Kolam Ikan Minimalis Ukuran 1 Meter

Kolam Ikan Minimalis Ukuran 1 Meter

Apakah Anda merupakan salah satupenggemar ikan koi? untuk Anda penggemar ikan koi tentunya tidak akan bingung kan gimana cara membuat sebuah kolam ikan koi kesayangannya. Tahukan Anda bahwa kolam ikan koi bisa mempercantik desain rumah?

Dengan adanya kolan ikan koi akan menjadikan rumah lebih cantik dan asri terutama jika kolam koi ditambahkan dengan  berbagai tanaman hijau di sekitar dindingnya atau air mancur yang bisa membuat mata tertarik untuk melihat kolam koi di halaman rumah.

Oeh karena itu kenapa pembuatan kolam ikan koi lebih diminati daripada pembuatan akuarium.

Apabila Anda adalah pemula dan tidak tahu bagaimana proses pembuatan kolam ikan koi, yuuk lihat beberapa tips dari kami langkah membuat kolam ikan koi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan koi sederhana

Saat Anda ingin memelihara ikan koimemiliki banyak keuntungan, akan tetpau  tidak mudah memelihara ikan koi. Hal ini karena kualitas air kolam koi harus terus terjaga. Dan ini brekaitan dengan desain dan cara pembuatan kolam koi yang baik. Selain itu ikan koi juga harus ditempatkan pada kolam yang besar.

Sedangkan untuk kebutuhan airnya, perbandingannya satu inci ikan dengan 10 galon air. Tentu  ini bukan tidak beralasan. Ikan koi akan hidup lama apabila pada tempat yang airnya terjaga kebersihan dan juga kualitasnya.

Selain volume air, tidak kalah penting memperhatian pH air kolam koi. Anda harus melakukan pengecekan pH air sebelum dan sesudah ikan koi dimasukkan. Apabila  kolam ikan koi pH sekitar 7 merupakan pH berarti memiliki PH yang ideal. Dan jika pH lebih tinggi dari 7 maka akan berbahaya karena menjadi racun amonia yang akan membuat ikan koi semakin rentan. Hal ini karena semakinrendah PH makan akan bakteri dan juga tanaman akan tumbuh subur.

Baca :   Cat Warna Yang Bagus Untuk Kamar

Besarnya kolam ikan koi sebaiknya disesuaikan dengan kepadatan dan juga jumlah ikannya. Selain itu, pembuatan saluran pembuangan kolam ikan koi juga  menjadi hal yang perlu diperhatikan. Umumnya pembersihan kolam koi dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Pemilihan lokasi pembuatan Kolam Ikan Koi Depan Rumah mempengaruhi kesehatan koi

Kolam Ikan Koi  Minimalis untuk Taman, Ini Cara membangunnya

Tidak hanya desain kolam ikan koi di dalam rumah saja akan tetapi perlu juga memperhatikan apakah kolam ikan koi di dalam ruangan atau  di luar ruangan. Hal ini berpengaruh pada sinar matahari yang akan diterima oleh si ikan koi.

Sebaiknya kolam koi terkena sinar matahari yang cukup. Yang mana  tidak terlalu panas,  namun juga tidak terlalu lembab dan juga tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Hal ini menjadi penting karena pencahayaan kolam ikan koi  yang baik tentu akan memicu perkembangan maksimal dari ikan koi peliharaan Anda.  Namun efek samping dari pertunggungan ganggang atau lumun juaga akan pesat lho jadi jangan heran apabila air kolam akan cepat berwarna hijau.

Kolam ikan koi di dalam ruangan juga memerlukan upaya untuk terkena sinar matahari yang cukup.  Hal ini karena ikan koi membutuhkan hangatnya sinar matahari minimal tiga jam per hari.

Kekurangan chaya matahari akan bisa membuat warna pada tubuh ikan koi akan memudar.  Oleh karena itu perlu membuat pencahayaan yang cukup pada kolam ikan koi.

Perancangan

desain kolam ikan koi minimalis

Kolam Ikan Koi  Minimalis untuk Taman, Ini Cara membangunnya

Untuk desain kolam koi sendiri ada tiga bentuk dasar kolam koi, mulai dari kolam koi bentuk  persegi, lingkaran atau elips, dan juga bebas.

Selain itu kolam ikan koi bentuk persegi juga bisa Anda terapkan jika kamu ingin menciptakan gaya kolam koi yang formal. Gaya kolam ikan koi ini juga cocok sebagai desain kolam ikan sederhana pada ruangan untuk keperluan resmi.

Baca :   Cara Membilas Pakaian Di Mesin Cuci

Selain itu untuk kolam koi berbentuk lingkaran atau elips sangat cocok untuk rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan juga ruangan informal.

BACA JUGA :

Model Gazebo di Atas Kolam Ikan koi

Rumah Kayu Jati, Solusi Rumah Kayu Antik dan Kokoh

21 Desain rumah kayu yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda

Perancangan sistem filter kolam kolam ikan koi

Kolam Ikan Koi  Minimalis untuk Taman, Ini Cara membangunnya

Naah untuk tujuan sistem filtrasi kolam  ikan koi  adalah dengan mengupayakan supaya oksigen dalam air kolam berada dalam jumlah yang cukup untuk kehidupan ikan koi, hal ini  karena oksigen sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan ikan koi. Sedangkan hasil dari pencernaan koi akan menghasilkan kotoran yang mengandung amonia dan bersifat racun bagi tubuh koi.

Oleh karena itu maka sistem filtrasi juga untuk menghasilkan oksigen terus-menerus untuk ikan koi, dan juga untuk membuang zat amonia yang berasal dari pencernaan koi.

Penentuan ukuran Kedalaman Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koi  Minimalis untuk Taman, Ini Cara membangunnya

Sedangkan pada tahap ini memerlukan ketelitian dan perhitungan yang matang supaya kolam  ikan koi yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan desain.

Sedangakan untuk kedalaman kolam koi yang ideal adalah 1 meter untuk koi berukuran kurang dari 30 cm,  dan untuk koi berukuran antara 30-40 cm kedalaman kolam idealnya  1 meter sampai 1,5 meter dan untuk kolam koi berukuran lebih dari 40 cm kedalaman kolam sebaiknya lebih dari 1,5 meter.

Dan juga untuk ukuran ini juga harus memperhatikan populasi ikan yang akan menempati kolam tersebut. Populasi terlalu sedikit akan menyebabkan ikan kesulitan dalam menemukan makanan.

Sebaiknya populasi yang ideal bisa dhitung dengan seekor ikan koi bisa menempati 3 kali ukuran tubuhnya.

Hal ini untuk memudahkan proses pembangunan kolam koi, buatlah denahnya dengan detail keterangan ukuran sesuai perhitungan yang sudah dilakukan, juga mempertimbangkandesain kolam ikan yang kamu pilih. Hal ini  bisa dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian ukuran kolam koi pada proses pembuatannya.

Baca :   Bau Apa Yang Tidak Disukai Tikus

Menarik sekali bukan? Jika Anda ingin  membangun kolam koi Anda bisa mempercayakannya kepada kami Arana

Pembangunan Kolam Minimalis Ikan Koi

Kolam Ikan Koi  Minimalis untuk Taman, Ini Cara membangunnya

Naah untuk pembangunan kolam koi sendiri ada 3 tahapan proses pembuatan. Mulai dari tahan penggalian tanah, pengecoran dan juga pemasangan batu bata dan yang terakhir adalah pengacian atau pemlesteran kolam.

Untuk proses pertama, penggalian dilakukan berdasarkan ukuran yang sudah dihitung sebelumnya. Hal  lain yang  harus diperhatikan untuk tahap ini adalah jangan sampai air tanah menyembur dan membasahi lubang galian.

Jika air sudah menyembur padahal galian belum mencapai kedalaman yang seharusnya, maka air tersebut harus disedot dengan pompa supaya bisa  kering dan memudahkan proses tahap berikutnya.

Kemdia untuk tahap berikutnya adalah pengecoran dan pemasangan batu batu yang baru bisa dilakukan  jika lubang galian sudah benar-benar kering.

Untuk proses ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak terjadi rembesan air tanah kembali. Kemudian proses terakhir yang harus dilaksanakan adalah pemlesteran atau pengacian kolam.

Apakah Anda ada rencana untuk pembangunan kolam  koi di rumah Anda? Jika iya Anda bisa percayakan pembangunan kolam koi kepada tukang kolam koi profesional seperti kami. Anda bisa konsultasikan kolam koi  yang rencanya Anda bangun pada team kami dengan klik link ini Arana.

Kolam Ikan Minimalis Ukuran 1 Meter

Source: https://arana.co.id/blog/kolam-ikan-koi/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …