori utama apabila diperlukan untuk proses, mengirim instruksi ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) apabila ada perhitungan aritmatik atau logika serta mengawasi proses pengerjaannya, dan menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • ALU (Arithmetic and Logic Unit), adalah bagian processor yang tugas utamanya adalah melakukan semua proses yang berkaitan dengan perhitungan aritmatik dan logika sesuai dengan instruksi yang diterima.
  • Register, adalah bagian processor yang mempunyai tugas untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh processor.

Jenis processor antara lain adalah processor Intel (mulai dari Intel Pentium IV 478 sampai Intel Core i7 3820), processor AMD (mulai dari AMD Athlon II X2 240 sampai AMD Phenom II X6 1100T BK), processor Apple (mulai dari Apple I sampai Macintosh), dan sebagainya.

3.
Power Supply

Komponen Proses - Power Supply

Power Supply adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengubah arus atau tegangan AC menjadi arus atau tegangan DC dan kemudian mendistribusikannya ke berbagai komponen lainnya yang terdapat di dalam CPU. Power Supply mempunyai 5 konektor atau lebih, konektor inilah yang digunakan oleh power suplly untuk menyuplai daya ke komponen proses lainnya yang terdapat di dalam CPU. Jenis Power supply antara lain adalah power supply AT yang mempunyai 12 pin pada konektornya dan power supply ATX yang mempunyai 20 pin pada konektornya.

Baca :   1 Jam 15 Menit Sama Dengan Berapa Menit

4.
VGA Card

Komponen Proses - VGA Card

VGA (Video Graphic Adapter) adalah komponen proses berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu yang berfungsi  untuk menghubungkan motherboard dengan monitor. Jenis-jenis VGA antara lain adalah VGA EISA, PCI, AGP, dan PCI Express.

5.
Input/Output Card

Komponen Proses - I/O Card

C. Komponen Penyimpanan (Storage Device)

Komponen penyimpanan adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai media atau tempat menyimpan data di dalam komputer, baik data sistem, data program aplikasi, maupun data milik pengguna atau user. Komponen penyimpanan komputer antara lain adalah:

1.
Memori

Komponen Peyimpanan - Memori

Memori adalah komponen yang berfungsi mengolah data dan instruksi pada komputer. Memori akan menyimpan data sementara untuk diproses oleh processor. Memori pada komputer juga sering disebut sebagai RAM (Random Access Memory). Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolahnya.

Memori terbagi menjadi 4 bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Input Storage, digunakan untuk menampung data atau informasi yang diinputkan melalui komponen input.
  • Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.
  • Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
  • Output Storage,
    digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke komponen output.

2.
Harddisk

Komponen Penyimpanan - Harddisk

Harddik adalah komponen kompuuter yang berfungsi sebagai media utama penyimpanan data pada komputer. Data yang disimpan pun berbagai macam, mulai dari data sistem komputer, data program, dan data pengguna atau user.

Bagian-bagian harddisk antara lain sebagai berikut.

  • Platter (Piringan logam), digunakan sebagai media penyimpanan data. Berbentuk seperti piringan yang berjumlah satu atau lebih, dan terbuat dari logam alumunium. Piringan ini memiliki lapisan berbahan magnetis yang sangat tipis.
  • Spindel (As atau poros platter), digunakan sebagai poros tempat berputarnya piringan (platter). Semakin cepat putarannya, maka semakin baik kualitas harddisknya.
  • Head (Kepala harddisk), digunakan untuk proses membaca dan menulis data. Proses baca dan tulis (rekam) pada harddisk dilakukan oleh head yang sama. Tiap sisi platter memiliki head tersendiri dan bentuknya berupa sebuah kumparan.
  • Rangkain Elektronika pada PCB (Printed Circuit Board), yaitu bagian yang memiliki rangakaian penguat (read amplifier), yang digunakan untuk membaca sinyal yang diperoleh head dari platter, kemudian DSP (Digital Signal Processor) akan mengkonversinya, dari sinyal listrik menjadi sinyal digital nantinya akan dituliskan ke platter. Pada PCB juga terdapat chip memori, digunakan sebagai cache buffer. Pada bagian belakangnya terdapat konektor yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan CPU.
  • Motor, digunakan untuk memutar platter. Motor bekerja dengan kecepatan putar mulai dari 3.600 – 10.000 rpm, yang arah putarnya berlawanan dengan arah perputaran jarum jam (counter clockwise).
Baca :   Rangkaian Listrik Pada Gambar Diatas Disusun Secara

D. Komponen Keluaran (Output Device)

Komponen keluaran atau output adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai media yang untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses atau diolah oleh komputer. Beberapa komponen ouput antara lain adalah sebagai berikut.

1.
Monitor

Komponen Output - Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diolah oleh komputer secara visual. Contohnya data dikirim melalui keyboard, kemudia setelah diolah akan ditampilakan pada layar monitor dalam bentuk teks dan grafik.

Berdasarkan cara kerjanya, monitor terbagi menjadi 2 jenis, yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Sedangkan jika ditinjau dari jenis VGA yang digunakan, monitor terbagi menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Monitor Mono, yaitu monitor yang hanya bisa menampilkan teks. Sementara jika ingin menampilkan grafik.
  • Monitor CGA/RGB, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik.
  • Monitor EGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik dengan resolusi yang lebih tinggi daripada monitor CGA/RGB.
  • Monitor VGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan  warna dan grafik dengan resolusi yang lebih tinggi daripada monitor EGA.
  • Monitor Super VGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik dengan resolusi paling tinggi diantara jenis monitor lainnya.

2.
Printer

Komponen Output - Printer

Printer adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil hardcopy (rekaman keras) dari proses pengolahan data oleh komputer pada media kertas, baik tulisan maupun gambar.

Berdasarkan cara kerjanya, printer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Dot Metrix Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan sekumpulan jarum besi untuk melakukan proses percetakan.
  • Inkjet Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan semprotan tinta untuk melakukan proses percetakan.
  • Laser Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan kombinasi dari teknologi xerographic. Printer jenis ini biasanya banyak digunakan pada mesin fotocopy dengan teknologi lase.

3.
Speaker

Komponen Output - Speaker

Speaker adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasi dari proses pengolahan data oleh komputer dalam bentuk bunyi atau suara. Jenis-jenis speaker antara lain adalah sebagai berikut.

  • Speaker Mono, yaitu speaker yang hanya memiliki satu jalur saja dalam menghasilkan bunyi atau suara.
  • Speaker Stereo, yaitu speaker yang memiliki dua jalur untuk dalam menghasilkan bunyi atau suara, yaitu jalur R (right) dan L (left).
  • Speaker 3d Surround, yaitu speaker yang mampu menghasilkan bunyi atau suara yang seakan mengelilingi pendengarnya. Speaker jenis ini biasa dijumpai pada bioskop.

Demikianlah artikel yang membahas seputar komponen-komponen pada komputer beserta fungsinya. Jangan lupa update terus informasi kalian dengan artikel-artikel menarik dan pastinya bermanfaat dari Calon-A.Md. Blog.

Komponen Komputer Yang Berfungsi Untuk Menyimpan Data Adalah

Sumber: https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/komponen-komputer-fungsi-beserta-jenisnya.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …