Kolam Ikan Minimalis Di Teras Rumah

Kolam Ikan Minimalis Di Teras Rumah



Ikan menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer untuk dipelihara di rumah. Umumnya, akuarium masih menjadi pilihan utama sebagai tempat memelihara ikan, apalagi jika hanya memiliki lahan yang sempit. Namun, sebenarnya kamu juga bisa membuat kolam ikan minimalis yang cantik meskipun hanya memiliki lahan yang sedikit.



Memiliki kolam ikan dengan desain yang minimalis sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Luas lahan bukan menjadi hal yang utama, tapi bagaimana mengkreasikan lahan tersebut menjadi kolam yang cantik untuk ikan-ikan kamu.





Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kolam Ikan





Kolam ikan akan menjadi habitat dari ikan-ikan yang akan dipelihara. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan baik-baik apa saja yang harus dipertimbangkan saat membuat kolam ikan. Hal ini harus dilakukan agar habitat alami tersebut tetap sehat dan cantik untuk menjadi rumah bagi ikan-ikan ataupun tanaman air. Simak penjelasannya berikut ini.




1. Memilih tempat





Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tempatnya. Kolam yang sehat harus mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup agar ikan dapat tetap sehat. Namun, jika terkena sinar matahari yang berlebihan juga bisa membuat air menjadi hangat yang bisa membuat ikan menjadi stress. Pilihlah area yang membuat sinar matahari bisa masuk secara perlahan atau melalui celah-celah, misalnya di bawah pohon.


Baca :   Berikut Merupakan Jenis Sayuran Biji Yaitu




2. Desain kolam





Setelah menentukan tempat, langkah selanjutnya adalah merancang akan seperti kolam ikannya. Desain kolam harus mempertimbangkan luas area, lingkungan di sekitarnya, dan jenis ikan apa yang hendak dipelihara. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memasukkan tanaman dan batu air ke dalam desain untuk mempercantik kolamnya nanti.




3. Kedalaman kolam





Masih soal desain, faktor kedalaman kolam juga harus menjadi perhatian. Kedalaman kolam bisa disesuaikan dengan jenis ikan yang dipelihara. Misalnya, kedalaman sekitar 30 sampai 40cm sudah cukup untuk ikan yang berukuran kecil, tapi untuk ikan besar seperti ikan koi memerlukan kedalaman sekitar 80cm. Hal ini dibutuhkan agar si ikan bisa bergerak lebih bebas dan berenang secara vertikal dari atas ke bawah.





4. Volume air





Jumlah air yang cukup di dalam kolam akan mempengaruhi kadar oksigen di dalam air. Kolam yang airnya sedikit, tapi jumlah ikannya banyak akan membuat oksigen di dalamnya sedikit dan bisa membuat ikan lebih cepat mati. Sesuaikanlah volume air ini dengan jumlah ikan yang ditempatkan di kolam.





5. Persediaan oksigen





Untuk menghasilkan pasokan oksigen yang cukup, air kolam harus mendapatkan perputaran yang bagus. Buatlah air kolam tetap mengalir dan bergerak berputar dengan menggunakan pompa rendam yang bekerja untuk memutar dan mendorong air melewati filter. Kamu juga bisa menggunakan aerator di dasar kolam untuk menghasilkan oksigen dari gelembung-gelembung udara di dalam kolam.





6. Filter air





Banyak hal yang bisa mempengaruhi kebersihan air kolam, mulai dari sisa makanan, lumut, urine ikan, dan yang lainnya. Hal ini bisa kualitas air menjadi buruk dan tidak menyehatkan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan filter air yang berlapis agar kotoran bisa tersaring saat diputar menggunakan pompa rendam. Kamu juga bisa menambahkan arang untuk mengurangi bau amis pada air kolam.


Baca :   Tanaman Yang Cocok Ditanam Di Depan Rumah




Ide Desain Kolam Ikan Minimalis yang Bisa Diterapkan di Rumah





Merancang kolam ikan dengan desain minimalis memang cukup menantang. Faktor luas area menjadi hal yang penting di sini. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa terinspirasi dari banyaknya desain-desain kolam ikan minimalis yang ada di internet. Berikut adalah beberapa di antaranya.




1. Semi-akuarium





Desain ini memadukan antara elemen kolam dan akuarium menjadi satu. Dengan konsep ini, kamu bisa menikmati ikan berenang dengan dua sudut yang berbeda, yaitu dari atas dan selevel dengan mata. Untuk materialnya, kolam ini bisa mengggunakan konblok dan kaca, pastikan permukaan kolam ini lebih tinggi dari tanah agar kaca bisa dipasang dengan sempurna.





2. Kolam di dalam rumah





Membangun kolam ikan di dalam rumah bukanlah yang tidak mungkin. Manfaatkanlah area yang tak terpakai di dalam rumah, misalnya di bawah tangga. Pastikan kolam ini juga berdekatan dengan jendela yang bisa dibuka ya agar sinar matahari bisa masuk.





3. Bentuk asimetris





Desain kolam ikan tak harus berbentuk mengotak atau melingkar. Kamu juga bisa membuatnya secara asimetris untuk memaksimalkan ruang yang ada dan membuatnya lebih artistik. Untuk membentuknya juga kamu bisa menggunakan batu-batuan alam agar terlihat lebih alami dan tak terkesan dipaksakan.




4. Area belakang rumah





Punya sedikit lahan kosong di belakang rumah? Coba terapkan desain kolam ikan minimalis yang satu ini. Manfaatkan dinding untuk menempatkan elemen hiasan atau untuk pancuran air dari pompa untuk air kolam yang lebih segar.





5. Air mancur bertingkat





Mendengar suara gemericik air dari kolam bisa membuat suasana rumah menjadi tenang dan menyegarkan. Kamu tidak perlu area yang luas untuk mewujudkannya. Cukup desain kolam mendekati dinding lalu buatlah elemen air mancur secara bertingkat.


Baca :   Gambar Peta Benua Eropa Yang Mudah Digambar




6. Kolam ikan model pot





Buat kamu yang tidak ingin ribet membangun kolam, bisa memiliki kolam model pot seperti ini. Cukup pilih pot yang diameternya sesuai dengan area yang tersedia. Tambahkan beberapa tanaman air untuk memperindah kolam.





7. Perpaduan dua gaya





Hampir mirip dengan semi akuarium, desain kolam ikan yang satu ini memadukan dua gaya, antara kolam dengan akuarium yang naik di atas permukaan air. Model ini sedang menjadi tren karena bentuknya yang unik meskipun terbilang sulit untuk diterapkan.





8. Air terjun mini





Suara gemericik air yang alami juga bisa didapatkan dengan desain model air terjun mini ini. Caranya pun cukup mudah, tinggal menyusun beberapa batu alam secara bertingkat lalu alirkan air dari atas menuju ke kolam yang berada di bawahnya.





9. Dilengkapi dekorasi alami





Punya bujet yang ketat? Kamu bisa mendesain kolam ikan dengan pendekatan yang lebih alami. Manfaatkan tanaman yang ada di rumah sebagai hiasan di sekitar kolam. Tambahkan bebatuan alam di sekitarnya untuk mendukung konsepnya. Terakhir, kamu bisa pilih pompa pancuran untuk mempermanis tampilan kolam.




10. Elemen kayu





Penambahan elemen kayu di sekitar kolam bisa membuat kolam menjadi lebih menyegarkan dan alami. Tak perlu yang ribet-ribet, cukup pilih salah satu aspek desain untuk ditambahkan kayu di dalamnya, misalnya lantai di sekitar kolam atau buat seperti jembatan mini di atasnya dengan menggunakan aksen kayu.



Merancang desain kolam minimalis sebenarnya bukan hal yang sulit. Kamu hanya perlu mengulik beragam inspirasi desain yang ada di internet lalu memodifikasinya sesuai dengan keinginan dan tentunya bujet yang tersedia. Selamat berkreasi ya!

Kolam Ikan Minimalis Di Teras Rumah

Source: https://review.bukalapak.com/hobbies/desain-kolam-ikan-minimalis-112585

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …